Widget HTML Atas

Cara mengatasi kecanduan game online


Kecanduan game online sama halnya penulis kecanduan makan mie ayam baik di restoran maupun dipinggir jalan. Kecanduan menurut ahli medis yakni suatu hal-hal yang dianggap nikmat oleh otak sehingga mengeluarkan hormon dopamin atau hormon kesenangan. Hormon dopamin inilah yang suskes membuat kamu rasa suka yang berlebihan seperti kecanduan game online ini.

Berbeda dengan kebiasaan. Kebiasaan lebih mudah distop karena hal itu dilakukan karena dasar terpaksa atau tuntutan misalkan seperti tuga dari atasan hehe...

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online

Jadi ketika kamu kecanduan akan sangat sulit untuk menghentikannya dan butuh waktu serta kesungguhan hati untuk benar-benar berhenti.

Apa itu kecanduan game?


Seseorang yang telah mengalami jatuh cinta pada permainan game online yang menurut pelaku itu bisa melupakan segala masalahnya. Bermain game online juga berawal dari pelampiasan yang tidak bisa terexpresikan sehingga jalan satu-satunya adalah bermain game.

Setelah merasa tenang, maka lambat laun pelaku akan mengalami ketenangan ketika sedang bermai game online. Dan dapat dipastikan orang tersebut akan kecanduan game.

Apa penyebab kecanduan game online?


Merasakan kepuasan batin yang membuat seseorang merasa tenang ketika sedang bermain game online. Merasa tidak kesepian meskipun berteman dengan pemain virtual lainnya. Namun perlu disadari juga, apakah seseorang tersebut adalah introvert dan pendiam sehingga sukar untuk bersosialisasi? Maka bermain game online lah jalan satu-satunya untuk melampiaskan kesepiannya didunia nyatanya.

Cara mengatasi kecanduan game online


1. Bersungguh-sungguh untuk berhenti


Seseorang yang sudah kecanduan game online harus mempunyai niat hati yang besar untuk berhenti segera bermain game. Niat tersebut harus didukung orang-orang disekitarnya terutama adalah kedua orang tua sebagai orang terdekatnya.

2. Melakukan aktivitas lainnya


Dampak positif bermain game itu sendiri salah satunya membuat seorang pemain ini fokus. Dengan begitu lakukan fokus tersebut untuk mengerjakan hal-hal lain yang lebih bermanfaat yang pada akhirnya akan melupakan game online tersebut.

3. Meditasi


Berdiam diri dirumah, atau berkunjung ke tempat yang sepi dan merenung, atau bisa juga beritikaf di masjid adalah salah satu jalan ninja untuk berhenti bermain game online yang sudah terlanjut kecanduan dalam memainkannya.

4. Mendekatkan diri ke sang Khalik


Langkah selanjutnya adalah dengan memperdekat hubungan dengan Allah atau Habluminallah. Solat lima waktu tepat waktu dan selalu ke masjid, menjalankan ibadah-ibadah sunahnya. Insya Allah jalan ini adalah jalan yang paling diridloi untuk keluar dari dunia gamer.

Peran Orang Tua


Yang tidak kalah pentingnya adalah peran orang tua kepada anaknya. Orang tua harus lebih peka akan masalah apa yang dihadapi oleh anaknya tersebut. Dengan kehadiran orang tua disisi gamer, dapat meredakan kegundahan yang dialami gamer. Masuk secara perlahan ke hati gamer, kemudian ubah pola bermain gamenya yang sebelumnya satu hari 10 jam, perlahan dirubah menjadi 8 jam, dan seterusnya sampai nol jam. Semoga sukses yah.

Faizal Amri
Faizal Amri Saya belajar menulis untuk menuangkan kegelisahanku, pahit dan manis yang sedang dijalani saat ini. Editing video saat ini yang sedang saya pelajari.

Post a Comment for "Cara mengatasi kecanduan game online"

Berlangganan via Email