Skip to main content

7 Cara Ampuh Membangun Backlink yang Berkualitas untuk SEO Blog, UPDATE !!

Internet menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat modern, dimana makhluk sosial nyaris tak bisa melepaskan diri dari perkembangan zaman yang luar biasa ini.

Berbagai hal dilakukan dengan bantuan internet, dari mulai mencari informasi terkini, mencari barang kebutuhan hobby dan sehari-hari, mencari hiburan, sampai dengan mencari jodoh pun memanfaatkan internet.

Untuk anda yang melihat hal ini sebagai peluang bisnis, maka tak ada salahnya jika mulai melirik tips backlink yang tepat untuk SEO. Karena jika anda berhasil menaklukkan yang satu ini, internet bisa menjadi lahan untuk mendulang Rupiah, bahkan Dollar dengan cara yang sangat mudah.

Walaupun terdengar sangat sederhana dan mudah, namun pada kenyataannya anda harus mempelajari begitu banyak hal sebelum mulai terjun ke internet, utamanya sebagai penyedia informasi (blogger, ataupun pemilik situs informasi).

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, mengetahui keuntungan apa yang akan didapatkan jika berhasil menguasai SEO atau search engine optimization (optimasi mesin telusur, misal Google, Yahoo dan Bing).

Bagi pemilik website jualan, menguasai teknik SEO dengan baik bisa berimbas pada kenaikan omzet per bulannya, karena setiap postingan produk yang anda jual akan berada di halaman utama mesin pencari yang kemudian akan mendatangkan lebih banyak pembeli.

Postingan website anda berada di halaman pertama mesin pencari akan membawa kurang lebih 70% pengguna internet yang mencari kata kunci sesuai dengan produk yang anda jual.

Tidak hanya untuk penjualan produk, untuk promosi bisnis, jasa layanan dan berbagai kebutuhan lainnya pun akan dsngat terbantu dengan adanya teknik SEO ini. Luar biasa bukan? Oleh sebab itu, sebaiknya mulai sekarang anda harus mempelajari teknik SEO mulai dari nol.

Apa itu SEO?


Ini adalah pertanyaan yang paling banyak dilontarkan oleh orang saat mendengar SEO, seperti yang telah dijelaskan secara garis besar di atas, yang dimaksud dengan SEO adalah melakukan optimalisasi terhadap sebuah kata kunci yang ada dalam sebuah postingan, supaya mendapatkan lebih banyak tayangan dan mendapatkan lebih banyak aktivitas dibandingkan dengan artikel tanpa optimasi SEO.

Yang Harus Dilakukan untuk Optimasi SEO


Langkah selanjutnya setelah anda memahami keuntungan menerapkan teknik SEO dalam postingan website adalah dengan melakukan riset kata kunci. Anda harus mengetahui apa saja suku kata, frasa dan kalimat yang paling banyak dicari oleh masyarakat dan sesuai dengan yang anda tawarkan. Misal produk makanan, jasa, travel wisata atau umroh, bahkan personal branding sekalipun.

Untuk mendapatkan keyword yang paling sesuai, anda bisa manfaatkan keyword tools seperti Keyword Planner atau bisa juga gunakan Google Trends, ada juga Ubersuggest yang bisa dicoba.

Setelah menemukan kata kunci yang paling tepat, maka anda bisa mencoba tips backlink yang tepat untuk SEO. Kata kunci yang telah anda temukan itu kemudian akan diterapkan ke dalam artikel anda, yang kelak dijadikan media untuk mengundang pengunjung ke website anda dan link dari artikel tersebut dipasang di situs lain sebagai backlink yang akan membangun situs anda.

7 Cara Ampuh Membangun Backlink yang Berkualitas untuk SEO Blog


Kenapa dalam optimasi SEO harus membangun backlink yang kuat? Karena backlink ini akan membuat situs atau website anda menjadi lebih kuat, semakin baik situs atau website yang memberikan backlink, semakin banyak backlink, semakin bagus pula reputasi website anda sendiri. 

Backlink itu sendiri bisa terjadi saat ada situs lain (biasa disebut website external) memberikan tautan pada postingan atau website anda, sehingga pengunjung dari website external tersebut juga akan berkunjung ke website anda. Bisa terbayangkan bukan? Bagaimana jika website besar yang memberikan anda backlink? Pengunjung website anda bisa membludak semakin banyak.

Cara Ampuh Membangun Backlink yang Berkualitas untuk SEO Blog bagi pemula pertama-tama adalah dengan memperbaiki situs anda terlebih dahulu, pastikan situs anda sudah bebas dari berbagai macam error seperti : 

  • Loading status yang lambat
  • Situs yang tidak mobile friendly
  • Ada konten yang terindikasi duplikat
  • 302 redirect
  • 404 error
  • Redirect chain
  • Duplikasi META data
  • Canonical error
  • Direktif yang tak tepat penggunaan

Setelah situs anda aman dari error yang telah disebutkan di atas, maka anda sudah siap untuk membangun backlink. Untuk merayapi data error secara otomatis, ada banyak tools yang bisa digunakan, dari mulai yang gratis sampai dengan yang berbayar dengan fitur-fitur premium.

Baca juga : Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Lazy Load AdSense

Supaya situs external mau memasukkan link anda dalam postingan mereka, maka pastikan situs anda memiliki banyak informasi menarik supaya orang tertarik dan bisa bertahan lama untuk berada disana.

Selain mendapatkan lebih banyak pembaca organik terus menerus dalam jangka waktu yang lama (selama informasi itu masih relevan dan masih berguna), anda juga bisa membangun situs anda secara perlahan dan alami, tanpa membutuhkan backlink. Namun, dengan adanya backlink, ditambah konten yang menarik dan berbobot, hal itu tentu jauh lebih baik.

Baca juga : Cara Menambahkan Script Anti Adblock Ke Blog Dan Meningkatkan Penghasilan Adsense



Inilah cara backlink yang tak bisa rusak, sangat baik untuk ‘kesehatan’ blog anda : 

1. Jagalah relevansi.

Untuk akusisi link yang aktif, ikuti aturan Google yakni relevansi backlink ke domain, konten yang ada pada halaman linking, dan tema konten yang umum dari domain linkingnya.

2. Jalin hubungan dengan situs otoritas.

Untuk dapatkan hasil terbaik, pasang  backlink di situs yang sangat kuat. Sebab tak ada lagi update page rank dari Google, maka anda bisa mengandalkan metric yang disediakan pihak ketiga untuk mengecek hasil backlink tersebut.

3. Berfokus pada website yang riil saja.

Supaya website anda menjadi solid, maka dapatkan backlink dari situs yang trafiknya riil, sehingga hasil yang anda dapatkan juga sangat baik. Untuk mengetahui perkiraan trafik dari sebuah situs yang diincar untuk memasang backlink, anda bisa gunakan tools khusus di internet. 

4. Backlink ada di situs yang bersih.

Jangan sembarangan memberikan tautan pada situs yang memiliki kesan negatif atau juga konten negatif, anda tentu tak mau situs anda ikut terkena imbasnya, kan?

5. Jangan membeli backlink.

Anda pasti sering melihat iklan penyedia jasa backlink, jangan sekali-kali menggunakan jasa ini bagaimanapun rayuannya. Sebab Google akan hancurkan situs yang gunakan network ini (polanya selalu sama).

6. Risiko backlink pada sidebar dan footbar.

Biasanya dilakukan pada backlink berbayar, cara ini sangat efektif jika anda memasangnya pada situs yang relevan dengan situs kita sendiri, namun jika situsnya tidak relevan, maka hasilnya adalah situs anda bisa hancur dan kampanye SEO anda tak berhasil.

7. Perbaiki link yang telah rusak.

Lakukan pemeriksaan secara rutin, bisa menggunakan tools gratis dan berbayar. 

Demikian adalah 7 Cara Ampuh Membangun Backlink yang Berkualitas untuk SEO Blog. Lakukan ujicoba dan belajar terus menerus sampai mampu menerapkannya dengan baik dan dapatkan hasil maksimal.

Artikel terkait : Cara Menanam Backlink Di situs Edu Dan Gov Update

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar