Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Produk Windows Sebelum Windows 7 yang saya kenal

Microsoft memulai perjalanan yang panjang hingga akhirnya sekarang sukses dengan Windows 10 yang sangat elegan dan effisiensi ini. Saya sendiri pernah menggunakan beberapa produk Microsoft sebelum Windows 7 antara lain seperti Windows 98, Windows XP, dan Windows Vista. Pada zamannya tentu OS ini merupakan yang paling canggih karena dari situ mulai bermunculan OS yang lainnya.

3 produk windows sebelum windows 7
Image by Gerd Altmann from Pixabay

Saya sendiri pertama kali menggunakan komputer pada tahun 1998 karena disuruh orang tua untuk mengikuti les komputer di kampung saya. Jadi pada waktu itu yang saya gunakan adalah OS Windows 98 dengan keyboard komputer yang besar-besar dan jika ditekan bunyi cetok-cetok. Hehehe...

Windows 98

Melihat namanya tentu Windows ini lahir pada tahun 1998, dimana waktu itu Indonesia sedang krisis Reformasi dimana mahasiswa pada turun ke jalanan. Windows ini lahir tentu untuk memperbaiki sistem sebelumnya yakni Windows 95. Perbaikan windows ini cukup banyak dan bisa dibilang update major pada sistem windowsnya.

Terbukti lahirnya Windows 98 ini mampu berjalan di komputer yang mempunyai spesifikasi yang lebih rendah. Namun menurut para ahli komputer, windows 98 ini kurang stabil performanya ketika para developer software mengembangkan drivernya pasti selalu menemukan bugs pada sistemnya. Sehingga mengharuskan Microsoft untuk mengeluarkan efforts yang besar untuk menambal bugs untuk mencapai sistem yang sempurna.

Design struktur Windows 98 yang memang ramah pada spek yang lebih tua seperti komputer yang dirakit pada tahun 80-an dan 90-an masih bisa menjalankan operating system ini dengan lancar. Dengan keunggulannya ini Window 98 juga mempunyai banyak kelemahan di Hardware, seperti tidak berjalan sempurna ketika RAM yang digunakan melebihi kapasitas dari 512MB.

Software applikasi bawaan Windows 98 ini yang sangat bermanfaat adalah seperti applikasi yang bisa menyecan disk, disk defragmentation, scanreg, dan msconfig. Semua applikasi ini dapat membantu komputer menjadi lebih effisiensi dan awet karena merawat dari serangan virus pada saat itu.

Namun akhirnya Windows 98 akan digantikan penerusnya yakni Windows 2000 yang lebih bisa meningkatkan funsionalitas, dan tentu perkembangan teknologi lainnya.

Windows XP

Windows XP lahir pada tahun 2001, namun kali ini Microsoft tidak menamakan Operating Systemnya dengan identik tahun lahirnya. Nama XP sendiri mempunyai filosofi dimana sistem operasi ini bisa dijalankan sebagai seorang pebisnis ataupun pengguna biasa. Sehingga lahirlah Windows XP Professional, dan Windows XP Home.

Saya sendiri lumayan lama menggunakan Windows XP untuk belajar komputer dan mengerjakan tugas-tugas kuliah, dan bahkan Windows XP Professional ini menemani saya hingga akhirnya lulus kuliah pada tahun 2007 yang lalu.

Windows XP ini menyajikan design antarmuka (GUI) yang lebih ramah pengguna dari pada windows versi sebelumnya. Dan tentu lebih bekerja sangat effisiensi dalam menyelesaikan semua task yang pengguna kerjakan. Windows XP sendiri adalah produk Microsoft yang pertama kali menggunakan aktifasi dalam proses installasinya. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan pembajakan software yang marak didunia Internet.

Microsoft Windows XP Professional merupakan Operating System yang paling dikenal oleh manusia pada saat itu, mungkin sampai saat inipun masih ada komputer yang menjalankan sistem operasi Windows XP. Kemudahan dalam menjalankannya yang membuat orang berfikir lebih baik menggunakan Windows XP.

Windows Vista

Masih pada zaman Windows XP, lahirlah Windows Vista yang menurut saya pada saat menginstall Vista ini kita benar-benar dimanjakan dengan grafis yang modern dan penuh dengan seni yang tinggi. Saya pertama kali menginstall Vista tahun 2005 kalau tidak salah, disitu komputer saya kurang memenuhi kriteria karena terasa berat.

Windows Vista memang terkenal berat, karena proses installasinya membutuhkan hardrive yang banyak sehingga bagi komputer yang memiliki hardisk sedikit tentu tidak akan menemukan pengalaman yang seru dalam menggunakan Vista. Didalam Windows Vista itu sendiri ada yang namanya Windows Aero yang membuat Vista semakin cantik dengan teknologi grafisnya.

Sepertinya Vista sendiri tidak bertahan lama, yang akhirnya Microsoft memutuskan untuk menghentikan developing dari Windows Vista ini.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang 3 Produk Windwos Sebelum Windws 7, semoga memberikan refresh atau memori yang hilang ketika pertama kali menggunakan sistem operasi ini. Namun saat ini saya menggunakan Leptop Acer yang terinstal dengan Windows 10 update juni.

Faizal Amri
Faizal Amri Saya belajar menulis untuk menuangkan kegelisahanku, pahit dan manis yang sedang dijalani saat ini. Editing video saat ini yang sedang saya pelajari.

Post a Comment for "3 Produk Windows Sebelum Windows 7 yang saya kenal"

Berlangganan via Email