Recent Posts

Blog Builder menggunakan Wordpress dan Yoast Plugin

Blog Builder menggunakan Wordpress
Gbr. Dashboard Jetpack
Dalam memilih platform blog builder itu selera masing-masing blogger, dan tergantung modal juga sih. Kalau masih pelajar agak berat memlih platform Wordpress, disamping harus membayar sewa hosting tahunan dan harus memonitor jika websitenya down karena kehabisan bandwidth juga harus menyediakan dana cadangan untuk menambah space dan bandwidth hosting. Wordpress sendiri banyak disarankan oleh blogger-blogger di era tahun 2008 seperti Cosa Aranda, dan Bayumukti. Tapi sayangnya kedua blogger ini sudah tidak aktif kembali.

Penulis sendiri sebetulnya lebih menyukai pltform Wordpress, karenanya banyak fitur yang bisa dimaksimalkan agar blog kita bisa cepat duduk di page One Google. Ditambah thema-thema pilihan tersedia sangat banyak baik itu gratis maupun berbayar. Bahksan yang penulis amati perbedaan berbayar dan gratis hanya sedikit sekali fitur yang ditawarkannya. Selain konten yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah blog, di wordpress bisa dimaksimalkan dengan bermacam-macam plugin. Diantaranya beberapa plugin berikut ini misalnya :

  1. YOAST SEO
  2. All in One SEO Pack
  3. Wordpress SEO Plugin - Rank Math
  4. The SEO Framework
  5. SEO Press
  6. Jetpack by Wordpress
  7. WP Meta SEO


Itu beberapa plugin SEO yang sering digunakan oleh blogger yang menggunakan blog builder platform Wordpress. Masing-masing plugin diatas mempunyai fitur unggulannya sendiri, tapi dengan tujuan yang sama tentunya membuat website kita bisa berada di mesin pencarian Google terindex diposisi teratas.

Plugin SEO yang ada di Wordpress
Gbr. Dashboard plugin wordpress
Tapi yang selalu penulis pakai setiap install wordpress baik di blog sendiri maupun di blog kawan, Yoast SEO yang selalu diinstall untuk mengurus SEO nya.

Yoast SEO dashboard

Yoast memiliki banyak fitur untuk memperkuat blog kita tampil pada pencarian mesin pencari Google, salah satunya adalah dengan memudahkan webmaster untuk memaasukan verifikasi kode yang sudah disubmit ke mesin pencari seperti Baidu, Bing, Google, dan Yandex. Dengan kemudahan ini kamu tidak perlu memahami kode php yang akan ditampilkan di halaman php themes kamu.

search appearance yoast seo

Fitur yang keren disuguhkan oleh Yoast yakni permalink struktur yang bisa dimodifikasi, serta taxonomies apa yang ingin ditampilkan dalam hasil pencarian mesin pencari. Sehingga visitor akan lebih memilih untuk mengklik website kamu, karena akan ditampilkan informasi yang lengkap pada baris hasil penelusuran mesin pencari.

Search console Yoast

Integrasinya Google Search Console dengan Yoast menjadikan plugin ini semakin kuat dalam urusan SEO kan website kamu. Jadi jangan ragu lagi untuk pilih Yoast SEO sebagai plugin utama kamu mengurus visitor yang didambakan itu.


Fitur yang paling saya sukai adalah scoring artikel. Yoast SEO sudah seperti assisten kita disaat menulis artikel. Mungkin jika ini adalah seorang asisten wanita akan sangat cerewet sekali. Yoast score selalu memberikan warning jika ada penulisan yang belum memenuhi kriteria penulisan yang disarankan oleh Yoast. Akan muncul lambang lingkaran merah jika artikel kamu belum sepenuhnya benar apa yang diharapkan oleh algoritma dari Yoast ini. Sehingga bisa dipastikan, setiap artikel yang kamu buat itu sudah sesuai kaidah SEO mesin pencari. Dan plugin ini sangat memastikan untuk setiap detail tulisan bisa keluar sebagai hasil pencarian yang berbobot.

Jadi tidak diragukan lagi plugin SEO yang satu ini, semua sudah diperhitungkan sangat matang agar website kamu selalu keluar dalam pencarian mesin pencari. Yang penulis tulis diatas adalah yang versi FREE, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang memuaskan silahkan untuk upgrade ke versi Premium. Lebih banyak fitur yang ditawarkan pada versi premium itu sendiri, dan kamu tinggal fokus menulis konten yang bermutu sehingga bisa mendapatkan visitor yang loyal kepada website kamu.

Tidak ada yang tidak mungkin, kadada nang kada kawa.

0 Response to "Blog Builder menggunakan Wordpress dan Yoast Plugin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel