Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat Leptop ACER Aspire E1-451G menjalankan Windows 10 dengan Lancar

Leptop ACER Aspire E1-451G yang saya beli pada tahun 2013 akhir sepertinya masih bisa diadu dengan leptop keluaran model sekarang. Meskipun E1-451G ini mempunyai body bongsor, yang bisa jadi awal keluar leptop ini memang didesign untuk gamer, sehingga bentuknya bongsor.

Saya sendiri membeli Leptop Acer Aspire E1-451G di situs online Bhinneka.com pada waktu itu kurang lebih seharga Rp6jutaan saja. Meskipun saya buka seorang gammer namun berkat rekomendasi seorang kawan yang memah ahli Teknologi ini maka saya pun tidak ragu-ragu untuk mengambil Acer E1-451G ini.

Leptop ACER Aspire E1-451G
Image by Karolina Grabowska from Pixabay

Sekarang leptop ini ditangan saya sudah memasuki 6 tahun lebih, dan memang mulai kerasa kendalanya beberapa bulan yang lalu, misalkan seperti booting awal windows yang sangat lama, dan membuka applikasi lainnya yang begitu berat. Pada saat itu saya masih memakai System Operasi Windows 7, yang memang per 14 Januari 2020 lalu sudah tidak dilanjutkan kembali pengembangannya. Maka dari itu saya beralih ke Windows 10 yang menurut review lebih ringan dan cepat.

Beralih ke Windows 10


Setelah kurang lebih satu mingguan intens menonton Youtube tentang review Windows 10 ini, akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke service komputer untuk meminta menginstallkan Windows 10 pertama kalinya di leptop ACER E1-451G punya saya ini.

Hasilnya adalah kondisi leptop saya sering overheat, dan setiap pemakaian sekitar 10 - 15 menit leptop selalu shutdown dengan sendirinya. Saya pun belum bisa mengidentifikasi permasalahan ini karena tukang service komputernya pun tidak bisa memberikan jawaban.

Akhirnya saya memutuskan untuk menginstall Windows 7 kembali karena pada saat itu memang sedang banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dan saya hanya mempunyai satu leptop ini saja.

Diwaktu senggang saya, berusah mencari informasi dimana letak kesalahan Windows 10 tersebut yang selalu overheating dan leptop shutdown dengan sendirinya. Saya membuka group Facebook, dan kaskus untuk mencari perhal ini dan alkhamdulillah ketemulah solusinya.

Ternyata Windows 10 yang saya install crash dengan software VGA Acer E1-451G yang tentu sudah out-off-date.

Tune up Acer E1-451G


Setelah mendapatkan saran dari beberapa member di Facebook dan kaskus, akhirnya langkah pertama yang saya ambil yakni menambahkan kapasitas RAM saya sebesar 4Gb DDR3. Jadi total RAM yang terbaca di Acer E1-451G ini menjadi 8Gb DDR3.

Kemudian saya juga tidak lupa mengganti pasta yang ada di prosesor dengan tujuan agar ketika leptop ini bekerja pasta tersebut bisa mendinginkannya. Sedikit saran, penggantian pasta ada baiknya setiap 6 bulan sekali agar kondisi leptop tetap terjaga performancenya. Dan juga jangan lupa untuk membersihkan debu-debu yang ada didalam leptop tersebut.

Kemudia saya beralih ke tahap installasi Windows 10, saat ini saya memakai Windows 10 update Juni 2020 dengan build system 2004. Installasi selesai langsung saya lanjutkan dengan menginstall driver VGA yang direkomendasikan oleh teman-teman di Facebook dan Kaskus ini. Saya menginstal AMD Radeon Graphics versi 15.201.1151.1008. Saya jamin versi ini sangat kompatible dengan Windows 10.

Tidak lupa saya menginstall software edit video yang terkenal sangat berat yakni Adobe Premiere Pro 2019 ternyata bisa dioperasikan dengan sangat lancar. Saya merender video dengan durasi 1 menitan dengan banyak transisi dan effect ternyata tidak ada overheat atau shutdown pada leptop Aspire ACER E1-451G milik saya ini. Dan semuanya berjalan dengan lancar.

Semoga kamu yang mempunyai leptop ACER Aspire E1-451G sama seperti saya ini bisa terbantu dengan pengalaman yang saya lakukan ini. Meskipun leptop ini sudah berumur namun konversi energinya masih bisa diandalkan dalam editign video maupun pekerjaan excel kantor harian.

Gallery Leptop ACER Aspire E1-451G


Berikut adalah foto-foto saat leptop saya dibedah untuk diperbaiki dan dibersihkan dari sarang semut juga yang merasa nyaman berada didalam leptop saya ini. Hahaha

Ganti Pasta

Spesifikasi Leptop ACER Aspire E1-451G

Bongkar Total dan dibersihkan debu-debunya

Update 1 RAM DDR3 4GB

Bongkar total Leptop Acer E1-451G







Faizal Amri
Faizal Amri Saya belajar menulis untuk menuangkan kegelisahanku, pahit dan manis yang sedang dijalani saat ini. Editing video saat ini yang sedang saya pelajari.

Post a Comment for "Cara membuat Leptop ACER Aspire E1-451G menjalankan Windows 10 dengan Lancar"

Berlangganan via Email