Skip to main content

Site Kit, Google plugin untuk Wordpress

Site Kit, Google plugin untuk Wordpress

Site Kit adalah plugin official pertama yang dirilis oleh Google Inc. Plugin ini menawarkan produk-produk Google dalam satu kemasan dalam dahsboard Wordpress. Sehingga kamu tidak perlu lagi membuka satu-persatu produk google untuk menganalisa aktivitas apa yang terjadi didalam blog kamu. Google sepertinya menjawab tantangan yang ditunggu-tunggu oleh user wordpress selama ini.

Fitur Site Kit


Fitur-fitur yang ditawarkan plugin open source google ini sebetulnya hanyalah kemudahan kita mengakses produk-produk webmaster Google dalam satu dashboard cantik di wordpress. Dan penggunaannya yang user-friendly ini layak diberikan bintang lima lah untuk pluginnya.

1. Search Console

Alat ini mampu menampilkan aktivitas blog kamu selama 28 hari terakhir, seperti misalnya data Total klik, Total Impresion, Average CTR, Average Position, keyword dalam blog kamu yang muncul di mesin pencari dan berhasil dikunjungi oleh visitor. Jadi dalam satu dashboar kita bisa menganalisa blog wordpress kita dengan detail dan meningkatkan kualitas blog wordpress kita tentunya.

2. Analytics

Menganalisa bagaimana pengunjung blog kamu berinteraksi dengan blog kamu, mulai dari artikel yang mempunyai pageviews terbanyak, dan bagaimana visitor berlama-lama diblog kamu bisa dibaca ditab analytics.

3. Adsense

Menampilkan saldo terakhir dari blog wordpress kamu yang sudah terintegrasi dengan adsense, sehingga kamu tidak perlu membuka satu tab dibrowser kamu untuk mengetahui pendapatan kamu hari ini dari adsense.

4. PageSpeed Insight

PageSpeed Insight

Fitur yang sangat menarik menurut saya, sebelumnya saya belum pernah menggunakan pagespeed insight dari google. Saya biasanya menggunakan web dari neil patel untuk mengukur kecepatan loading template blog saya. Ini adalah aktivitas yang sangat disukai oleh blogger, sehingga bisa cepat mengambil tindakan jika blog wordpress kamu down tiba-tiba dari pihak hostingnya.

5. Tag Manager

Tag Manager

Saya belum bisa menjelaskan terlalu banyak, dikarenakan saya juga baru mengaktifkan Tag Manager di blog wordpress saya. Kemungkinan adalah sebagai penanda blog kita di mesin pencari google. Sehingga jika ada keyword yang muncul di mesin pencari dan sesuai dengan tag blog kita maka google akan menawarkan blog kita terlebih dahulu.

6. Optimize

Fungsinya mirip-mirip Google Analytics, karena disaat kamu mendaftar untuk optimize blog kamu maka kamu akan diarahkan ke halaman analytics untuk disatukan menjadi satu. Dari sini kamu bisa menganalisa iklan yang tampil di blog kamu.

Dengan Google Site Kit di WordPress Anda, Anda akan mendapatkan keuntungan seperti:
  • Bekerja lebih cerdas dan tingkatkan kinerja PPC Anda.
  • Kelola dan optimalkan iklan online Anda dengan platform yang canggih.
  • Menyederhanakan pekerjaan Anda dan analisis Anda dalam satu platform.
  • Anda dan tim lain dapat dengan mudah mengakses data dari produk Google dengan masuk ke dashboard WordPress.
  • Anda dapat melihat status kinerja dan rekomendasi peningkatan langsung dari Google
  • Site Kit memungkinkan Anda untuk menetapkan peran dan izin dan memastikan hanya orang yang relevan yang dapat melihat data.

Kesimpulan


Karena plugin ini adalah milik google, maka langkah-langkah mengaktifkan semua fitur-fitur yang ada di Site Kit sangatlah mudah. Kamu tinggal mengintegrasikan dengan account-account diatas, kemudian ikuti perintah yang diinginkan google.

Semua data-data yang ditampilkan di dashboard Site Kit yang ada di wordpress kamu merupakan data-data yang diambil dari produk Search Console, Analytics, PageSpeed Insight. Namu untuk produk Adsense ketika kamu akan mengintegrasikan ke blog kamu, blog kamu tetap akan direview oleh team Google Adsense.

Jadi ketika kamu telah menginstall Site Kit plugin google ini, maka peluang kamu mengoptimalkan blog kamu menjadi semakin mudah. Data-data analisa kamu peroleh tinggal mengganti tab pada dashboard tersebut, dan kemudian perbaiki melalui artikel kamu selanjutnya. Mungki itu saja yang bisa saya tulis tentang plugin pertama dari Google untuk wordpress. Selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar