Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Promosi Aplikasi Android Penunjang Bisnis Anda

Sebagai Developer aplikasi mobile Smartphone, anda sering kali bekerja sampai pagi hari untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang powerfull dan tanpa ada bug. Namun, hal yang ada lupa yakni untuk mengetahui Cara Promosi Aplikasi Android yang sudah anda bikin sampai pagi hari.

Anda terlalu sibuk memikirkan logika pemrograman untuk menghasilkan sebuah kode yang bisa bekerja sangat effisien. Budget anda tidak mencukupi untuk membayar orang yang bekerja untuk anda untuk membantu mempromosikan aplikasi android anda tersebut.

Cara Promosi Aplikasi Android Penunjang Bisnis Anda
Image by 3D Animation Production Company from Pixabay

Jangan khawatir, anda hanya perlu melakukan research selama seminggu untuk menemukan jalan terbaik membuat aplikasi android anda bisa dikenal oleh banyak orang dan didownload ribuan bahkan jutaan orang.

Promosikan Aplikasi di Google ADS

Sudah tidak diragukan lagi Google adalah salah satu raksasa Internet yang belum bisa disaingi, mungkin ada saingannya namun kita sudah terlanjur familiar menggunakan Google.

Disini anda akan membeli credit yang sudah disediaka oleh Google untuk mempromosikan aplikasi android keseluruh jaringan Google. Iklan anda akan dipasang di Google Playstore, Google Adsense yang biasanya diikuti oleh para Blogger Indonesia, dan di penelusuran hasil pencarian Google Web.

Anda harus bisa mencari keyword dengan harga yang sesuai dengan budget anda sehingga iklan yang tampil tidak membuat budget anda habis sia-sia. Google menawarkan biaya per klik untuk pengiklan yang mengiklankan aplikasi androidnya di Google Ads.

Promosi Aplikasi Android di Facebook ADS

Selain Google, raksasa Jejaring sosial ini merupakan terbesar yang ada pada saat ini terlebih setelah mengakuisisi Instagram dan WhatsApp membuat Facebook Inc menjadi tidak terkalahkan didunia Sosmed.

Anda wajib melirik potensial pengguna aplikasi Facebook untuk meraup keuntungan dari aplikasi android yang sudah anda buat sebelumnya.

Yang saya suka menggunakan Facebook Ads adalah kita bisa menentukan daerah mana yang terdekat dengan kita dan parimeter atau jangkauan iklan anda akan ditampilkan oleh Facebook. Fitur-fitur ataup opsi yang ditawarkan facebook sangat user-friendly mudah untuk difahami dibandingkan Google Ads kalau menurut saya.

Budget terendah untuk beriklan di Facebook Ads adalah Rp.100.000,- anda sudah bisa mempromosikan aplikasi android anda ke user Facebook sesuai target anda. Dan yang lebih menyenangkannya iklan anda ini bisa cross-platform dengan Instagram karena masih satu indukan dengan Facebook. Jadi sekali beriklan anda bisa menggaet dua user platform ini. Enak bukan?

Lomba Review Aplikasi

Sejak ramai Google Adsense di Indonesia, banyak pelajar-pelajar yang mulai melakukan aktifitas menulis menggunakan platform Blogger ataupun WordPress. Dengan demikian ini adalah salah satu peluang anda dalam mempromosikan aplikasi android.

Salah satunya adalah Lomba Review Aplikasi berhadiah sesuai kemampuan budget anda. Dengan para blogger menulis review di blognya masing-masing, keuntungan yang anda dapatkan banyak sekali salah satunya adalah anda mendapatkan backlink ribuan bahkan mungkin jutaan ke aplikasi android anda ataupun official website anda.

Tentu dengan backlink dofollow ke situs anda akan meningkatkan kualitas website anda dimana semakin banyak orang yang mengenali aplikasi android bikinan anda tersebut. Dengan begitu siap-siap anda panen dollar dari hasil unduhan di Google Playstore.

Bekerjasama dengan Influencer

Yang terakhir adalah bekerjasama dengan influencer untuk Promosi Aplikasi Android anda, ini tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun perlu anda pelajari dengan menyewa influencer dengan budget yang anda miliki sehingga tidak terlalu memberatkan tabungan.

Saya sendiri belum mencobanya, namun dengan maraknya artis sosial media saya yakin sekali cara ini bakalan sangat efektif dalam promosi aplikasi android anda untuk bisa diunduh oleh banyak user. Karena terlihat artis sosial media mempunyai cricle sendiri yang membuat mereka ini sangat diidolakan dan dielukan oleh penggemarnya.

Sebaiknya cara yang terakhir ini anda gunakan ketika penghasilan anda sudah bisa untuk bertahan selama bulanan dan terus - menerus. Jangan terlalu over excpetasi sehingga anda akan merasakan kesedihan yang luar biasa nantinya.

Kesimpulan

Anda memerlukan team untuk mengembangkan aplikasi android anda, sehinggga fokus coding adalah job anda sedangkan marketing mungkin bisa teman kos ataupun adik anda. Jika kita mengerjakan pekerjaan semuanya sendiri, bisa saja anda mampu menjalankannya namun dengan hasil yang tidak maksimal. Segeralah cari partner yang bisa diajak kerjasama untuk menuju tangga kesuksesan. Semangat Pagi!!!

Posting Komentar untuk "Cara Promosi Aplikasi Android Penunjang Bisnis Anda"