Skip to main content

7 Situs Sosial Media terbesar di tahun 2019

Sosial Media 2019

Media sosial merupakan hal yang sudah sangat umum bagi warga negara Indonesia, sejak kehadiran situs Friendster, MySpace jauh sebelum Facebook dan kawan-kawannya lahir, sesungguhnya sosial media sudah dikenal oleh warga negara Indonesia. Fitur yang saya ingat sampai saat ini adalah membuat glitch di Friendster.

Namun sayangnya, Friendster dan MySpace tidak bertahan lama digempur persaingan pendatang baru salah satunya yang paling mengguncang adalah Facebook.

Sesungguhnya, masing-masing sosial media itu mempunyai target market yang berbeda-beda. Misalkan, anda akan mempromosikan sebuah situs pribadi anda, tentu akan lebih efektif jika anda menggunkan platform Pinterest dan Facebook.

Hal ini tentunya akan menghemat budget ADVERTISING untuk bisnis anda, dan akan lebih tepat sasaran target yang anda inginkan tersebut.

7 Situs Sosial Media terbesar di tahun 2019


Mari kita simak, ringkasan sederhan ketujuh sosial media terbesar di tahun 2019 ini, saya yakin anda pasti menebaknya adalah situs Facebook bukan?

1. Facebook


Facebook didirikan oleh pemuda yang di DO dari universitas terkemuka di Amerika, dan beliau adalah Mark Zuckerberg kelahiran 35 tahun yang lalu. Mark merintis Facebook dari kamar kosnya, yang kemudian menjadi Sosial Media terbesar di Dunia. Markas Facebook sendiri di Menlo Park, California, dan didirikan secara pada tahun 2004. Untuk saat ini, pengguna aktif Facebook kurang lebih sedikitnya 2,38 Milyar pengguna aktif.

Beberapa industri besar yang mengiklankan bisnisnya di Facebook kebanyakan adalah industri finansial, ecommerce, toko retail, mobile gaming, industri hiburan, media berita, telekomunikasi, makanan dan minuman, dan tentunya adalah industri otomotif.

Ketika industri besar tersebut mengalokasikan budgetnya untuk advertising di situs Facebook, adalah suatu hal yang lumrah karena perusahaan memang mempunyai budget untuk promosi.

Sedangkan anda, jika masih minim budget untuk mengembangkan bisnis UMKM, anda masih bisa memanfaatkan Facebook, dengan cara membuat Group, ataupun Fans Page. Dengan begitu, anda bisa melakukan marketing secara gratis.

2. Twitter


Pada awal berdirinya situs mikro blogging dengan 140 karakter yang didirikan oleh Jack Dorsey pada tahun 2006 ini merupakan fenomena terbaru untuk para blogger yang menggunakannya untuk menulis story secara singkat di twitter.

Seiring perkembangan zaman, Twitter meningkatkan jumlah karakter yang dibutuhkan untuk membuat suatu postingan yakni sebanyak 280 karakter. Dan akhir-akhir ini, sebutah untuk story di Twitter berubah menjadi Thread.

Twitter lebih cocok untuk tipe bisnis yang berhubungan dengan industri hiburan, berita olah raga, ataupun politik. Beberapa konten seperti ini lebih banyak menghasilkan engagement, dan didukung dengan fitur Hash Tag yang merupakan identitas dari Twitter ini.

Anda bisa memanfaatkan Hash Tag yang sedang populer, atau trending di Twitter untuk mempromosikan bisnis anda secara gratis tentunya. Hal ini tentu akan memotong biasa iklan untuk bisnis anda.

3. Linkedln


Menurut saya, Linkedln bukanlah sosial media seperti beberapa situs lainnya. Karenda didalamnya berisikan profesionalitas dari berbagai bidang karir, yang satu sama lain memberikan informasi baik itu lowongan pekerjaan, penawaran kerjasama proyek, dan berbagai macam aktifitas profesional lainnya.

Situs yang didirikan pada tahun 2002 ini sudah memiliki pengguna aktif sebanyak 303 juta pengguna, dan mayoritas adalah para profesional dan perusahaan yang sedang mencari kandidat pekerjanya.

Disini anda bisa menjual profesi anda atau kita sebut ada CV (Curiculum Vitae) online, dengan Linkedln anda bisa mengapply postingan-postingan lowongan kerja yang memang dipasang oleh perusahaan yang sudah menjadi member verifikasi oleh Linkedln.

Anda juga bisa memanfaatkan Linkedln untuk menjual produk-produk dari perusahaan anda misalnya, melalui penawaran-penawaran yang sudah disediakan situs ini.

Cukup menarik bukan? Terlebih jika anda ingin berpindah tempat kerjaan ataupun sedang mencari pekerjaan.

4. Instagram


Untuk anda ketahui, Instagram saat ini mempunyai pengguna aktif sebanyak 1 Milyar pengguna. Situs yang berdiri pada tahun 2010 ini berhasil mengalahkan Twitter.

Memang kedua platform tersebut mempunyai pasar yang berbeda juga. Instagram membawakan sensasi menikmati gambar dengan aspek rasio 4:5, dilengkapi filter-filter yang sederhana namun ellegan.

Perkembangan Instagram dengan membawa fitur "Available Shop" untuk para pebisnis pakaian wanita dan pria pada tahun 2018 ini meningkatkan pengguna baru bagi Instagram.

Fitur yang terakhir launching adalah Instagram TV atau IGTV yang memungkinkan pengguna mengupload video dengan durasi lebih dari 60 detik.

Menebak langkah Instagram ini kedepannya, akan menonjolkan video promosi seperti yang sudah dilakukan oleh induk perusahaannya yakni Facebook. Namun fitur ini belum berlaku untuk negara kita Indonesia.

5. Snapchat


Sosial media yang satu ini sebetulnya kurang populer di Indonesia, namun tidak disangka Snapchat merupakan peluang bisnis yang bisa diraup oleh pebisnis yang menggeluti produk untuk anak-anak.

Menurut Search Engine Journal, Snapchat dikunjungi oleh pengguna aktif paling banyak adalah anak-anak dirange umur 10 tahun hingga 13 tahun, dan kebanyakan mereka menghabiskan waktunya selama 30 menit aktif.

Akan tetapi jika anda akan menggunakan Snapchat sebagai ladang bisnis anda, maka lakukanlah survey terlebih dahulu untuk kepopuleran applikasi ini.

6. Pinterest


Pengguna Pinterest 81% adalah wanita, dimana ini adalah kesempatan besar untuk menargetkan Pinterest menjadi alat untuk mempromosikan produk fashion wanita. Konten yang mempunyai intensitas tertinggi di Pinterest antara lain ; Fashion, Makanan, Dekorasi, Wedding EO, Olah raga, dan tutorial lainnya.

Lantas apakah pengguna pria disana tidak aktif?

Faktanya 40% pengguna baru yang mendaftarkan diri ke Pinterest adalah laki-laki. Kenapa? Banyak blogger yang menggunakan pinterest sebagai backlink untuk memperkuat websitenya.

7. Youtube


Siapa yang tidak kenal Youtube, selain anda menggunakan Youtube untuk promosi visual diri anda, Anda juga dapat menggunakan Youtube untuk memperoleh penghasilan dari sana. Hampir setiap anak muda sekarang berlomba-lomba untuk menjadi Youtuber. Padahal tidak mudah loh.

Tidak ada yang salah dengan fenomena ini, karena semua kesempatan adalah untuk yang berani mengambil keputusan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar