Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bermakna lebih dari satu apakah itu?

Di dalam Bahasa Inggris, banyak kata yang bermakna lebih dari satu jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia. Kali ini kita akan membahas satu kata dalam Bahasa Inggris namun akan mempunyai banyak makna jika kita artikan kedalam Bahasa Indonesia. Kata apakah itu?

Bermakna Lebih dari Satu

Rice


Ketika orang Amerika mengatakan Rice kemudian ditambahkan objek atau pelaku sedang berada di sebuah Restoran misalkan. Maka akan bermakna Rice itu adalah nasi. Dimana orang tersebut di dalam Restoran sedang memesan makanan yang mengandung karbohidrat atau nasi.

Jadi kata Rice dalam konteks makna diatas harus dilengkapi dengan objek tempat, sehingga mempunyai arti yang sesuai dengan tempat tersebut. Mari kita ambil contoh lainnya lagi.

Kata Rice diucapkan disuatu persawahan yang sudah terlihat menguning hamparannya. Maka kata Rice sudah bukan lagi bermakna Nasi. Karena objek yang sedang terjadi adalah di sebuah persawahan. Tentu yang terlihat adalah hamparan sawah yang mulai menguning padinya menandakan sudah akan dipanen oleh para petani pemilik lahan.

Jadi kata Rice pada lokasi persawahan diartikan adalah Padi. Maka dari itu Rice mempunyai sifat bermakna lebih dari satu tergantung pada situasi dan kondisi dimana kata Rice ini dikeluarkan oleh orang yang sedang berbincang.

Kemudian, satu lagi kata Rice yang diartikan berbeda dari dua arti diparagraf sebelumnya. Padi yang sudah dipanen dan diolah didalam Rice Mill tentu akan terpisah dari cangkangnya. Dalam Bahasa Indonesia, dinamakan Beras.

Misalkan, Ibu Iriana membeli beras sebanyak 1Kg untuk digunakan memasak selama satu minggu lamanya.

Maka kata Rice ketika diucapkan oleh orang Amerika ketika akan membeli beras di supermarket akan tetap menggunakan kata Rice. Tentu hal ini berdasarkan konten yang sedang dialami orang tersebut dimana berada.

Melihat


Kosa kata yang selanjutnya diambil dari Bahasa Indonesia, dengan makna dasar adalah melihat. Seseorang melihat tentu menggunakan mata bukan? Namun ternyata kata melihat juga bermakna lebih dari satu loh?

Yang pertama adalah melirik. Aktivitas melirik tetap subjek yang melakukan adalah Mata. Namun mempunyai makna yang berbeda dengan melihat. Melirik bermakna melihat seseorang tidak lebih dari dua detik. Atau biasa disebut curi-curi pandang. Hal ini biasa dilakukan remaja ABG yang sedang jatuh cinta.

Yang kedua adalah menonton. Sama halnya melirik, menonton juga dilakukan oleh organ tubuh mata. Menonton bermakna seseorang mempunyai satu tujuan yang tidak bisa teralihkan dalam jangka waktu tertentu. Contohnya adalah sepasang remaja ABG tadi pergi ke Bioskop Sena untuk menonton Film megahnya Kapal Titanic.
Yang ketiga adalah menyaksikan. Hal yang diungkapkan disini adalah seseorang yang melihat suatu tragedi secara langsung tanpa melalui sumber dan bisa dikatakan dialah sumbernya. Misalkan contohnya adalah Pak Suryadi minggu lalu menyaksikan pertandingan sepak bola antara Vietnam melawan Indonesia di Stadion Lapangan Asri.

Kesimpulan


Kata yang bermakna lebih dari satu bisa dipelajari dalam dasar linguistik seperti contohnya adalah Homonim (mempunyai kata yang sama dan pengucapannyapun sama tapi maknanya berbeda), Homofon (pengucapannya sama, tulisan beda dan artinya berbeda), Homograf (tulisan sama artinya berbeda).

Materi ini adalah dasar dari Bahasa Indonesia yang bisa dipelajari di bangku SMA. Jadi semangat belajar ya karena Bahasa Indonesia adalah bahasa Ibu Pertiwi.

Faizal Amri
Faizal Amri Saya belajar menulis untuk menuangkan kegelisahanku, pahit dan manis yang sedang dijalani saat ini. Editing video saat ini yang sedang saya pelajari.

Post a Comment for "Bermakna lebih dari satu apakah itu?"

Berlangganan via Email