Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Analytics adalah Tool Wajib Pemilik Blog

Google Analytics adalah Layanan Analisa Web atau Platform apapun yang terhubung online yang diberikan secara gratis oleh Google. Dengan menginstall Google Analytics di website, Anda bisa dengan mudah memantau trafik web.

Google Analytics menjadi salah satu layanan terbesar yang dapat diakses secara gratis untuk mendapatkan report dalam bentuk data metrics. Data dan statistik sangat penting bagi orang yang menjalankan bisnis, karena berdasarkan data ini, Anda dapat menentukan strategi marketing berikutnya yang dapat bekerja lebih baik pada bisnis Anda, atau Anda hanya perlu melanjutkan strategi yang telah dilakukan karena insight dari data analytics sudah menunjukkan hasil yang baik.

Google Analytics adalah Tool Wajib Pemilik Blog
Image by Tumisu from Pixabay

Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mencari kata kunci untuk iklan Anda.

Behaviour Flow Report

Di saat yang sama, pelajari pula mengenai behaviour pengunjung website Anda. Disini anda dapat memahami pengunjung anda ketika beraktifitas di blog. Dalam behaviour flow report tersebut dapat diketahui bagaimana awal mula pengunjung menemukan situs anda kemudian berapa kali interaksi dengan blog anda. Misalnya adalah sebagai berikut :

  1. User menemukan blog anda melalui artikel “Cara Promosi Aplikasi Android” kemudian setelah membaca sampai selesai, user menemukan artikel lain yang menurutnya sedang dibutuhkannya maka user tersebut kemudian membaca artikel yang kedua setelah artikel pertama. Dan selanjutnya sampai beberapa artikel jika dianggapnya masih berguna untuk user tersebut.
  2. User menemukan artikel pertama di blog anda, namun kemudian tidak tertarik untuk melanjutkan artikel lain yang ada di blog anda. (Hal inilah yang bisa and baca dan kemudian perbaiki lagi konten yang ada di blog anda tersebut)

Manfaat Google Analytics adalah

  • Membantu menganalisa keyword yang datang dari search engine
  • Mengetahui artikel yang paling popular dan terbanyak dibaca
  • Memanfaatkan fitur behaviour flow report untuk memperbaiki artikel yang ada di blog
  • Kecepatan blog anda sehinggga dapat menoprek js. Yang ada didalam tempkate
  • Mengetahui user yang datang ke blog anda asal muasalnya dari mana

Menurut salah satu senior SEO Tokopedia, Collin Dion Agata menilai melalui alat bantu (tools) yang tersedia secara cuma-cuma itu, pemilik situs dapat mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan pengguna untuk meningkatkan banyak hal seperti misalnya kunjungan situs.

Namun jika anda tidak mau menggunakan Google Analytics, masih ada open source yang mengembangkan tools seperti ini dan lebih mudah untuk dibacanya. Tapi biasanya akan memberatkan blog anda, karena anda harus memasang beberapa kode script untuk ditempatkan diblog anda. Script inilah yang biasanya berisi javascript yang dapat membuat lambat performa loading blog anda.

Salah satu yang paling saya suka adalah HITSTAT, menurut saya lengkap dan mudah untuk menganalisa data yang disampaikannya. Namun anda bisa mencoba situs lainnya seperti, Woopra, StatCounter, Mint, Clicky, Piwik, Reinvigorate dan ExtremeTracking.

Mungkin sampai disini yang bisa saya sampaikan dan memang kesimpulan terakhirnya Google Analytics adalah tool wajib bagi pemilik blog dimanapun anda berada. Dengan begitu anda akan tahu dimana kelemahan dan kelebihan blog anda. Semangat buat teman-teman yang sedang berjuang mencari nafkah melalui Google Adsense. Hehe…


Posting Komentar untuk "Google Analytics adalah Tool Wajib Pemilik Blog"