Fungsi dan Manfaat Mempunyai NPWP yang Wajib Anda Ketahui

Kita sebagai warga negara yang baik, tentu membayar pajak sesuai ketentuan ialah kewajiban yang harus dilaksanakan dan di patuhi. Untuk bentuk ketaatan dalam membayar pajak ialah dengan mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak atau biasa kita sebuta NPWP. Kartu NPWP ialah nomor yang diberikan kepada wajib pajak guna mempermudah administrasi perpajakan yang dipakai sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya setiap tahun.

Namun sungguh di sayangkan, pemahaman soal NPWP belum sepenuhnya merata di seluruh elemen masyarakat. Bahkan sangat banyak antara mereka yang masih merasa kebingungan, apa sih manfaatnya, fungsi dan proses pendaftaran dari pembuatan NPWP itu sendiri.

Fungsi Mempunyai NPWP

So, untuk Anda yang belum mempunyai NPWP, saya sarankan untuk mendaftar sekarang juga. Terdapat begitu banyak fungsi dan manfaat yang dapat Anda peroleh dari NPWP, di antaranya sebagai berikut :

  • NPWP sebagai sarana dalam hal administrasi perpajakan.
  • Berfungsi menjaga ketertiban dalam hal pembayaran dan pengawasan administrasi perpajakan di Indonesia.
  • Salah satu persyaratan penting untuk mendapatkan pelayanan umum, misalnya kartu kredit bank, paspor, dan juga persyaratan pegawai untuk beberapa instansi.
Baca juga : Cara Daftar NPWP Perusahaan Melalui Online UPDATE

Manfaat Mempunyai NPWP

Supaya Anda semakin mantap untuk mempunyai nomor pokok wajib pajak, ada baiknya apabila kita membahas lebih lanjut tentang manfaat NPWP secara lebih spesifik dan mendetail, di antaranya sebagai berikut :

Dari informasi yang saya dapatakan Direktorat jenderal Pajak sempat mencanangkan Tahun Pembinaan Wajib Pajak 2015, dimana hal ini tentu membawa angin segar untuk masyarakat yang belum mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Lebih lanjut dari data tersebut, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi Wajib Pajak dan juga mendapat manfaat luar biasa dari mempunyai NPWP.

Imbawan tersebut pasti demi kebaikan masyaakat sendiri, dan dari membuat NPWP ada banyak mafaat yang akan di peroleh, di antaranya sebagai berikut :

Baca juga : Apakah Wajib Membayar Pajak untuk Mereka yang Menerima Gaji di Bawah UMR ?

Sebagai Persyaratan Administrasi


Apabila Anda mempunyai NPWP, Anda akan memperoleh kemudahan dalam mengurus persyaratan Administrasi seperti halnya di bank. Ketika ini beberapa instansi mengharuskan memasukkan nomor NPWP sebagai salah satu syarat utama auntuk mengurus administrasi di tempat tersebut. Di bawah ini adalah beberapa pembuatan dokumen yang di dalamnya membutuhkan NPWP, diantaranya :

Kredit Bank


Apabila anda berminat untuk mengajukan kredit ke bank, maka salah satu syarat yang diperlukan ialah nomor pokok wajib pajak yah. Kartu NPWP ialah salah satu syarat dokumen utama dalam proses pembuatan kredit pada beberapa bank di Indonesia. Nah, adanya dokumen NPWP, maka pihak bank dapat menggelontorkan Anda limit kartu kredit di atas Rp50 juta setiap bulannya.

Rekening Koran


Perlu Anda ketahui rekening Koran ialah laporan saldo dan mutasi rekening nasabah yang mempunyai fungsi seperti halnya buku tabungan. Namun yang membedakan ialah rekening koran hanya diperuntukkan bukan untuk keperluan individu melainkan untuk badan usaha atau perusahaan tertentu. Anda diharuskan untuk mempunyai NPWP jika ingin membuatnya.

Baca juga : Begini Cara Membuat SPT Tahunan Pribadi Terbaru 2019

Pembuatan SIUP


SIUP atau Surat izin usaha perdagangan ialah surat izin untuk seseorang atau badan usaha untuk dapat melaksanakan usaha perdagangannya. SIUP ini berfungsi sebagai bukti pengesahan sebuah usaha yang kita miliki, dimana hal ini di keluarkan oleh pemerintah daerah dan sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha perseorangan ataupun pelaku usaha yang sudahberbadan hukum. Perlu Anda ketahui bahwa SIUP tidak hanya di butuhkan oleh usaha berskala besar saja lho, tapi juga usaha kecil dan menengah supaya usaha yang dilakukan memperoleh pengakuan dan pengesahan dari pihak pemerintah setempat. Nah, dalam proses pembuatan SIUP Anda harus mempunyai NPWP.

Administrasi Pajak Final


Nah, untuk kata final disini berarti bahwa jenis pajak ini harus segera diselesaikan dalam masa pajak yang sama seperti halnya ketika mereka terima, dan tidak perlu lagi dilaporkan pada akhir tahun pajak. So, untuk pemotongan pajak final ini, nanti akan dikenakan kepada beberapa jenis penghasilan misalnya yah untuk kepentingan deposito, undian, hadiah berupa lotere, dan transaksi saham. Dalam hal ini Anda membutuhkan NPWP

Pembuatan Paspor


Anda harus tahu bahwa saat ini untuk pembuatan paspor juga mengharuskan Anda untuk mempunyai NPWP. Paspor ialah sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan langsung oleh suatu instansi yang berwenang dari suatu Negara yang memuat informasi dan juga identitas pemegangnya. Jika Anda ingin membuat paspor, maka sediakan NPWP dulu yah untuk membuatnya.

Mempermudah Urusan Perpajakan


NPWP berkaitan langsung dengan kemudahan pengurusan segala bentuk administrasi perpajakan di Indonesia. Apabila tidak mempunyai NPWP, Anda bisa jadi tidak diperkenankan untuk membuat beberapa dokumen tersebut. Di bawah ialah beberapa kemudahan yang akan didapatkan untuk Anda yang mempunyai NPWP.

Mengurusi Restitusi Pajak


Apakaha Anda tahu apa restitusi? Yaps ini adalah pembayaran pajak yang melebihi batas seharusnya. Hal ini bukanlah keanehan dan juga sangat sering terjadi. Disini tentu perlu adanya usaha untuk mencegah hal tersebut terjadi. Namun, apabila sudah terlanjur dibayarkan, maka mau tidak mau Anda  harus pergi ke kantor perpajakan untuk mengambilnya kembali. Tapi ingat satu hal disini, pengambilan uang berlebih hanya berlaku untuk yang mempunyai NPWP.

Pengajuan Pengurangan Pembayaran Pajak


Semua elemen masyarakat mempunyai tingkat kemampuan finansial yang berbeda-beda. Keadaan tersebut jelas mempengaruhi seseorang dalam hal pembayaran pajak, khususnya untuk Anda yang terkena wajib pajak. Apabila Anda  ingin melakukan pengajuan keberatannya berkenaan dengan jumlah pajak yang mesti dibayarkan tersebut, maka NPWP akan sangat diperlukan sebagai salah satu syarat untuk memperlancar prosesnya.

Mengetahui Jumlah Pajak yang Mesti Dibayarkan Setiap Tahun


Saya yakin Anda akan bingung jika lupa atau bahkan tidak mengetahui sama sekali jumlah pajak yang harus dibayarkan. So, solusi untuk mengatasi hal ini ialah dengan Anda mempunyai NPWP. Alat ini yaitu NPWP akan bermanfaat di ketika Anda melakukan pelaporan berkenaan dengan jumlah pajak yang harus Anda bayarkan serta pada ketika Anda hendak menyetorkan pajak tersebut ke kantor perpajakan langsung atau melalui web resminya.

Pemotongan Pajak yang Rendah


Saya sangat yakin ini adalah hal yang akan sangat terasa manfaatnya apabila seseorang mempunyai NPWP. Bagi Anda yang terkena wajib pajak perorangan namun tidak atau belum mempunyai NPWP maka pemotongan pajak Anda pada penghasilannya ialah sebesar 20% lebih tinggi dari jumlah pajak yang harus dibayarkan, jika di bandingkan dengan mereka yang telah mempunyai NPWP. So, untuk mereka yang telah mempunyai NPWP tentu saja wajib pajak perorangan akan dikenakan pemotongan yang lebih rendah  dari itu bahkan sampai 60 persen yah. Oleh karena itu, saya sangat menyarankan Anda untuk segera mengurus perihal pembuatan NPWP, saya yakinkan lagi ini akan sangat bermanfaat.

0 Response to "Fungsi dan Manfaat Mempunyai NPWP yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel