Skip to main content

HINDARI OBROLAN SEPERTI INI DI KANTOR

obrolan di kantor

BloggerBlitar.COM - Kantor adalah suatu ruangan dimana masing-masing individu mempunyai tugas dan tanggung jawab di mejanya masing-masing. Ruang perkantoran biasanya dipisahkan oleh sekat-sekat dengan tujuan masing-masing pekerja bisa fokus dalam mengerjakan tugasnya. Tatkala ada beberapa momen yang digunakan oleh pekerja kantoran untuk melepas penatnya untuk sementara ngobrol di ruang pantry.

Saya pun dulu seperti itu, menuju pantry untuk mengambil segelas kopi dan diselingi obrolan ringan. Hal ini bisa meredakan ketegangan otot kita selama duduk dan berhadapan dengan komputer. Saya yakin anda setuju, duduk 7 jam atau 8 jam didepan komputer itu sangat melelahkan.

Obrolan sendiri menurut kbbi (kamus besar bahasa indonesia) mempunyai arti percakapan ringan dan santai disertai omong kosong. Ya, percakapan gombal misalnya kali aja mau diajak nonton weekend ini ya kan?

Berikut beberapa hal yang bisa dibilang sangat sensitif ketika menjadi topik obrolan anda bersama teman sekantor anda.

Gaji


Pengertian gaji adalah upah kerja yang dibayarkan dalam waktu yang tetap dan tidak berubah. Eh, tapi mungkin ada perusahaan skala kecil yang menggaji telat karyawannya, tapi dalam hal ini pengecualian yah karena tidak akan dibahas disini.

Gaji dalam urusan HR, suatu transkrip atau dokumen dimana orang lain tidak boleh tahu dan bersifat credential atau sangat rahasia.

Biasanya, nominal gaji setiap karyawan berbeda-beda tergantung masa kerja di perusahaan tersebut. Dan juga performance yang dicapai selama berkarir di perusahaan tersebut.

Maka dari itu, gaji sangat bersifat sensitif, sehingga setiap orang HR (Human Resources) disumpah untuk tidak pernah membocorkan nominal gaji karyawannya.

Dengan sifatnya yang sangat rahasia, maka dari itu sebaiknya anda meninggalkan topik obrolan gaji ketika bersama teman-teman kantor. Biarkan jadi rahasia diantara mereka, tapi tidak boleh dirahasiakan sama istri loh yah.

Obrolan tersebut juga dapat menimbulkan rasa iri, sehingga akan berdampak pada profesionalitas pekerjaan. Dampak tersebut bisa membuat anda dirugikan, misalnya jika anda mempunyai gaji dengan nominal lebih tinggi dari pada teman anda, tentu teman anda akan selalu minta di traktir makan siang, dan parahnya adalah beberapa tugas akan diserahkan lebih banyak porsinya ke anda.

Okey, jangan sampai dibahas yah obrolan gaji ini, simpan di dompet istri anda saja.

Agama


Di Indonesia sendiri ada 5 agama yang disahkan oleh pemerintah kita, sudah tentu kita semua tahu apa saja agama yang ada di negara kita. Dengan begitu, meskipun sudah bersifat umum, alangkah baiknya obrolan seperti ini juga untuk tidak diperbincangkan ketika masih berada di kantor.

Agama adalah hak perogratif masing-masing orang untuk menganutnya, anda tidak bisa mengatur untuk menentukan ibadahnya.

Akan tetapi, kebiasaan kita yang seakan sudah sangat dekat sering kali batasan-batasan privasi seperti ini dilanggar. Akan tetapi jika tujuannya mengingatkannya sih mungkin bagus-bagus saja, namun juga perlu dilihat kondisi rekan kerja anda dalam keadaan baik-baik saja.

Jadi, jangan bahas agama yah jika anda masih berada di lingkungan kantor, mari jadikan toleransi beragama didalam kantor. Biarkan urusan agama itu hanya dia dengan Tuhannya saja yang tahu.

Kehidupan Pribadi


Ada beberapa orang yang memang bisa lepas membicarakan kehidupan pribadinya, namun menurut pandangan pribadi saya lebih banyak yang enggang membicarakannya. Salah satu faktor menurunnya performance suatu pekerja, adalah kehidupan pribadinya. Hampir 99% pekerja akan membawa sedikitnya masalah pribadinya ke kantor. Hal inilah yang menyebabkan performace pekerjaannya turun, dikarenkan tidak terlalu fokus.

Dibeberapa perusahaan besar mungkin mempunyai staf ahli konseling psikiater, dengan begitu pekerja dengan mudah berkonsultasi masalah pribadinya. Hal ini tentu bertujuan menjaga preformance kerja yang bersangkutan agar tidak menurun.

Tapi sepertinya di Indonesia belum ada perusahaan yang menyediakan staf konseling psikis deh, kalau ada sih keren banget. Okey yah, fix jangan bahas masalah kehidupan pribadi antar teman sekantor anda, cukup selesaikanlah kalian secara baik-baik bersama keluargamu.

Hak Pilihmu


LUBER adalah Langsung Umum Bebas dan Rahasia. Lihat kepanjangan dari singkatan tersebut, mengandung kata RAHASIA, yang artinya tidak boleh diketahui oleh orang lain. Namun, fenomena beberapa tahun ini di Indonesia, hak tersebut sepertinya sudah tidak ada. Politik praktis masyarakat kita saat ini membuat hal tersebut dibawa ke kehidupan pribadi, bahkan tak elak menjadi group tersendiri di lingkungan kantor.

Saya sendiri merasakannya, terjadi beberapa kubu ketika masa pemilihan beberapa bulan yang lalu, hal ini tentu akan mempengaruhi suasana kondusif dalam lingkungan kerja anda.

Tapi bagusnya beberapa atasan memberikan sanksi yang tegas bagi karyawannya yang terlibat politik praktis, bahkan sampai kejalur PHK jika memang diperlukan.

Untuk saya simpan baik-baik hal ini, biarlah didalam kotak kecil saja pilihan kita ini diketahui, ya kan.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa dishare ke kawan - kawan anda yah, biar tidak terlibat konflik antar kawan sekantor.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar