Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Papan Tulis Kapur dan Spidol untuk Keperluan Ruang Meeting Bapak

Papan Tulis Kapur dan Spidol untuk Keperluan Ruang Meeting Bapak
Image by José Augusto Camargo from Pixabay

Ruang meeting tidak akan lengkap tanpa hadirnya Blackboard ataupun Whitebord. Beberapa fungsi dari alat perkantoran ini adalah untuk menerangkan suatu plan pekerjaan pada saat meeting berlangsung. Pada artikel kali ini, selain merekomendasikan produk dan harga kita juga akan mengulas sejarahnya.

Papan tulis kapur dan spidol

Sebenarnya ada istilah sendiri dalam bahasa inggris menyebut papan tulis kapur yaitu chalkboard. Menurut buku berjudul Blackboard: A Personal History of the Classroom, papan yang besar untuk guru menunjukkan materi pelajaran belum ada sampai awal tahun 1800-an. Entah mulai kapan ditemukan, akan tetapi sekitar tahun 1815, papan yang digunakan guru di depan kelas baru disebut blackboard,  biasanya menggunakan papan yang dicat warna hitam.

Di tahun 1930, pembuat papan tulis mulai membuat papan tulis dengan cat porselen berenamel dasar baja yang berwarna hijau. Namun baru pada 1960, papan tulis kapur berwarna hijau semakin populer. Menurut para guru, papan tulis ini lebih nyaman dipandang oleh para murid. Mungkin karena berwarna hijau sehingga tidak melelahkan ketika mata terus menerus memandang papan.

Sekitar tahun 1990 an baru mulai digunakan papan tulis spidol.  Alasannya karena lebih tidak berdebu dibandingkan kapur dan mengurangi suara gesekan kapur yang menganggu. Kapur tulis yang digunakan sewaktu menulis di papan tulis umumnya berwarna putih, dengan variasi berbagai macam warna.  Walaupun produsen kapur tulis sudah menyatakan produknya bebas debu, sebagian orang tetap saja tidak suka dengan papan tulis. Pada sebagian orang, debu kapur tulis bisa menyebabkan alergi atau membuat sakit penderita asma. 

Di jaman digital sekarang malah mungkin penggunaan papan tulis sudah mulai tergantikan oleh proyektor. Materi dalam kelas atau perkuliahan sudah berupa data komputer atau digital sehingga ketika ditampilkan harus menggunakan proyektor digital.  Namun sebenarnya papan tulis tetap dibutuhkan dalam kegiatan belajar di kelas ketika guru menjelaskan sesuatu yang membutuhkan coretan-coretan misalnya mengerjakan rumus matematika atau menggambar secara manual.  

Jenis papan tulis

Secara garis besar,  papan tulis sekarang dibedakan menjadi 2 jenis.  Yaitu papan tulis kapur serta papan tulis spidol.  Sedangkan dari segi ukuran ada beberapa jenis menurut kebutuhan pengguna.  Ukuran besar dengan panjang sekitar 240 centimeter dan lebar 120 centimeter.  Ukuran sedang sekitar 100 centimeter dengan lebar 50 centimeter.  Sedangkan papan tulis kecil lebih bervariasi lagi,  sesuai kebutuhan.  

Inovasi terbaru bahkan papan tulis sekarang sudah dilengkapi dengan magnet sehingga objek metal bisa menempel dengan mudah di papan tulis.  Sedangkan mengenai harga,  jenis papan tulis kapur jika melihat di toko online dimulai dari harga lima belas ribuan untuk papan tulis kecil sampai dengan harga dua ratus ribuan untuk papan tulis besar

Produk Papan Tulis Rekomendasi

Akhirnya sampai juga di bagian rekomendasi ya bapak, baiklah akan kami pilihkan beberapa produk yang juga kami pakai ya agar bapak benar-benar percaya dengan apa yang saya tulis disini. Sebelum memulainya, silahkan share dulu artikel ini ya bapak.

1. Blackboard Spidol Sakana

Produk ini mirip yang kami gunakan untuk ruangan meeting tempat saya bekerja. Namun lain merk sih ya bapak. Produk Blackboar spidol yang menggunakan kaki ini dengan mudah dapat kita pindah-pindah sehingga suasana meeting menjadi semakin semangat.

Blackboard spidol sakan dengan ukuran 60x90 cm ini cukup terjangkau untuk budget perkantoran. Dijual hanya dengan harga Rp1.332.880 di tokopedia, anda sudah mendapatkan kualitas barang yang bagus untuk meeting. Dan jangan lupa beli spidolnya ya bapak.

2. Blackboard Hanako

Saya menulis ini kok sambil merinding yah, namanya hampir sama semua dan nanti kalau peleset kata-katanya malah jadi Sadako. Hehe...

Blackboard Spidol Hanako

Dengan spesifikasi yang lebih besar ukuran 120 x 240 dibingkai dengan list alumunium namun dengan harga yang sangat terjangkau. Hanya dengan Rp1.669.500 bapak sudah mempunyai blackboard besar dengan harga yang terjangkau.

Saya baca-baca di websitenya hanako, harga produk ini cukup murah dan terjangkau dan melayani keseluruh Indonesia tentunya.

Kedua produk ini menurut saya sangat penting untuk di kantor anda. Hal pertama yang akan dibahas diruang meeting akan diterangkan dalam flow atau oret-oretan. Dengan memilih salah satu produk diatas insya Allah tidak mengganggu kelancaran meeting bapak.

Silahkan dipilih ya bapak. 

Posting Komentar untuk "Papan Tulis Kapur dan Spidol untuk Keperluan Ruang Meeting Bapak"