Skip to main content

PERUSAHAAN KECIL ATAU PERUSAHAAN BESAR, APA PILIHAN KARIRMU?

Perusahaan kecil vs Besar

BloggerBlitar.COM - Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi, dan berkumpulnya semua faktor produksi. Didalamnya terdapat hierarki dari mulai Presiden Direktur sampai yang paling bawah adalah operator produksi. Satu sama lain mempunyai job deskripsi yang berbeda-beda. Akan tetapi keseluruhannya mempunyai goals yang sama yakni profit perusahaan yang meningkat.

Perusahaan yang berkembang di Indonesia beragam sekali dari jenis penanam modalnya. Dari mulai Jepang yang banyak berinvestasi di bidang otomotif, Korea membangun sektor migas dan ada sebagian di industri Garmen, dan China yang dengan produksi teknologi smartphonenya.

Indonesia merupakan negara dengan target investasi yang paling menguntungkan. Dimana sumber-daya-alam yang masih tersedia cukup banyak, dan dengan biaya upah yang bersaing dengan negara-negara lainnya.

Dengan banyaknya penanam modal asing (PMA) di Indonesia, penulis sih lebih tertarik bergabung dengan perusahaan swasta, daripada menjadi PNS atau mengabdi ke Negara. Karena peluang untuk menghasilkan gaji yang besar lebih terjamin sesuai dengan skill-matrix kita sendiri. Tapi tentunya pilihan masing-masing individu berbeda dong kan yah.

Kali ini kita akan membahas Perusahaan Kecil atau Perusahaan Besar dalam pilihan karirmu? Keduanya tentu adalah perusahaan swasta yah.

Perusahaan Kecil


Pengertian umum Perusahaan Kecil ialah perusahaan yang dikelola oleh pemilik perusahaanya sendiri, dengan posisi-posisi vital ditempati oleh anak atau saudaranya sendiri. Perusahaan kecil mempunyai omset perkiraan mencapai Rp50Milyar dalam satu tahun. Dan aset yang dimiliki pun mempunyai rentangan antara Rp500Juta sampai dengan Rp10Milyar.

Jika bekerja di Perusahaan Kecil

Kemudian apa sih yang bisa kita dapatkan ketika bekerja di Perusahaan Kecil itu? Mari kita bahas beberapa hal yang kita dapatkan jika kita bergabung didalammnya.

1. Promosi jabatan cepat. Pada prinsipnya dalam bekerja anda itu harus mempunyai integritas, loyalitas, dan sikap yang baik. Sifat umum manusia adalah tidak menyukai hal-hal yang negatif. Maka dari itu, gunakan kesempatan itu untuk cepat mendapatkan promosi karir yang bagus. Banyak kiranya kawan-kawan diluar sana menggunakan perusahaan kecil ini sebagai batu loncatan untuk bisa bekerja di perusahaan besar. Tentu menurut penulis tidak masalah, asalkan anda keluar dengan baik-baik dari perusahaan tempat kerja anda sebelumnya, dan banyak meninggalkan kesan-kesan positif. Karena secara tidak langsung, ini bisa menjadi nilai plus ketika anda akan mendaftar ke perusahaan lainnya dengan rekomendasi owner perusahaan kecil itu.

2. Menjadi penentu kebijakan perusahaan. Dengan anda bekerja di perusahaan kecil, tentu anda akan dipandang sebagai orang yang mempunyai kewenangan dalam penentuan kebijakan-kebijakan yang crusial. Terlebih jika anda memang spesialis dibidang tertentu. Dengan begitu, posisi tawar anda di perusahaan kecil akan sangat exclusive. Anda bisa bernegosiasi dengan pemilik perusahaan tentang kenaikan gaji anda tahun depan misalnya. Tapi jangan minta yang terlalu banyak ya. hehe...

3. Stabilitas keuangan masih harus diperhatikan. Seperti yang dibahas pada paragraph sebelumnya, dengan omset yang seperti itu. Maka anda harus bersiap-siap jika ada kemungkinan perusahaan akan gulung tikar dikarena tidak mampu membiayai operasional produksi perusahaan. Otomatis ini akan berpengaruh ke pendapatan anda. Biasanya perusahaan akan menawarkan berbagai pilihan, apakah itu anda di berhentikan ataupun akan dibayar telat oleh perusahaan. Jadi selalu siapkan plan kedua yah gaes.

Perusahaan Besar


Jika pembandingnya adalah aset, maka perusahaan besar tentu mempunyai aset triliunan. Misalnya, adalah induk perusahaan Google, anak perusahaannya Google Adsense, Blogger, Youtube, Gmail. Kita sebut, layanan-layanan itu adalah anak perusahaan dari Google.

Dengan aset yang seperti itu, otomatis omset yang dihasilkan perusahaan besar sudah sangat mapan. Dan biasanya diikuti dengan sistem yang sudah matang.

Adalah hal yang luar biasa jika kita berhasil bekerja di suatu perusahaan besar dengan anak group perusahaan sampai 30 anak perusahaan lebih. Rasa bangga dan nyaman berada ditengahnya, terkadang membuat anda terlena loh. Gak percaya? Buktikan saja sendiri. Hehe

Jika bekerja di Perusahaan Besar

1. Berisikan profesionalitas. Berbeda halnya dengan perusahaan kecil, dimana posisi vitalnya diisi dari keluarga-keluarganya. Perusahaan besar anda dengan mudah bisa bersaing untuk mendapatkan posisi yang strategis, misalnya seperti Manajer Produksi atau Direktur Produksi. Eits tunggu dulu, tapi tidak segampang membalikan telapak tangan yaah... Hehehe

2. Reputasi perusahaan terjamin. Dengan banyaknya aset yang dipunyai perusahaan, tentunya anda tidak perlu khawatir dengan kondisi keuangan perusahaan. Anda hanya tinggal membuat budget yang wajar agar perusahaan tetap bisa mengatur cash-flow didalam keuangannya.

3. Benefit lebih menjanjikan. Kenapa saya memilih untuk bekerja di Perusahaan Swasta, karena benefit seperti Bonus akhir tahun, ataupun persemester lah yang ditunggu-tunggu. Nominal yang dihasilkan Alkhamdulillah bisa untuk tabungan anak nantinya. Tapi ini syarat dan ketentuan berlaku yah, jika progress kerja anda jelek ya jangan berharap dong.

Kesimpulan


Akhir paragraph, saya sebagai penulis artikel ini hanya memberikan saran agar anda selalu mempunyai integritas, loyalitas, dan tingkah laku yang baik. Baik perusahaan kecil atau perusahaan besar, jika anda tidak menunjukan hal tersebut, maka karir anda akan stagnan, dan bila memungkinkan anda akan diberhentikan secara tidak hormat. Maka dari itu, berlatihlah bersikap profesional dalam pekerjaan apapun.

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, sudi kiranya agar tulisan ini di share ke akun sosial media milik anda agar banyak yang membacanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar