Skip to main content

Panduan Lengkap Cara Daftar BPJS Kesehatan TERUPDATE

Negara kita sekarang sedang menggalakan Sistem jaminan Nasional yang bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kesejahteaan sosial untuk seluruh rakyat, Salah satunya ialah BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

  • BPJS Kesehatan adalah suatu Badan pemerintah yang meyelenggarakan Program Kesehatan.
  • BPJS Ketenagakerjaan adalah Badan Pemerintah yang menyelenggarakan jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja dan kematian


BPJS Kesehatan 


BPJS Kesehatan di bagi dua yaitu :
  1. BPJS Kesehatan PBI yang peserta nya ialah fakir miskin, orang tidak mampu dan cacat total tetap.
  2. BPJS Kesehatan Non PBI yang peserta nya ialah Pekerja penerima upah dan seluruh keluarganya, Pekerja bukan penerima upah juga dengan keluarganya, Bukan pekerja dan keluarga.
Itulah sedikit penjelasan Mengenai BPJS

Pada kesempatan kali ini Saya akan memberikan Panduan Lengkap Cara Daftar BPJS Kesehatan secara Online ataupun secara Offline disini akan di pandu secara rinci agar memudahkan ketika anda akan daftar BPJS Kesehatan.

Ok langkah pertama yang harus dilakukan ialah :

A. Daftar BPJS Secara Online


Siapkan berkas

Berkas atau persyaratan yang harus di lengkapi :

1. KTP suami istri
2. Kartu keluarga
3. Nomor telp aktif
4. Nomor rekening bank
5. Alamat Email ( untuk cara buat email baca artikel Cara Membuat Akun Email Gmail Menggunakan Aplikasi Gmail Android )

Berkas tersebut bisa di gunakan untuk pendaftaran BPJS secara langsung ( offline ) maupun melalui online.

Setelah semua nya komplit, 
1. Masuk ke https://bpjs-kesehatan.go.id  pilih " LAYANAN " selanjutnya pilih " Pendaftaran Peserta " untuk lebih jelas nya lihat gambar di bawah

daftar BPJS online


2. Setelah itu masuk ke halaman lain lihat gambar di bawah supaya lebih jelas


Sesuaikan dengan gambar di atas kalau sudah lanjut ke langkah berikutnya.

3. Isi sesuai dengan gambar di bawah


4.  Klik yang di lingkari

daftar anggota BPJS mandiri

5. Isi Data dengan benar sesuai petunjuk

Data Peserta

6.  Selanjutnya setelah kita mengisi data Formulir pendaftaran dan jika sudah lengkap akan di kirim ke alamat email yang di daftarkan, Contoh balasan email dari BPJS seperti gambar di bawah.


Balasan email dari BPJS

7.  Setelah menerima link aktivasi yang di kirim ke email, Kita tinggal melakukan aktivasi Pendaftaran BPJS dan setelah berhasil, Download Nomor Virtual Account ( VA ), lihat gambar di bawah supaya lebih jelas.


Link aktivasi BPJS Online

8. Contoh nomor Virtual Account ( VA ) 
Nomor Virtual account

Owh iya, Untuk iuran BPJS Mandiri perbulan di bagi menjadi 3 :
  1. Kelas 1 = Rp. 80.000.-
  2. Kelas 2 = Rp. 51.000.-
  3. Kelas 3 = Rp. 25.500.-
Ingat sesuaikan kemampuan anda untuk memilih kelas, karena jika anggota keluarga di Kartu Keluarga ada 6 maka akan di kali 6 juga misal anda ikut kelas 1 maka 6x Rp. 80.000 = Rp. 480.000.- jadi iuran yang harus di bayar setiap bulan ialah Rp. 480.000.-


9. Selanjutnya tunggu selama 14 hari dan setelah itu bayar ke Kantor Pos atau Indomaret, Alfamart, Caranya tinggal tunjukan Nomor virtual yg sudah di dapat dan jika sudah di bayar anda bisa Download di Link aktivasi seperti di Poin 6 ikuti langkah seperti aktivasi Nomor VA.


Itulah Cara daftar BPJS secara ONLINE, jadi kita tidak repot datang ke kantor BPJS dan tidak usah ikut antri.

Akan tetapi bagi yang ingin langsung datang ke kantor BPJS akan saya kasih panduannya.

B. Daftar BPJS Secara Offline atau langsung datang ke kantor BPJS 


Sebenarnya daftar BPJS lebih efisien di lakukan secara Online akan tetapi masih banyak orang yang tidak mengerti atau gaptek mengenai dunia internet maka dengan itu saya akan memberikan panduan Daftar BPJS secara Ofline atau langsung datang ke kantor BPJS.

Proses pendaftaran BPJS secara langsung sebenarnya mudah yang penting persyaratan yang di bawa harus lengkap supaya tidak bulak balik. Adapun persyaratan yang harus di bawa yaitu :

  1. FC KTP suami istri
  2. FC Kartu keluarga
  3. Nomor telp aktif
  4. Nomor rekening bank ( Bagi yang memilih kelas 3 tidak perlu )
Setelah semua komplit silahkan datang ke kantor cabang BPJS terdekat, tahapannya sebagai berikut :

1. Isi Formulir

Formulir pendaftaran peserta BPJS biasanya ada di Pos satpam atau ada loket kusus formulir, contoh gambar formulir lihat gambar

2. Daftarkan ke loket pendaftaran

Setelah pengisian formulir satukan dengan persyaratan yang lain memakai klip, setelah selesai daftarkan ke loket, biasanya memakan waktu kurang lebih satu jam atau lebih.

3. Menerima nomor Virtual Account 

Setelah giliran kita dan petugas BPJS memeriksa persyaratan yang di bawa oleh kita setelah di setujui baru proses infut data oleh petugas BPJS, setelah selesai kita mendapatkan Nomor Virtual Account.
ingat,, apabila persyaratan kurang petugas tidak bisa memproses perdaftarannya maka perhatikan apakah persyaratannya sudah komplit atau belum 

4. Mendapatkan Kartu BPJS 

Langkah terakhir adalah menunggu selama 14 hari untuk bisa membayar iuran BPJS, Setelah 14 hari dan sudah membayar maka Pihak BPJS akan mengirim kartu BPJS melalui kantor POS dalam beberapa hari , atau bisa langsung menukarkan struk hasil pembayaran ke kantor BPJS supaya kita langsung mendapatkan Kartu BPJS.
Daftarkan segera Anda dan anggota keluarga menjadi anggota peserta BPJS jangan menunggu sakit, Mudah-mudahan Kartu BPJS nya tidak terpakai berarti anda dan keluarga Sehat selalu, Aminnn.

Itulah Panduan Lengkap cara Daftar BPJS, Jika ada yang kurang jelas Boleh di tanyakan, Smoga bermanfaat







Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar