Wednesday, 25 July 2018

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Bagi Pemula Sampai Menghasilkan Uang Dari Google Adsense

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Bagi Pemula Sampai Menghasilkan Uang Dari Google Adsense - Assalamualaikum Wr.wb, Selamat malam sobat setia BloggerBlitar.com, di kesempatan ini saya akan membagikan tentang cara membuat blog dari nol sampai bisa menghasilkan uang lewat Google Adsense.

Di zaman yang semakin berkembang ini kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menghasilkan uang, salah satunya dengan google adsense, Apa Itu Google Adsense? Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel saya : Apa Itu Google Adsense?

Kita bisa memanfaatkan Platform Blogger.com, WordPress.org atau WordPress.com dan blog builder lainnya untuk menghasilkan uang, Untuk lebih detailnya mengenai perbedaan Blogger.com, WordPress.Org dan WordPress.com, Silahkan baca artikel saya berikut ini : Apa Perbedaan Blogger.com, WordPress.org dan WordPress.com


Dan di Artikel ini saya akan membahas panduan tentang mendaftar Google Adsense menggunakan Platform blogger.com dari nol sampai bisa menghasilkan uang. Dan berikut ini Step By Step cara menghasilkan uang dari ngeblog yang akan saya bahas secara mendetail. Yang diharapkan bisa dipahami dan dipraktekkan oleh blogger pemula sekalipun.

Dan dibawah ini adalah point-point penting yang akan dibahas dalam Panduan Lengkap Membuat Blog Sampai Menghasilkan Uang Dari Google Adsense. Jangan sampai terlewatkan sedikitpun langkah demi langkah yang akan saya bahas berikut ini.

Langsung Saja menuju topik pembahasan.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Blog.

  1. Pikirkan Niat dan Tujuan Awal Anda Membuat Blog

  1. Tentukan Tema/Niche Blog/Topik/Pembahasan Yang Akan Anda Angkat

  1. Pikirkan Nama URL (Domain) Blog

Panduan Membuat Blog Di Blogger

  1. Cara Membuat Blog Di Blogger.com

  1. Tentukan Template Blog Yang Tidak Akan Diubah dalam jangka Waktu lama.

  1. Mengenali Menu-Menu Dasar Blogger dan SEO

  1. Lengkapi Blog Dengan Menu About Me, Contact Us, Disclaimer, Peta Situs/Sitemap, Privacy Policy dan TOS

  1. Memposting Artikel Dengan Konsisten Dan Bermanfaat

Daftarkan Blog ke Google WebMaster Tool Dan Google Analytics

  1. Daftarkan Blog ke Google WebMaster Tools Dan Google Analitycs

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Adsense

  1. Daftar Ke Google Adsense Lewat Blog

  1. Perbaiki Kesalahan Kalau Ditolak Google Adsense

  1. Ajukan Permohonan Adsense Ulang

  1. Jika Diterima Google Adsense, Aktifkan Youtube Sebagai Tambahan Penghasilan

Ketika kita ingin berhasil, Semua butuh proses dan perencanaan, Untuk itu sebelum anda mulai memasuki dunia blogging, Saya sarankan, Rencanakan dulu secara matang, karena usaha tidak akan menghianati hasil. di artikel kali ini saya akan membahas secara tuntas Tentang cara membuat blog sampai menghasilkan uang dari Google Adsense.

1.Pikirkan Niat Dan Tujuan Awal Membuat Blog

Sebelum membuat blog, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan terlebih dahulu tentang tujuan membuat blog. Pasti setiap orang yang ngeblog punya tujuan masing-masing, Contohnya saja, kita membuat blog bertujuan untuk berbagi dan menceritakan pengalaman kepada orang lain, Membuat blog karena hobi menulis, Membuat blog untuk mengembangkan bisnis, atau ngeblog tujuannya untuk mencari uang. Atau bisa juga, ngeblog tujuannya ingin terkenal. Karena ngeblog tanpa tujuan akan terasa membosankan. Seperti hidup tanpa tujuan akan hampa dan gak ada gunanya.

2.Tentukan Tema/Niche Blog/Topik/Pembahasan Yang Akan Anda Angkat

Pilihlah topik blog yang sesuai dengan minat yang kamu kuasai, karena ketika kamu sedang down, maka kamu masih mempunyai semangat untuk ngeblog, karena ngeblog menjadi hal yang bisa memotivasi anda, dan juga membuat blog yang menghasilkan uang itu membutuhkan komitmen.

Dengan kita memilih niche blog yang sesuai dengan minat dan dikuasai, dengan begitu menulis akan terasa menyenangkan. Dan pada akhirnya kamu bisa membuat sebuah artikel yang berkualitas dan bisa memberikan informasi yang lengkap seperti yang diharapkan pembaca.

Blog niche hanya fokus pada satu tema/topik saja, tidak seperti blog gado-gado yang membahas berbagai macam topik. Dalam menentukan Niche blog, ada beberapa saran yang bisa di jadikan renungan.
1.Jangan ambil niche yang tidak anda kuasai.
2.Jangan ambil niche yang tidak membuat anda tertarik.
3.Ambil niche yang tidak banyak dipikirkan oleh orang lain.

Sebelum dilanjutkan, coba dipikirkan dahulu, niche blog apa yang akan anda bahas nantinya. Jika sudah terpikirkan topik blog yang akan dibahas, maka kita akan membahas langkah selanjutnya.

3. Pikirkan Nama URL (Domain) Blog

Domain adalah alamat blog anda di internet, identitas brand atau diri anda sendiri. Usahakan dalam proses satu ini jangan sampai salah, karena alamat blog yang anda gunakan nantinya akan berpengaruh terhadap langkah-langkah pengembangan blog kedepannya.

Yang harus diperhatikan dalam memilih alamat blog yang anda inginkan Yaitu sesuai dengan topik-Nya, mudah ditulis, diingat dan diucapkan. Dan hindari penggunaan tanda titik (.), strip (-), angka dan underscore (_). Karna tanda tersebut akan mempengarungi dalam hal SEO blog.


Panduan Membuat Blog Di Blogger

Sebelumnya kita sudah membahas tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuat blog, saat ini saya akan memberikan panduan teknis cara membuat blog di blogspot.

4.1.Buat Email

Satu bahan yang harus anda miliki sebelum membuat blog, yaitu Akun Email dan Koneksi Internet. Bagi yang belum mempunyai email Gmail, bisa membaca artikel berikut ini.


Atau


Jika sudah memiliki Email, Langsung saja menuju langkah ke 2.

4.2.Cara Membuat Blog Di Blogger.com Update

Untuk lebih detail-Nya tentang cara mendaftar blog di blogger, bisa membaca artikel berikut ini : Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger.com Terbaru 2018

5.Mengenali Menu-Menu Dasar Blogger dan SEO



6.Tentukan Template Blog Yang Tidak Akan Diubah dalam jangka Waktu lama.

Sebelum anda membuat blog, ada baik-Nya anda mencari template terlebih dahulu yang sekiranya sesuai dengan blog anda, agar setelah anda membuat blog langsung bisa mengubah tampilannya. Yang harus diutamakan dalam memilih template adalah template yang bersih, rapi, nyaman ketika dilihat dan tidak membuat sakit mata ketika di lihat. Dengan begitu, pengunjung akan mau kembali lagi ke blog anda.

Untuk mendownloadnya, admin sudah menyediakan Banyak template blogger baik Free dan Premium yang bisa kamu gunakan. Dan berikut ini Rekomendasi template SEO Friendly, Fast Loading dan cocok untuk daftar adsense.





7.Lengkapi Blog Dengan Menu About Me, Contact Us, Disclaimer, Peta Situs/Sitemap, Privacy Policy dan TOS

Jika sobat ingin benar-benar diterima oleh Google Adsense, maka halaman About Me, Contact Us, Disclaimer, Privacy Policy, Sitemap dan Halaman TOS (Term Of Service) wajib dibuat dan dipasang pada menu blog anda.Untuk langkah-langkah cara membuat halaman tersebut, sudah saya persiapkan tutorial-Nya masing-masing di bawah ini.


  • Lengkapi Blog Dengan Halaman About Me

  • Cara Membuat Halaman Disclaimer

  • Cara Membuat Halaman Privacy Policy

  • Cara Membuat Halaman TOS (Term Of Service)

Jika blog anda sudah dilengkapi dengan halaman About Me, Contact Us, Disclaimer, Privacy Policy, Sitemap dan Halaman TOS (Term Of Service). Langsung saja menuju ke langkah selanjutnya, Yaitu membuat Artikel Yang berkualitas ( Bermanfaat untuk orang lain ).

8.Memposting Artikel Dengan Konsisten Dan Bermanfaat

Syarat utama membuat konten yang berkualitas yang harus anda persiapkan adalah semangat dalam ngeblog, banyak membaca artikel di blog orang lain, dan banyak belajar tentang teknik ngeblog yang baik, terutamanya tentang SEO.

Apa sih SEO itu? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu mengoptimalkan mesin pencari, supaya blog kita bisa terkenal di mesin pencari google maupun di situs pencari lain-Nya. minimal SEO dasar sudah cukup, Yang paling utama adalah konsisten dalam menulis artikel.

Karena ngeblog itu yang paling sulit adalah konsisten-Nya, jadi anda dituntut harus selalu memberikan informasi yang berkualitas dan bermanfaat untuk orang lain.



Daftarkan Blog ke Google WebMaster Tool Dan Google Analytics

9.1.Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools

Sesudah selesai membuat blog, maka blog wajib didaftarkan ke Google Webmaster Tool, Karena dengan mendaftarkan blog ke Google WebMaster Tools akan mempercepat blog terbaca dan cepat Terindeks oleh Google, termasuk kita bisa memantau kesalahan perayapan dan masih banyak lagi.

Untuk mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tool, Silahkan baca artikel berikut ini: Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools


9.2.Daftarkan Blog Ke Google Analitycs

Kita bisa menyimpulkan dari namanya, bahwa kegunaan dari Tools Google Analitycs adalah untuk menganalisa lalu lintas blog, baik untuk melihat pengunjung,Lokasi Pengunjung,  Sumber Lalu lintas blog, dan artikel mana saja yang dikunjungi. Untuk mendaftarkan blog ke Google Analitycs, Silahkan Baca artikel berikut ini : Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Analitycs

MenDaftarkan Ke Google Adsense Lewat Blog

10.Cara Mendaftakan Blog Ke Google Adsense.

Tidak cukup mempunyai blog saja, agar blog yang anda miliki bisa menghasilkan uang dari google adsense, maka anda harus mendaftarkan blog tersebut ke google adsense. dan setelah anda diterima menjadi publisher google adsense, anda baru bisa memasang iklan adsense di blog anda.

Untuk langkah-langkah mendaftar google adsense, Silahkan ikuti panduan berikut ini.

Jika di menu Dasboard blogger sudah terdapat menu Earning “Penghasilan”, Silahkan ikuti Langkah selanjutnya.

  • Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Adsense Lewat Dasboard Blogger


11.Perbaiki Kesalahan Kalau Ditolak Google Adsense

Sebenarnya Syarat untuk mendaftar menjadi publisher google adsense sangatlah mudah, anda cukup memiliki Email dan sebuah Blog. Namun untuk diterima menjadi publisher google adsense sangatlah tidak mudah, karena google akan melakukan Review 2 Kali untuk akun adsense Non Hosted, dan 1 kali review untuk akun adsense Hosted.



Untuk akun adsense Non Hosted, Setelah review pertama diterima maka anda akan disuruh memasang iklan di blog anda, Setelah iklan dipasang di halaman blog anda. Maka pihak google adsense akan melakukan Review tahap Ke-2 untuk terhadap blog anda. Jika review tahap ke-2 lolos, itu artinya anda telah diterima menjadi publisher google adsense. Jika masih ditolak, maka jalan satu-satunya adalah memperbaiki konten.

12.Ajukan Permohonan Adsense Ulang

13.Jika Diterima Google Adsense, Aktifkan Youtube Sebagai Tambahan Penghasilan

Demikian artikel dari saya tentang Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Bagi Pemula Sampai Menghasilkan Uang Dari Google Adsense. Jika di dalam penulisan ada yang belum bisa dipahami atau ada masukan yang bersifat membangun, silahkan segera menghubungi admin dengan cara meninggalkan pesan dikotak komentar.  Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan semoga bermanfaat

Hanya seorang Blogger & Content Writer yang senang mempelajari dan berbagi informasi, tutorial dan seputar dunia internet.


EmoticonEmoticon