Widget HTML Atas

5 Dampak Positif Game Online bagi Perkembangan Anak

Bermain game merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Game membuat beberapa anak-anak mengalami ketergantungan sehingga orang tua akan sangat kesusahan untuk mengontrol perilakunya ketika mulai menunjukan tantrumnya. Namun, juga ada dampak positif game online bagi perkembangan anak itu sendiri.

Beberapa contohnya seperti game catur online bisa mengasah kemampuan pola pikir anak dalam mengambil keputusan sebelum melangkah. Alangkah baiknya juga jika orang tua ikut mendampingi aktivitas anak dalam bermain game ini.

Dampak Positif Game Online

Berikut ini akan dibahas 5 dampak positif game online bagi perkembangan anak, apakah sajakah itu mari kita simak tulisan dibawah ini.

Melatih ketrampilan kognitif


Fungsi kognitif pada perkembangan otak anak yakni mempengaruhi fungsi intelektual. Semakin sang anak dirangsang akan hal-hal yang bisa membuat rangsangan ini, maka lambat laun kecerdasan anak akan semakin maximal.

Salah satu dampak dari game online seperti permainan adu strategi, ataupun berhitung akan sangat bermanfaat untuk perkembangan sensor kognitif dalam otak manusia ini. Tapi tentunya tidak lepas dari peran orang tua dalam membimbing setiap aktivitas anak. Tentunya memberikan pengertian dan saran. Sehingga anak akan memahami makna dari permainan game tersebut.

Nalar anak yang belum mampu memahami permainan game disitulah orang tua sebagai jembatan untuk memberikan pemahaman.

Melatih kemampuan Bahasa Inggris


Pada umumnya permainan game online dibuat oleh perusahaan luar negeri, dan tentunya mayoritas menu utamanya menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini memaksa anak untuk mencari tahu menggunakan Google Translate, Kamus Bahasa Inggris, ataupun menanyakan ke orang tuanya itu sendiri.

Kosa kata Bahasa Inggris akan mulai terkumpul, disamping menu utama, player juga harus berkomunikasi dengan Game Master dimana juga harus menggunakan Bahasa Inggris. Hal inilah yang wajib dikembangkan orang tua melihat keterpaksaan anak berlatih Bahasa Inggris untuk bermain game harus dikelola menjadi sebuah peluang untuk mendalami Bahasa Inggris tersebut.

Menghilangkan kejenuhan


Beberapa orang dewasa bermain game online untuk menghilangkan kejenuhan dalam kesehariannya beraktivitas didalam pekerjaan. Meskipun tahu dampak positif game online untuk mengusir kejenuhan, perlu diperhatikan juga agar tidak lalai dalam mengerjakan tugas-tugas kantornya.

Rutinitas yang monoton memang wajib diselingi aktivitas ringan seperti bermain game online. Misalkan seperti COC, atau Zinga. Tapi ingat waktunya yah jangan kelamaan bermain gamenya.

Bersosialisasi


Komunitas game online di Indonesia sendiri sangat banyak sekali, hal inilah yang bisa membuat silaturahmi antar gamer. Membuat charity untuk warga yang tidak mampu misalnya dapat membuat keakraban. Dan tentu membantu sesama adalah sifat dasar kita sebagai Mahkluk Sosial.

Jadi tidak begitu salah kita bermain game, asalkan tahu batasannya dan memprioritaskan hal yang penting diatas bermain game sehingga tidak ada yang ditelantarkan tentunya. Selamat bermain game dong yah.

Melatih kesabaran


Sering dijumpai di warnet-warnet terlihat para gamer membanting banting mouse ataupun menggebrak meja dan keyboard. Itu salah satu expresi dari kekesalan gamer. Namun dibalik itu, seorang gamer juga membutuhkan konsentrasi saat akan menuntaskan misinya untuk mendapatkan hasil kemenangan.

Ditengah misi tersebutlah seorang gamer dituntut untuk bisa melatih kesabaran dan menimbang baik buruknya jika melakukan strategi A ataupun strategi B. Dimana prinsipnya adalah menuju ke pintu kemenangan.

Terima kasih buat pembaca, mungkin itulah artikel sederhana tentang 5 dampak positif game online. Jika ada kritik dan saran langsung saja kirim ke kotak komentar yah.

Faizal Amri
Faizal Amri Saya belajar menulis untuk menuangkan kegelisahanku, pahit dan manis yang sedang dijalani saat ini. Editing video saat ini yang sedang saya pelajari.

Post a Comment for "5 Dampak Positif Game Online bagi Perkembangan Anak"

Berlangganan via Email