Skip to main content

WhatsApp banned permanen user yang tergabung dalam group dengan nama mencurigakan

BloggerBlitar.COM - WhatsApp kali ini membuat langkah yang sangat tegas, yakni dengan membanned user yang tergabung dalam group yang mempunyai nama "mencurigakan". Sebelumnya terdengar kabar, bahwa whatsapp membanned juga usernya yang menggunakan applikasi whatsapp mod, atau tidak resmi, seperti contohnya adalah GBWhatsApp dan Fouad WhatsApp.

WhatsApp Banned

Salah satu viralnya berita ini bersumber dari salah satu commentar di sosial media Reddit, dengan user name Mowe11. Mowe11 menceritakan bahwasannya dirinya adalah anggota salah satu group di Universitas. Kemudian ada salah satu membernya yang merubah nama group tersebut menjadi sesuatu yang dimungkinkan telah melanggar kebijakan privacy dari WhatsApp itu sendiri.

Dan whatsapp ternyata tidak membanned group tersebut, melainkan membanned seluruh member yang berada didalam group tersebut. Dan anehnya whatsapp tidak meninggalkan pesan resmi ke usernya alasan kenapa mereka terkena banned masal ini.

Respon WhatsApp


Tidak ada yang bisa dilakukan anda ketika sudah terbanned dari WhatsApp, karena semua sudah tertulis di Terms of Service yang ada di halaman website WhatsApp. Omong-omong, ternyata di halaman tersebut ada point yang membahas bahwa WhatsApp tidak mengizinkan usernya mengakses server WhatsApp dari applikasi pihak ketiga. Applikasi pihak ketiga itu apa sih? Salah satunya yang kita share pada paragraph pertama yah.

Sayangnya tidak ada press-release dari official humas WhatsApp, bagaimana caranya nama yang dianggap menyelahi peraturan WhatsApp tersebut. Dalam halaman TOS pun tidak ada penjelasan terinci, yang menyebutkan pelarangan penggunaan kata-kata yang dicurigai sebagai ancaman. Atau memang sebetulnya sudah ada di database server WhatsApp yang mana tentu kita tidak akan bisa mengetahuinya.

BloggerBlitar Rekomendasi


Kali ini kita akan menyarankan bagi anda yang mempunyai group besar di WhatsApp, gunakan fitur terbaru Group Info Restriction yang memungkinkan anda sebagai admin group dapat mencegah user anda untuk tidak bisa mengganti deskripsi group anda.

Kedua adalah angkat orang terdekat anda dan bisa dipercaya untuk menjadi admin kedua anda. Hal ini membantu dalam hal moderasi group anda, jadi group anda akan tetap terkendali situasinya. Dengan menghadirkan admin kedua atau ketiga akan memudahkan pengawasan tersebut.

Ketiga selalu update applikasi resmi anda melalui Google Play Store ataupun Apple Store. Dengan updatenya applikasi WhatsApp anda, maka sudah menjadi pengamanan terbaru untuk aktifitas anda di group tersebut.

Keempat jangan lupa untuk tidak login web whatsapp melalui komputer umum, misalnya adalah warnet, ataupun dijaringan free wifi cafe, atau di kantor anda. Admin dari wifi atau jaringan internet yang anda gunakan sembarangan dapat meningkatkan peluang terjadinya fraud pada akun applikasi anda.

Kesimpulan


Selalu berhati-hati jika anda akan melakukan segala aktifitas sosial media anda. Pintu belakang applikasi selalu dalam incaran orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Terakhir selalu gunakan applikasi resmi dan selalu dapatkan update terbarunya. Selamat berchating ria gaes.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar