Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial tentang GMAIL dengan domain sendiri

Tutorial tentang GMAIL

Gmail kini telah menjadi layanan email paling populer di dunia salah satu penyedia layanan email yang kinerjanya cukup mumpuni. Banyak orang menggunakan provider ini setiap hari untuk mengririm maupun sekedar mendaftar akun sosial media. Tentunya hal ini akan cukup merepotkan jika Anda memiliki banyak akun email yang dibuat dengan beragam layanan berbeda (misalnya admin@domainA.com, admin@domainB.com, dan sebagainya).

Anda bisa login memakai gmail walaupun bukan menggunakan akun gmail. Jika memiliki alamat email domain, maka anda juga dapat mengkoneksikan jadi dapat login melalui gmail. Maka dari itu, Anda bisa mengirim dan menerima email dengan mudah dengan email dari domain anda melalui gmail.

Selain itu, anda dapat menghemat kapasitas dari hosting. Hal tersebut disebabkan penggunaan akun gmail yang free sampai dengan 15 GB. Terutama ketika Anda butuh mengecek setiap email yang masuk, karena harus login ke akun berbeda terlebih dahulu. Tutorial kami kali ini akan membahas cara membuat email dengan domain sendiri di Gmail.

Hal ini tentu menarik bagi Anda yang membutuhkan fitur ekstra dari sekedar akun email biasa, mengingat satu akun Gmail dapat digunakan oleh lebih dari satu akun email.

Hal yang diperlukan saat membuat email dengan domain sendiri di Gmail


  • Hosting dan domain, Anda harus mempunyai hosting dan domain terlebih dahulu karena kedua hal tersebut yakni menjadi syarat utama. Hosting bertujuan buat akses ke cpanel dan domain adalah nama yang akan Anda gunakan di alamat email Anda nantinya.
  • Akun Gmail aktif, jika belum memiliki silakan daftar Gmail terlebih dahulu.
  • Akun email di hosting, jika belum memiliki silahkan ikuti tutorial membuat email di cPanel.
  • Cek detail yang ada pada POP3 dan SMTP dari email di hosting Anda
  • Koneksi yang stabil, tentunya koneksi juga sangat berpengaruh. Jika koneksi Anda stabil, maka Anda akan dengan gampang membuat email dengan domain sendiri tanpa menunggu loading yang terlalu lama.

Berikut Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri


A. Login cPanel


Kalau Anda sudah mempunyai hosting dan domain yang statusnya sudah aktif. Step selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah login ke cPanel, caranya ketikan namadomain/cPanel (domainA.com/cPanel).

B. Cek Detail POP3 dan SMTP


Yang pertama, Anda perlu untuk mendapatkan detail POP3 dan SMTP dari akun email Anda di hosting yang ingin dikonfigurasi ke Gmail. Di bawah ini merupakan step pengecekan detail POP3 dan SMTP melalui cPanel, tetapi kalau Anda menggunakan provider email selain di cPanel, silakan untuk menanyakannya ke layanan tersebut mengenai detailnya.

Jika sudah berhasil login ke cPanel dari akun hosting Anda dan ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Klik pada menu Email Account yang berada di kolom Email.
  2. Kemudian klik link Set Up Mail Client. Pada tahap ini Anda harus sudah membuat akun email di cPanel.
  3. Maka akan tampil halaman berupa detail POP3 dan SMTP. cPanel akan menampilkan 2 pilihan, yaitu Secure SSL/TLS Settings dan Non-SSL Settings. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan Secure Settings. Jika tidak berhasil, silakan gunakan Non-SSL Settings.
  4. Lakukan salin detail tersebut dan paste di Notepad atau di Word pada komputer Anda. Atau silakan untuk membuka tab browser baru untuk langkah selanjutnya.

Konfigurasi Gmail untuk Menerima Email dari Akun Email di cPanel

Silakan buka Gmail dengan mengikuti langkah di bawah ini:
  1. login ke akun Gmail.
  2. Silakan pilih menu Settings pada Gmail di bagian pojok kanan atas
  3. Kemudian sudah berada di halaman Settings, silakan pilih tab Accounts yang terletak di bagian atas
  4. Coba Anda lakukan konfigurasi untuk mengirim serta menerima email pada halaman ini. Akan tetapi, lakukan konfigurasi untuk menerima email terlebih dahulu. Klik tautan Add a POP3 mail account you own.
  5. Masukkan alamat email yang sudah dibuat di cPanel hosting Anda pada kolom seperti gambar di bawah ini, kemudian klik tombol Next Step.
  6. Kemudian akan muncul popup seperti gambar di bawah ini.
Sekarang Anda memerlukan detail email yang ada di tahap pertama sebelumnya. Gunakan Username dan Password yang ada pada detail tersebut, dan masukkan ke form popup di Gmail.
  1. Setting email di gmail
  2. Untuk POP Server, pilih hostname Incoming Server.
  3. Pastikan Port sama dengan yang ada di konfigurasi dari email Anda di cPanel.
  4. Konfigurasi port pop3
Terdapat 4 pilihan checkbox. Berikut adalah penjelasannya.
  • Leave a copy of retrieved message on the server. Jika di centang, email yang diterima oleh Gmail akan ada juga di server akun email. Jadi untuk email masuk, selain masuk ke Gmail juga masuk ke akun email di hosting Anda. Jika tidak dicentang maka email di server akan dihapus ketika diambil oleh Gmail.
  • Always use a secure connection (SSL) when retrieving mail. Silakan dicentang jika Anda menggunakan Secure SSL/TLS Settings.
  • Label incoming messages. Jika Anda mencentang pilihan ini, semua email yang masuk akan diberi label warna. Maka bisa berefek Anda bisa membedakan email dari alamat email berbeda dalam satu inbox.
  • Archive incoming messages (Skip the Inbox). Pesan email akan masuk ke folder khusus yang berbeda dengan direktori inbox.
5. Setelah Anda telah mengisi semua informasi yang diperlukan, silakan klik tombol Add Account.

6. Jika konfigurasi berhasil, Anda akan melihat pesan yang akan muncul

Jika muncul pesan error, silakan dicek kembali apakah konfigurasinya sudah sesuai atau belum. Jika masih muncul error, silakan untuk menghubungi pihak hosting yang Anda gunakan.

Konfigurasi Gmail untuk Mengirimkan Email dari Akun Email Hosting
Untuk mengkoneksikan mengirimkan email langsung dari Gmail, Anda perlu menggunakan SMTP. Jika layanan hosting Anda tidak memperbolehkan Anda untuk menggunakan SMTP, Anda tidak dapat mengirimkan email melalui Gmail.

Setelah seluruh konfigurasi selesai, Anda dapat memilih email pengirim yang diinginkan ketika Anda akan mengirimkan email.

Kesimpulan

Akhirnya setelah selesai mencoba tutorial ini, Anda telah belajar cara membuat email dengan domain sendiri di Gmail. Maka dari itu tahap demi tahapan tips cara membuat email dengan domain sendiri.

Ingat, luangkan waktu Anda dan fokus untuk mempraktekkan langkah-langkah di atas. Jika Anda bisa fokus dibutuhkan waktu kurang dari 30 menit, dan setelahnya email Anda menjadi lebih profesional. Silahkan bagikan tulisan ini di akun sosial media seperti facebook, twitter, instagram, linkedin atau lainnya.

Anda supaya teman-teman, saudara, dan sahabat Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama. tips ini juga bisa Anda ajarkan pada teman-temanmu yang baru memulai bisnis dengan menggunakan website juga. Dan tidak lupa untuk membaca cara memulihkan akun GMAIL yang sudah terhapus.

Anda juga bisa mempelajari cara ini agar tak perlu meminta staf IT untuk membereskannya. Tak hanya berguna untuk Anda. Mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda.
Faizal Amri
Faizal Amri Saya belajar menulis untuk menuangkan kegelisahanku, pahit dan manis yang sedang dijalani saat ini. Editing video saat ini yang sedang saya pelajari.

Post a Comment for "Tutorial tentang GMAIL dengan domain sendiri"

Berlangganan via Email