Skip to main content

5 Website Berita Terbaik kecuali TribunNews

Suatu teknologi dengan perkembangan yang sangat cepat salah satunya adalah Internet, dalam beberapa tahun terakhir ini mulai dari Internet of Things (IOT) dan yang paling mutakhir lagi adalah Artificial Intelegence (AI). Tentunya berita-berita yang termuat dalam teknologi ini sangatlah cepat diupdate, sama halnya dengan ke-5 website berita berikut ini.

5 Website Berita Terbaik


Dalam penilaian kali ini tentu berdasarkan sudut pandang penulis yah, meskipun judulnya terlihat mengecualikan salah satu website berita nasional. Yang akan ditulis adalah yang selama ini penulis baca, dalam beberapa tahun ini. Mari kita simak ya.

1. Okezone


Okezone lahir dari group MNC, PT Media Nusantara Citra Tbk. Beberapa jajaran direksi yang mengawasi lini bisnis Okezone adalah Daniel Hartono (Direktur Utama), Febriny Rimenta (Direktur), Lia Marliana (Direktur), dan Rio Anugrah (Direktur).

Saya mengenal Okezone sejak zaman RCTI masih tayang di parabola digital, iklannya waktu itu sering bermunculan dilayar kaca.

Berita-berita yang disajikan team Okezone kala itu menjadi yang terbaik, mungkin karena waktu itu yang sangat booming adalah Okezone. Dalam laman Okezone sendiri mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber yang isinya adalah ; Verifikasi dan keberimbangan berita, Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab. Sehingga isi dalam berita yang dibawakan oleh redaktur Okezone tentu bisa dipertanggung jawabkan.

Namun ada berita yang menyatakan bahwa Okezone telah diakuisisi oleh perusahaan luar negeri dari China yang sekarang berkantor di Singapura yakni Linktone. Linktone sendiri diketahui milik bos MNC Group bapak Hary Tanoesoedibjo yang juga ketua umum partai Gerindra.

2. Kompas

Kompas sering dibawa oleh orang tua saya ketika beliau pulang dari kantor, dan pada saat itu saya masih duduk dibangku SMP. Kompas salah satu kantor berita profesional yang dimiliki oleh Indonesia, dan didalamnya juga ada departemen litbang yang diciptakan untuk membuat berita-berita bertaraf Internasional.

Kompas sendiri terjun ke dunia Internet sejak tahun 1995, namun kala itu Internet di Indonesia masih sangat lemot sehingga saya mengenal laman Kompas setelah selesai pendidikan.

Kompas sendiri sudah dipercaya oleh jutaan warga Indonesia terutama media cetaknya, sehingga Anda tidak perlu meragukan isi konten lama online dari Kompas. Kompas yang sudah berkibar selama 22 tahun ini, sudah beberapa kali merombak tampilan websitenya, karena tampilan kompas.id saat ini jauh berbeda dengan tampilan kompas sewaktu masih kompas.co.id.

3. Detik

Sejak diakuisisi oleh CT Corp, yang merupakan Group dari Trans Corp yang dimiliki oleh Bapak Chairul Tanjung. Detik tumbuh dengan berita-berita yang mengikuti trend perkembangan zaman. Detik tidak lagi fokus membahas politik, ekonomi, teknologi, namun membahas juga berita-berita hiburan bagi masyarakat Indonesia.

Pengambilan nama Detik sangatlah brilian yang ditemukan oleh penemu Detik, yang tidak lain adalah wartawan-wartawan senior yang ada di Detik itu sendiri. Secara filosofi, arti kata detik ingin memberikan pesan kepada khalayak umum berita-berita yang tersaji dengan cepat tanpa mengurangi bobot isi berita tersebut.

Beberapa sub domain yang digunakan oleh detik adalah sebagai berikut :
  1. detikNews (news.detik.com) Berisi informasi berita politik-peristiwa
  2. detikFinance (finance.detik.com) Memuat berita ekonomi dan keuangan
  3. detikFood (food.detik.com) Informasi tentang resep makanan dan kuliner
  4. detikHot (hot.detik.com) Berisi info gosip artis/selebriti dan infotainment
  5. detiki-Net (inet.detik.com) Memuat informasi teknologi informasi
  6. detikSport (sport.detik.com) Berisi info olahraga termasuk sepak bola
  7. detikHealth (health.detik.com) Memuat info dan artikel kesehatan
  8. 20detik (tv.detik.com/20detik/) Memuat original konten video mulai dari news sampai lifestyle
  9. detikFoto (foto.detik.com) Memuat berita foto
  10. detikOto (oto.detik.com) Memuat informasi mengenai otomotif
  11. detikTravel (travel.detik.com) Memuat informasi tentang liburan dan pariwisata
  12. detikEvent (event.detik.com) Memuat event-event yang diadakan dan kerjasama dengan Detikcom
  13. detikForum (forum.detik.com) Tempat diskusi online antar komunitas pengguna Detikcom
  14. blogDetik (blog.detik.com) Tempat pengakses mengisi info atau artikel, foto, video di halaman blog pribadi
  15. Wolipop (wolipop.detik.com) Berisi informasi tentang wanita dan gaya hidup
  16. Iklan Baris (iklanbaris.detik.com) Berisi Iklan yang langsung diisi konsumen
  17. Pasangmata (pasangmata.detik.com) Informasi berita dari pengguna dan dimoderasi oleh Admin

4. Liputan6

Surya Citra Media yang merupakan pemilik dari portal berita liputan 6, diluncurkan pada tahun 2000 an, setelah program berita yang ditayangkan di layar kaca memikat jutaan rakyat Indonesia. Liputan 6 yang hadir dengan durasi 30 menit ini ternyata sangat diterima oleh masyarakat kita. Berita televisi ini tayang sehari tiga kali yakni, pagi, siang, dan malam.

Seperti kebanyakan situs penyedia berita online, mereka berlomba-lomba memuat berita-berita yang sedang trending di sosial media. Memang tidak disalahkan, karena masyarakat kitapun terkadang haus akan berita-berita viral seperti itu.

Jadi jika anda menemukan banyak kemiripan berita di beberapa situ besar ini, ya memang seperti ini adanya. Atau Anda mungkin bisa mengikuti trend tutorial pencarian berita tanpa harus menayangkan dari situs TribunNews. Hehe ada-ada saja yah berita viralnya.

5. Merdeka

Merdeka adalah titisan dari situs KapanLagi.com yang didirkan pada tahun 2011. Ada review tentang portal berita ini yang direview pada laman Kompasiana bertajuk Analisis Situs Berita Online Merdeka.COM. Analisa yang disampaikan oleh Mbak Natali Ratan sangat komplek dan mendalam, mungkin Anda bisa baca disana tentang situs berita online Merdeka.com.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar