Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Googel Search Console

Hallo sobat blogger Indonesia dimanapun kalian berada. Sudah menulis artikel berapa sampai dengan pagi ini? Dan bagaimana perkembangan traffik blog kamu? Jika jawabannya adalah stagnan, mari kita berdoa bersama semoga di tahun 2021 ini traffik blog kita segera beranjak naik. Aamiin...

Memang tidaklah mudah untuk membuat blog kita ini ramai dikunjungi oleh para pengguna Internet. Konten kamu harus benar-benar berguna dan bermanfaat bagi pengunjung. Saya sendiri terbilang masih belum cukup kuat membuat konten yang benar-benar bermanfaat. Hehe..

Cara Menggunakan Googel Search Console
Image by janjf93 from Pixabay

Pagi ini, mari kita berdiskusi masalah Google Search Console yang mampu memberikan kita forecasting ataupun prediksi perkembangan blog yang sedang kita kelola.

About Google Search Console

Melihat prinsip kerja Google, saya jadi malu akan diri saya sendiri sebetulnya. Google selalu memberikan layanan gratis pada kita misalnya seperti Google Analytics, Search Console dan bahkan Google Adsense pun ketika mendaftar kita tidak dipungut biaya. Sedekah Google sangat luar biasa dibandingkan dengan saya yang mungkin sedekah hanya bisa hitungan kali dalam setahun.

Google Search Console merupakan layanan gratis dari Google yang memberikan laporan traffik, monitor kecepatan loading blog, perayapan mesin pencari, dan masih banyak lagi yang bisa kamu dapatkan ketika mengakses GSC.

Jika anda adalah pemilik blog, maka hukumnya wajib untuk menghubungkan sitemap blog kamu ke Google Search Console agar semua artikel kamu lebih mudah untuk dirayapi oleh spider bot Google tentunya.

Overview Performance

Laporan pada tab Performance menampilkan report aktifitas blog kamu selama kurang lebih 3 bulan lamanya. Laporan tersebut antara lain Total Clicks yang artinya pengunjung yang sedang mencari keyword tertentu melalui Google berhasil mengunjungi blog kamu.

Kemudian adalah Total Impressions yang artinya berapa kali blog kamu tampil dihasil pencarian mesin pencari Google dengan beberapa keyword yang juga sudah terangkum di Tab Performance ini.

Average CTR jika saya artikan mungkin artinya seperti ini Clicks Through Ratio yang berarti perbandingan Impressions dan hasil Clicks. Mungkin jika semakin tinggi akan semakin bagus performa situs atau blog kamu. Tapi jika saya salah tolong komentar dibawah ya.

Average Position jika saya amati adalah posisi blog kamu dihasil pencarian Google. Tentunya jika semakin kecil berarti blog kamu sudah berhasil menjalankan misi SEO Onpage maupun Offpage. Tentu akan saya ucapkan selamat atau congratulations gaes.

URL Inspection

Tool ini lah yang sangat disukai oleh para Blogger Indonesia. Sempat Google menonaktifkan tool ini dengan tanpa alasan dan alhasil teman-teman Blogger kebingungan karena artikel barunya tidak kunjung dirayapi oleh mesin pencari Google.

Namun rupanya Google tidak lama kembali mengaktifkan tool URL Inspection kembali. Tool ini bertujuan untuk merequest agar artikel baru kita bisa langsung di index oleh Google dengan cara mengisikan link artikel baru kita kemudian request. Selamat mencoba deh.

Index

Di menu tab Index bisa dilihat beberapa sub-menu yang dapat kita pahami untuk menganalisa performance blog ataupun jika kamu mempunyai broken link bisa mengajukan ke Google Search Console untuk menghapus link yang sudah di index tersebut.

Coverage

Jika saya menyimpulkan hal ini, maka bisa didapatkan sejumlah link-link dari blog kita yang sudah di index oleh Goole. Jika Valid artinya blog kamu tidak ditemukan beberapa masalah misalnya seperti broken link, dan jika Excluded berarti page atau link blog kamu ada beberapa masalah yang terjadi seperti error atau tidak ditemukan.

Sitemaps

Tool ini istilahnya adalah hal utama yang harus kamu lakukan, Google Search Console akan membaca link sitemap blog ataupun rss feed dari yang kamu masukan kedalam sitemap. Tidak perlu menunggu waktu yang lama, GSC akan segera merayapi link sitemap blog kamu dan kemudian bisa terbaca oleh pencarian Google.

Removals

Jika blog kamu ditemukan beberap broken-links, kamu bisa mencoba fitur ini untuk memberitahu pihak Google agar menghapus dari index Google atau biasa disebut dengan istilah deindex. Jika pengajuanmu disetujui, maka broken links yang ada di blog kamu akan hilang dari hasil pencarian Google.

Enhancements

Fitur disini merupakan salah satu syarat blog kamu bisa tampil di page one Google. Kamu bisa mengaudit blog kamu, dan memperbaikinya sesuai hasil dari yang disarankan oleh Google Search Console tersebut.

Core Web Vitals

Jika saya artikan sendiri, maksud dari Core Web Vitals disini adalah reports dari GSC yang menampilkan beberapa halaman yang sekiranya memberatkan jika user mengakses blog kamu, bisa saja blog kamu mempunyai template yang isi dari codingnya terlalu banyak menggunakan JavaScript sehingga mempunyai waktu loading yang lama, nah inilah yang harus diperbaiki kamu sebagai webmasternya.

Kalau saya memang bukan ahli atau dibidang coding PHP, maka biasanya saya menggunakan template premium yang sudah tentu sipembuatnya mengetahui atau memahami structure bahasa pemrograman. Yang saya pakai untuk banyak blog saya menggunakan 3 template premium untuk bloggerblitar.com ini.

Namun, biasanya kalau saya mengeceknya menggunakan HP yang berbeda. Kemudian akses semua menu blog kita jika hasilnya masih memuaskan ya selama itu juga not problem deh.

Mobile Usability

Masih sama seperti diatas, yakni kemampuan blog kamu untuk diakses selain dari layar lebar seperti leptop dan komputer. Ada baiknya memang harus mencari template yang sudah support AMP, seperti di platform WordPress yang benar-benar full custom dibandingkan dengan platform Blogger milik Google ini.

Breadcrumbs

Google tidak hanya memperhatikan dari segi kecepatan dan mobile friendly, namun juga keefektifan pengaturan menu dan submenu yang ada di blog kamu itu sendiri harus benar-benar user-friendly juga. Hal ini menurut beberapa pakar SEO sangat berguna untuk tampil di hasil pencarian, Google akan menunjukan menu-menu yang bisa diakses oleh pengguna atau mungkin ini bisa disebut juga adalah sitelink.

Baik terimakasih atas kunjungannya ke blog saya ini, semoga anda betah dan memahami apa yang saya tuli disini. Sebagai blogger pemula yang tidak tahu masalah coding, saya hanya mempercayakan pada para pembuat template sehingga saya tidak perlu pusing memikirkan template yang saya fokuskan adalah menulis artikel yang bermanfaat dan mencari visitor yang loyal ke blog kita tentunya.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Googel Search Console"