Recent Posts

7 Rekomendasi Blog Builder yang patut diperhitungkan Search Engine Optimizer

7 rekomendasi blog builder 2019

Setelah sebelumnya saya menulis tentang Tutorial install wordpress di Softaculous , kali ini akan dibahas tujuh rekomndasi Blog Builder bagi pemula. Saya sendiri menggunakan CMS platform Wordpress sudah sejak tahun 2009, dimana waktu itu saya menggunakan jasa dari penyedia hosting milik Jogja Camp yakni idwebhost. Mungkin sebelum dibahas mengenai rekomendasi blog builder, mari kita bahas terlebih dahulu untung - rugi menggunakan jasa penyedia web hosting.

Keuntungan


Mari kita bahas keuntungannya terlebih dahulu. Benefit yang akan kita dapatkan ketika menggunakan jasa layanan web-hosting banyak sekali, antara lain :

1. Lebih enak memilih CMS yang kita inginkan. Maksudnya adalah banyak pilihan yang akan kita dapatkan dengan menggunakan jasa hosting. Ditambah fitur dari software softaculous yang dapat menginstall sebanyak 451 script yang ada didunia (tentunya hanya bisa memilih satu CMS yang akan diinstall loh ya, kecuali ditambahkan ke sub domain kamu).

2. Bisa gonta-ganti CMS. Ada banyak sekali CMS di Internet, dengan menggunakan hosting sendiri, kita bisa mengexplore semua CMS yang ada di software softaculous. Mungkin jika tidak puas, uninstall kemudian install CMS lainnya sampai mendapatkan CMS yang pas menurut perasaan kamu.

3. Menggunakan website PHP buatan sendiri. Dengan menggunakan hosting sendiri ini terutama bagi programmer PHP, sangat enak untuk membuat website dengan code PHP nya kemudian diunggah kedalam CPanel. Bahkan tidak mungkin akan terkenal dikemudian harinya CMS buatanya sendiri itu.

Kerugian


Pasti ada kerugian gaes jika kita menggunakan hosting sendiri, apa aja kerugiannya mari kita bahas satu-persatu, kalau ada kekurangan bisa ditambahkan dikolom komentar ya gaes.

1. Perlu modal uang. Bagi kamu yang masih berstatus pelajar akan sangat berat jika menggunakan hosting, karena pelu mengeluarkan sejumlah uang yang tidak kecil. Dan biasanya jasa sewa hosting itu per-tahun, dan setiap perpanjangan sewa hostingnya akan naik. Itu menurut saya kerugian dari segi financial. Apalagi jika website kamu sudah mempunyai pengunjung harian diatas 1000 UV akan makin terasa berat, karena lebih banyak lagi membutuhkan bandwidht agar website kamu tidak down.

2. Harus menguasai PHP. Sedikit penting menurut saya untuk mengetahui script dasar dari PHP, agar kita tidak panik jika sewaktu-waktu website dijumpai error. Akan lebih cepat tertangani dan website pun kembali hidup dengan normal.

Blog Builder


Sudah sampai saatnya kita membahas tentang blog builder yang bagus untuk kita gunakan membangu blog dan adsense tentunya. Semakin baik CMS yang kita pakai maka semakin baik pula saldo adsense kita tentunya. Walaupun itu bukan satu-satunya yang diperhatikan, banyak faktor lainnya yang harus dipenuhi.

1. Wordpress

Kalau menurut penulis, platform blogging yang pertama dan terbaik yakni wordpress. Ada dua keunggulan kenapa memilih wordpress. Yang pertama wordpress menyediakan jasa gratis blogging menggunakan subdomain milik wordpress misalakan : namablog.wordpress.com begitu nanti akan terlihat link url blog kamu jika ikut menjadi blogger di wordpress. Yang kedua wordpress juga menyediakan script yang bisa diinstall ke domain TLD kamu sendiri salah satunya install melalui software softaculous tersebut maka jadilah website domain TLD mu yang berbasiskan wordpress. Keuntungan menggunakan wordpress self hosting ini kamu bisa menginstall bermacam-macam plugin yang luar biasa salah satunya adalah plugin SEO Yoast yang sangat ampuh ini.

2. Blogger

CMS ini adalah salah satu produknya Google. Tapi tidak selamanya produk dari Google kemudian akan diprioritaskan oleh google untuk bisa terindex dimesin pencari berada diposisi teratas, tetap harus diperhatikan dari segi SEO nya. Blogger sendiri sudah ada sejak tahun 2003, namun yang penulis lihat tidak ada perubahannya sejak penulis memulai ngblog memakai platform ini. Namun karena ini adalah produk dari google tentunya jaminan keamanan dan kemudahan sudah sangat terukur. Baik blogger maupun wordpress keduanya bisa diupdate memakai domain TLD sendiri tinggal merubah domain DNS nya dihosting tempat anda menyewa tersebut.

3. Joomla

Yang berikutnya adalah Joomla, meskipun penulis belum pernah menggarap blog menggunakan CMS yang satu ini, namun pernah mencobanya menginstall di localhost untuk mengetahui seberapa bagus dan user friendlynya dari CMS ini. Joomla juga salah satu CMS open source tentu sudah pasti untuk memakainya tidak perlu mengeluarkan biaya. Namun seperti biasa, jika ingin menggunakan templat yang mempunyai design yang bagus pastilah agak merogoh kocek untuk membelinya.

4. Tumblr

Meski jalan terjal tumblr di tanah air ini tidak semulus ketiga platform CMS diatas, dikarenakan pernah diblokir oleh kementrian informatika terkait isi konten yang tidak diperbolehkan oleh peraturan Indonesia namun untuk sekarang sudah bisa diakses seperti sedia kala. Jika dilihat dari isinya, platform ini lebih seperti Media Sosial Instagram dan sejenisnya. Mohon maaf keterbatasan penulis mengenai tumblr karena belum pernah memakainya sama sekali.

5. Weebly

Belum pernah mencobanya, sekilas jika dilihat dari fitur yang ditawarkan ini weebly lebih menyasar pasar seller online. Sama seperti wordpress, platform ini juga memudahkan pengguna yang tidak menguasai pemrograman PHP untuk membangun sebuah website. Karena pengguna tinggal drag and drop widget yang ada di dashboar dari weebly tersebut.

6. Drupal

Drupal adalah gabungan dari Content Management System dengan Content Management Framework, dimana pengguna bisa dengan mudah dikembangkan dengan kolaborasi bersama developernya. Kemudahan dalam kustomisasi ini membuat pengguna bisa membangun bermacam-macam website seperti portal internet, portal berita, website personal ataupun perusahaan.

7. B2Evolution

Sama halnya dengan platform CMS sebelumnya, b2evolution juga menawarkan fiturnya ini secara gratis. Fitur utama dari CMS ini bisa membuat banyak blog dalam sekali install. Penulis pun belum faham betul apakah maksudnya sekali install didalam domain tertentu kemudian pendatang bisa melakukan pembuatan blog didalamnya. Mungkin kurang lebih seperti itu, karena ini adalah fitur utama yang ditawarkan oleh B2Evolution.

Semua kita serahkan pada pilihan kamu mana yang akan dipakai, karena yang terpenting itu adalah isi dari kontennya.

Kontent adalah Raja

0 Response to "7 Rekomendasi Blog Builder yang patut diperhitungkan Search Engine Optimizer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel