Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pompa Vakum Laboratorium, Prinsip Kerja, Fungsi dan Harganya

Pompa Vakum Laboratorium, Prinsip Kerja, Fungsi dan Harganya
Pompa Vakum Laboratorium - Dokumen Pribadi BloggerBlitar

Selamat pagi bapak, kali ini artikel rekomendasi produk bisnis untuk bapak adalah Pompa Vakum Laboratorium. Kebetulan saya juga menggunakannya di Laboratorium tempat saya bekerja. Pompa vakum ini saya gunakan untuk menganalisa kandungan Impurities dari produksi CPO.

Sebagai informasi, saya bekerja di Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit dimana untuk pengecekan kualitas produksi harus melalui Laboratorium. Analisa menganalisa semua sample menggunakan alat-alat standar Laboratorium dan salah satunya adalah Pompa Vakum.

Prinsip Kerja Pompa

Pada dasarnya pompa bekerja dengan prinsip vakum, sehingga ada beda tekanan pada inlet dan outlet yang mengakibatkan fluida yang berada dalam pipa akan mendapat tekanan dari efek vakum tersebut. Perpindahan fluida bisa dari Horizontal ke Vertikal ataupun sebaliknya.

Sudu-sudu pompa yang digerakan oleh motor elektri berputar dan menghasilkan energi tekanan untuk mengaliran fluida tersebut. 

Dan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembelian pompa merujuk ke prinsip kerja pompa adalah :

  1. Kapasitas/debit (Q) satuannya yang biasa dipakai adalah m3/s
  2. Putaran/RPM (Rotation per Minutes) yang dimaksud adalah putaran sudu-sudu yang diputar oleh Elmo
  3. Torsi bisa diartikan adalah kekuatan atau gaya dengan satuan Newton
  4. Daya adalah power yang dihasilkan oleh motor elektrik dan kekuatan atau debit dari fluida tersebut
  5. Effisiensi merupakan perbandingan daya antara ELMO dan Debit Fluida

Hal-hal diatas dapat bapak dapatkan dengan mudah di katalog dari supplier bapak, sehingga bapak dengan mudah dapat memilih jenis atau spek yang diinginkan dari kondisi lapangan bapak.

Fungsi Pompa

Fungsi Pompa Vakum Laboratorium sendiri sudah dijelaskan diawal paragraf ya, salah satu tujuannya adalah mendapatkan hasil Impurities dari produksi minyak CPO tadi. Pompa vakum tersebut berfungsi untuk memisahkan antara kondisi padatan dengan cairan melalui kevakuman pompa. Hal inilah yang akan memisahkan antara Impurities dan cairan.

Alat yang biasa kami gunakan dalam pemakaian pompa vakum laboratorium ini adalah labu ukur, kertas saring, dan neraca timbangan untuk menimbang hasil impurities tersebut. Maka dari itu jika di tempat kerja bapak ada suatu laboratorium maka silahkan bapak untuk membeli pompa tersebut ya.

Harga Pompa Vakum Laboratorium

Baik bapak saya akan merekomendasikan 3 produk saja seperti biasa, agar bapak tidak terlalu galau haru memilih produk yang mana. Produk tersebut adalah sebagai berikut :

1. Krisbow 1/3 HP

Pompa vakum laboratorium yang pertama saya rekomendasikan adalah merk Krisbow dan pompa inilah yang dipakai di laboratorium tempat saya bekerja. Saya sendiri sudah menggunakan pompa vakum merk Krisbow ini sudah hampir 6 tahun lamanya, jadi soal keawetan tentu sudah tidak usah ditanyakan lagi yah.

Pompa vakum laboratorium merk Kriwbow ini dibanderol dengan harga Rp4.728.000 yang terpantau di Market Place shopee. Kalau bapak mau mengikuti apa yang saya pakai disini silahkan untuk membelinya ya bapak. Nanti tolong feedback kesaya pak ya hasilnya dari membeli pompa ini.

2. Joanlab Mini DC 12V

Joanlab sendiri merupakan perusahaan yang menyediakan peralatan laboratorium yang canggih dan terlihat pada produknya yang saya rekomendasikan ini. Joanlab mini DC 12V ini merupakan salah satu pompa vakum laboratorium portable sehingga bapak dengan mudah menganalisa sample dimanapun saja tanpa memerlukan arus listrik.

Dibanderol dengan harga yang lebih murah dari Krisbow dan dengan kemampuan yang flexiblenya membuat saya juga ingin membeli alat ini jika dibutuhkan dilapangan. Harga yang terpampang di Lazada adalah Rp3.109.000. Monggo bapak jika ingin membelinya.

Namun perlu bapak ketahui, untuk aliran flow ratenya hanya 10-15L per menit, jauh dengan produk yang sedang saya gunakan memang.

3. ROCKER 410

Yang terakhir adalah merk Rocker 410 dengan harga yang sedikit mahal yakni Rp6.500.000 di Tokpedia, maka bapak harus berfikir ulang karena secara spesifikasi tidak jauh beda dengan Joanlab Mini DC 12V.

Jadi begitu bapak 3 pompa vakum laboratorium yang bisa saya sampaikan untuk saat ini, dan keputusan ada ditangan bapak untuk mengeksekusi pompa merk yang mana.

Berikut ini pompa yang saya gunakan di Laboratorium saya Merk Krisbow 1/3 HP.

Mungkin bapak bisa mempertimbangkan untuk memilih produk tersebut.

Pompa Vakum Laboratorium Merk Krisbow 1/3HP
Dokumen pribadi BloggerBlitar

Terimakasih telah membaca artikel produk rekomendasi saya, silahkan untuk share ke berbagai kalangan team bapak agar dapat memutuskan mana yang harus dibeli. Semoga sehat selalu dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Pompa Vakum Laboratorium, Prinsip Kerja, Fungsi dan Harganya"