Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

I'am Hopeless with Google Adsense

Google Adsense adalah salah satu alat untuk memonetise blog yang sangat diminati oleh blogger di Indonesia. Dan saya sendiripun menggunakannya sejak September 2019 pertama kali di approved oleh team staf Google Adsense.

Basic saya yang bukan sebagai penulis blog harus saya maksimalkan untuk menulis dengan susunan kata-kata yang enak untuk dibaca oleh pembaca blog jika mereka menemukan blog saya ini. Hal ini sangat berat sekali karena saya sendiri mempunyai pekerjaan yang berat di dunia nyata.

Tapi, ternyata saya menikmati menulis sebuah artikel di Blog dan alhamdulillah ide selalu mengalir dengan lancarnya. Satu bulan bisa saja saya menulis artikel sebanyak 20 artikel rata-ratanya adalah pencapaian yang luar biasa.

I'am Hopeless with Google Adsense
Image by Gerd Altmann from Pixabay

Namun setelah melalui waktu yang cukup lama mungkin hampir 2 tahun lamanya, saya belum mendapatkan apa-apa dari Google Adsense. Apakah pekerjaan saya untuk mengelola blog ini bisa dikatakan sia-sia?

Saya belum bisa menjawab itu adalah benar, karena saya sendiri hanya menyisihkan waktu saya sebesar 20-30% saja untuk mengelola ke-tiga blog saya yang sudah diapproved oleh Google Adsense.

Lantas apakah saya menyerah?

Manusia secara naluri mempunyai keterbatasan dan ketidakmampuan, terkadang saya sendiri tidak menulis blog hampir satu bulan full. Mood yang tidak ada membuat saya malas untuk menuang ide pikiran kedalam bentuk sebuah artikel. Itu yang membuat saya belum membuahkan hasil dari Google Adsense.

Ilmu minimal

Yang kedua adalah keterbatasan pengetahuan saya tentang Google Adsense. Hal ini membuat saya bekerja tidak menggunakan strategi atau cara yang baik. Sehingga dampak yang terjadi adalah visitor ke Blog saya turun drastis dan hasilnya tidak mendapatkan penghasilan rupiah dari Adsense.

Tidak Riset Keyword

Trafik yang baik adalah bersumber dari hasil pencarian mesin pencari Google, BING misalnya. Sampai dengan saat ini saya menulis artikel jika ada ide dan kemudian dituangkan. Saya tidak mengetahui keyword apa yang harus saya bidik agar menghasilkan visitor yang banyak dari mesin pencari tersebut.

Ini adalah salah satu kelemahan saya yang menyebabkan saya belum pernah mendapatkan penghasilan dari Google Adsense. Trafik rata-rata blog ini jika dilihat dari Google Analytics memang masih sangat memprihatinkan.

Tidak Memakai Tool Premium

Banyak berbagai alat untuk menunjang blog kita ini mendapatkan ribuan bahkan ratusan ribu pengunjung harian. Salah satunya adalah menggunakan tool premium yang banyak ditawarkan oleh sales-sales SEO.

Sebagai contoh saya pernah menggunakan Tool MOZ dari salah satu rekan Blogger Indonesia. Dari tool tersebut memang kita bisa menganalisa kompetitor dan keyword unggulan yang mendatangkan trafik ke blognya. Sehingga kita bisa melawannya dengan kemampuan yang kita miliki.

Dari Tool MOZ tersebut juga, kita bisa membuat artikel sesuai kemampuan blog kita. Tool yang memang sangat dibutuhkan oleh para Blogger jika ingin bisa menjadi pemenang di Search Engine.

Tidak Mempunyai Self Branding

Salah satu hal yang salah dalam memulai blog, yakni kita tidak mempunyai branding dalam pemilihan nama blog kita sendiri. Dari ketiga blog yang approved Google Adsense semuanya memiliki nama general sehingga saya akan kesusahan membuat brand yang bisa dikenal oleh orang dan orang-orang selalu ingin kembali lagi mengunjungi blog saya ini.

Kebanyakan yang saya amati, beberapa blogger yang bisa sukses meraup keuntungan dari Google Adsense ini memiliki branding yang bagus yang tentu bisa memaksimalkan pengunjung dan tentu terconvert ke penghasilan Adsense.

Content is King

Mungkin ini adalah beberapa kelemahan saya yang terakhir, yakni saya belum bisa memaksimalkan kemampuan saya untuk menghasilkan tulisan yang luar biasa yang dapat memikat pembaca untuk membagikan tulisan saya ini ke orang lain.

Salah satunya tentu adalah Ilmu Pengetahuan yang minim sehingga saya membuat tulisan yang terlalu sederhana dan tidak bisa membuat si pembaca merasa puas akan tulisan yang saya tuangkan di blog BloggerBlitar ini.

Kesimpulan

Saya akan tetap memperbaiki tulisan saya di blog ini, dan saya juga mempunyai plan ketika saya sudah pensiun dari pekerjaan offline saya, akan saya garap dengan serius cara meraup rupiah dari Google Adsense menggunakan blog.

Mungkin saya belum bisa menggunakan Youtube karena tidak pede jika tampil didalam video dan ditonton oleh banyak orang.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga anda yang sedang merintis Google Adsense tetap semangat dan tetap belajar sampai waktu menghentikanmu.

Posting Komentar untuk "I'am Hopeless with Google Adsense"