Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hati-hati Berita Hoax dari Group WhatsApp

WhatsApp merupakan platform messaging yang paling populer diseluruh dunia yang berhasil menenggelamkan BlackBerry. Dengan terintegrasi melalui Facebook Messenger, menjadikan WhatsApp menjadi salah satu applikasi yang paling poppuler di Google Playstore maupun AppStore.

Bahkan berbagai MOD dari applikasi WhatsApp ini ramai sekali diperbincangkan seperti GBWhatsApp dan Fouad WhatsApp. Bahkan di blog kami ini, kedua artikel tersebut menyumbangkan ribuan view tiap bulannya, yang menandakan banyak sekali user yang senang dengan applikasi MOD tersebut.

Hati-hati Berita Hoax dari Group WhatsApp
Image by memyselfaneye from Pixabay

Namun dari perkembangan teknologi tersebut, mengharuskan kita bisa memfilter pesan-pesan Group WhatsApp yang memang berisikan ujaran kebencian ataupun berita palsu atau HOAX. Terlebih buat orang tua kita yang notabene tidak terlalu melek akan kecanggihan smartphone yang ada digenggamannya. 

Pesan-pesan berantai tersebut tentu bisa merugikan diri kita sendiri, terlebih di Indonesia ada undang-undang yang mengatur tentang kejahatan di dunia maya. Sebagai contoh sudah banyak yang masuk kedalam hotel prodeo hanya dari kesalahan dalam mencerna informasi yang tershare dari Group WhatsApp tersebut.

WhatsApp sendiri selalu mengupdate systemnya dengan mencegah orang untuk mengshare pesan sebanyak lebih dari 5 group atau user lainnya. Tentu tujuannya adalah agar user tersebut bisa membaca lebih dalam lagi pesan yang akan disharenya.

Namun, yang dikhawatirkan adalah orang dengan literasi yang rendah dan hanya membaca tajuk dari pesan tersebut kemudian tersulut emosi lantas dengan secepat kilat mengirimkannya ke group-group WhatsApp yang tentu akan membuat suatu kerugian.

Hal-hal yang baru terjadi saat ini antara lain demo yang kemarin akhirnya ricuh dan rusuh hanya karena beberapa sumber informasi yang tidak bisa dipastikan kevalidan isi beritanya. Yang rugi adalah kita semua, karena akan berdampak pada kelangsungan ekonomi dan beberapa bangunan yang rusak dan harus diperbaiki kembali.

Maka dari itu, pesan dari orang bijak adalah baca dengan seksama apa yang tertulis dalam pesan singkat WhatsApp kemudian renungkan baik-baik. Baca sampai selesai apa yang tertuliskan disitu, jika itu baik untuk orang lain barulah kemudian dishare.


Faizal Amri
Faizal Amri Saya belajar menulis untuk menuangkan kegelisahanku, pahit dan manis yang sedang dijalani saat ini. Editing video saat ini yang sedang saya pelajari.

Post a Comment for "Hati-hati Berita Hoax dari Group WhatsApp"

Berlangganan via Email