Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Debu-debu merusak computer dengan cepat

Seperti halnya merawat taman, hewan peliharaan, atau hal-hal yang membutuhkan perawatan yang dilakukan oleh manusia lainnya. Dengan perawatan yang dilakukan tersebut itu, tentu akan membuat sesuatu barang atau hewan peliharaan menjadi indah dan cantik. Nah, begitu juga dengan unit elektrikal seperti computer dan leptop ini juga harus membutuhkan perawatan.

Computer atau leptop baik itu digunakan secara terus-menerus atau tidak, akan menimbulkan debu didalamnya. Debu-debu tersebut lama-kelamaan semakin menumpuk dan kemudian akan merusak unit computer atau leptop anda tersebut itu.

debu merusak komputer dengan cepat
PCB komputer by PIXABAY

Debu-debu bisa menyebabkan computer atau leptop anda rusak, dikarenakan membuat suhu atau temperature menjadi semakin meningkat, terlebih jika anda sering menggunakan software berat seperti Adobe Premiere Pro misalnya.

Maka dari itu melakukan perawatan secara berkala adalah solusinya ya gaes.

Hal yang sangat serius Ketika anda melakukan perawatan pada computer atau leptop anda yakni dengan cara membersihkan kipasnya. Hal pertama ini akan membantu kinerja CPU menjadi lebih baik lagi. Debu-debu yang menempel pada kipas itulah yang membuat kipas berputar sangat berat, sehingga angin yang dikeluarkan sangat sedikit.

Angin yang dihembuskan kipas yang bersih akan membuat komponen-komponen didalam computer atau leptop menjadi maksimal kerjanya. Dengan temperature yang rendah, maka tidak akan terjadi proses overheating, dimana windows 10 akan dengan sendirinya restart atau bisa jadi bluescreen. Hal inilah yang membuat komponen elektrik cepat rusak.

Jika computer atau leptop anda ingin tetap bersih dari debu, mungkin hal yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Jangan merokok

Aktifitas merokok akan merugikan anda selain dari Kesehatan dan keuangan, juga penyebab masuknya abu rokok kedalam kipas-kipas computer atau leptop. Semakin hari tentu akan semakin banyak debu yang menempelnya, dan inilah biyang penyakit yang akan timbul dikemudian hari nantinya.

2. Ruangan tertutup

Tidak menjamin juga sebetulnya Ketika ruangan anda sudah tertutup, peluang timbulnya debu atau kotoran masih bisa saja terjadi. Namun hal ini tidak akan berpotensi cepat kotor dibandingkan jika menggunakan computer atau leptop ditempat yang terbuka.

3. Ruangan ber AC

Ruangan dingin bisa membantu menjaga temperature computer atau leptop anda, yang tentu akan meminimalkan kerusakan yang bisa terjadi kapan saja. Tapi tentu tidak semua orang bisa menggunakan ruangan yang ber AC.

Jika anda tidak dapat melakukannya dengan sendiri, anda bisa datang ke toko servis computer, sehingga anda tidak perlu repot untuk membongkar computer atau leptop anda dan tidak perlu kotor-kotoran tangan anda tersebut.

Namun, akan lebih baik jika anda melakukannya sendiri sehingga lebih mempunyai sense untuk menjaganya agar tidak cepat rusak.

Mungkin segini dulu yang bisa saya share kepada para pembaca sekalian, semoga anda bisa merasakan feel dalam membaca pengalaman dalam membersihkan debu yang membuat computer atau leptop kita ini cepat rusak. Semoga teman-teman semua bisa menjalankannya.


Posting Komentar untuk "Debu-debu merusak computer dengan cepat"