Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Cara Membangun Blog Berkualitas, Kunci Sukses Melalui Blog

Tips dan cara membangun Blog
Tips mengenai Blog memang tidak akan habis bila kita mau membahasnya, seperti yang ingin saya tulis disini mengenai, Cara Membangun Blog yang Berkualitas.
Memang banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk memulai membangun blog berkualitas, bukan hanya terletak pada proses optimasi saja, beberapa anjuran mengenai blog berkualitas pun sangat penting untuk bisa kita pelajari, seperti:


Dasar-dasar Blog (proses pembangunan blog)


Bagian Dasar Membangun Blog Berkualitas adalah, bagian yang dapat anda lakukan untuk menghasilkan pondasi yang kuat untuk sebuah blog yang sedang kalian bangun, seperti:


  • Bagian Konten Artikel
  • Bagian Tampilan Blog
  • Bagian Navigasi Blog

Penjelasan:

1. Konten Artikel

Membangun sebuah blog yang memiliki kualitas baik memang tidak semua orang dapat melakukannya, terlebih jika kita dapat memperhatikan beberapa optimasi yang memang di peruntunkan kepada kita (sang pemilik blog) untuk mengelola blog agar memiliki kualitas yang benar-benar baik.

Seperti hal pertama yang dapat anda mulai, yaitu Konten artikel, Pelajari hal-hal yang perlu kalian lakukan dalam proses pembuatan artikel yang baik untuk blog, mulai dari artikel original atau dapat kalian sebut juga artikel yang memang hasil karya kalian sendiri, faktor ini sangat penting karena hasil dari konten original, akan sangat membantu pada perkembangan blog di masa mendatang.

2. Tampilan Blog

Memiliki tampilan blog yang responsive adalah cara terbaik untuk membantu meningkatkan peforma blog, seperti hal yang dapat kalian mulai dari sebuah templates yang kalian gunakan pada blog.

Terapkan tempaltes berformat responsive guna membantu praloading pada waktu muat halaman. Alasan inj mendasar bahwa blog dengan pramuat halaman cepat akan sangat membantu pembaca menemukan konten yang dicarinya dan faktor ini sangat baik untuk blog berkualitas.

3. Navigasi Blog

SEO BLOG

Bagian ini terletak pada bidang menu-menu yang kalian sajikan didalam blog, cara umum yang dapat kalian lakukan untuk menerapkannya yaitu dengan cara mengunjungi sumber HTML di dalam pengaturan blog, Setiap Navigasi memiliki arah dan tujuan yang berbeda untuk itu di perlukan peninjauan yang sehat agar navigasi pada blog dapat sejajar dengan tujuannya..

Nah, itulah pengertian Dasar yang dapat kalian terapkan pada blog, agar proses pembangunan blog kalian dapat berjalan lancar dan yang terpenting, agar perkembangan pada blog tersebut akan lebih cepat mengalami peningkatan.

Ok, Saya harap pahami dulu mengenai hal di atas baru kita lanjut ke tahap berikut nya 


Proses Optimasi Blog untuk Meningkatkan Trafic Pengunjung


Berikut ini adalah ulasan yang dapat kalian gunakan untuk menambah pembelajaran dalam kiat mengelola blog kalian.

seo blog

Optimasi pada blog memang sangat penting dilakukan, terlebih jika blog yang kalian bangun masih memiliki umur yang tergolong muda, Hal berikut ini dapat di lakukan agar optimasi blog dapat lebih baik lagi.

Dari cara yang akan saya bagikan pula dapat berpengaruh baik terhadap jumlah trafic pengunjung blog, berikut cara yang dapat di lakukan:

Daftarkan Blog di Webmater atau Google Search Console


Google Seacrh Console adalah produk google yang berperan penting dalam proses optimasi blog.
Kalian dapat melakukan veryfikasi blog ke search console dan mulai melakukan index google.
Disini hal penting untuk memulai membuat blog.

Fungsi Webmaster atau Google Seacrh Console di antaranya :

1. Sitemap

Melakukan index di setiap url artikel, agar artikel dapat mulai bersaing di mesin pencarian google, Untuk cara submit url lebih lengkap nya baca artikel Cara Submit Artikel Postingan Di Google Webmaster Tools


2. Crawl Stats

Cara submit URL



Dari gambar di atas itu contoh blog ini bloggerblitar tidak ada url yang error jadi fungsi webmaster juga mengetahui url yang error, yang dapat membantu artikel cepat di index oleh mesin penelusur Google.


Daftarkan Blog di Google analytic


Google Analystic juga memiliki peran penting di dalam proses optimasi blog, di antara manfaat yang dapat di ambil untuk mengoptimasi blog adalah:
  • Dapat memantau lalu lintas pengunjung blog
  • Menyorot data pada blog
  • Mengumpulkan data trafik pada blog


Untuk cara Daftar di Google Analytic nantikan aja ya pada artikel berikutnya..kita lanjut ke langkah berikutnya


Melakukan Backlink 


Backlink atau link kembali memang menjadi tradisi yang di lakukan oleh nenek moyang blogger, melakukan backlink blog terbukti dapat meningkatkan trafic pengunjung bukan hanya itu saja, dengan menanam backlink blog kita di blog orang lain, akan berpengaruh baik pada blog kita, Semakin banyak kalian menanam backlink di blog lain, semakin besar kesempatan blog kalian akan banjir visitor/pengunjung.

Anda dapat mendapatkan backlink dengan 2 cara yaitu:

Prabayar : Membeli jasa backlink dari blog lain dengan sejumlah uang dan tentunya ada kesepakatan dari kamu dan si pemilik blog yang akan km beli jasa backlinknya.

Nonprabayar: Anda juga dapat mengajukan tawaran kepada blog lain dengan salink bertukar backlink dan pastinya hal ini saling menguntungkan tanpa ada pembayaran apapun, Untuk lebih jelasnya baca artikel  7 Cara Ampuh Membangun Backlink yang Berkualitas untuk SEO Blog, UPDATE !!


Content placement


Content placement adalah artikel yang sengaja ditulis oleh pemilik blog lain kepada blog yang menggunakan jasa conten placement, Artikel tersebut bertujuan untuk mempromosikan sebuah blog dengan imbalan berupa uang kepada si pemilik blog.

Content placement juga memang tidak jauh berbeda dengan backlink blog yang sama-sama memiliki manfaat untuk mendatangkan pengunjung baru, Perbedaannya hanya jika tadi backlink hanya untuk menambahkan link dari blog lain, disini content placement bersifat lebih tertuju untuk Jasa conten placement boleh anda mencoba www.maswids.com blognya sangat membantu untuk perkembangan blog ini.


Mungkin hanya itu saja yang dapat saya tulis disini, terimakasih dan semoga bermanfaat. 

Bilamana ada yang kurang jelas yu kita mojok di kolom komentar 

2 komentar untuk "Tips dan Cara Membangun Blog Berkualitas, Kunci Sukses Melalui Blog"