Skip to main content

Andromo.com Cara membuat applikasi android dengan mudah

Cara membuat applikasi android dengan Andromo.COM

BloggerBlitar.COM - Andromo adalah jawaban bagi blogger yang ingin membuat applikasi android untuk blognya namun tidak punya keahlian dalam membuat coding applikasi android. Andromo sendiri menawarkan jasa servis gratis layanan miliknya selama 30 hari kedepan, dan hanya $8 atau setara Rp60.000 kamu sudah bisa menikmati layanan full dari Andromo.

Fitur Andromo


Andromo saat ini sudah versi 2.0, namun sepertinya ini untuk versi subcribe atau berlangganan. Penulis saat ini menggunakan versi gratis dimana andromo yang digunakan masih versi 1.0. Jika kamu ingin menambah traffic blog kamu, penulis rasa website ini patut untuk dicoba.

1. Monetisasi

Pertama penulis akan membahas fitur yang sangat disukai kita tentunya. Yaps, applikasi yang kita buat ini bisa dimonetisasi menggunakan account admob kalian. Caranya mudah, kalian tinggal memasukan ID admob dalam langkah pembuatan applikasi android andromo ini. Jadi nanti ketika applikasi telah jadi, kamu sudah siap memproduksi dollar dari admob tentunya.

2. User Friendly

Andromo sangat user-friendly, sehingga memudahkan kita membuat applikasi android dalam hitungan menit. Namun tentunya kamu harus sedikit menguasai bahasa yang digunakan, yakni bahasa inggris. Tapi saya rasa bahasa yang digunakan rata-rata applikasi bukan bahasa inggris native yang super sulit tentunya. Berikut tampilan homepage pada saat kalian akan membuat applikasi android di andromo.

settingan andromo

3. 19 Source Code

Andromo menyediakan 19 source code yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan kamu. Tapi kali penulis akan menggunakan source code "RSS Feed" agar blog www.bloggerblitar.com bisa terpampang di hp pembaca. Ke 19 source kode tersebut adalah about, audio player, contact, custome page, email, facebook, flickr, google play, HTML archive, Map, PDF, phone, photo galery, podcast, RSS Feed, Shoutcast radio, Twitter, website, youtube.

Applikasi Andromo


Langkah berikutnya kita akan menuju ke proses pembuatan applikasi RSS Feed untuk blog kita. Langkah yang pertama kamu siapkan terlebih dahulu alamat RSS Feednya. Misalnya untuk blog ini alamatnya adalah

https://www.bloggerblitar.com/feeds/posts/default
1. Create Project

Setelah menemukan alamat RSS blog kamu, sekarang saatnya "Create Project" pada halaman website andromo. Kamu hanya diperbolehkan membuat satu project, tapi tenang saja karena project ini bisa kamu rubah-rubah jika merasa applikasi yang dihasilkan belum memenuhi keinginan kamu.

2. Setting

Setelah project dibuat, maka akan mencul beberapa tab halaman untuk menyetting applikasi sesuai dengan kehendak kamu seperti gambar diatas. Pada tab setting, kamu akan mengisikan informasi dasar untuk applikasi kamu nantinya. Informasi tersebut nantinya berisikan, Nama Applikasi, versi applikasi, target market (penulis memilih Google play), kategori applikasi kamu, deskripsi (penjelasan produk kamu), icon applikasi. Isikan dengan kata-kata yang terlihat singkat dan padat.

3. Theme

Disini kamu harus keluarkan jiwa seni kamu, karena akan memadukan dua warna yang nantinya terlihat mempunyai estetika yang berkelas. Kalau kamu rasa susah, bisa minta tolong kawan atau saudaramu. Tahap theme adalah kamu mendesign tampilan applikasimu, sebenarnya juga andromo sudah memberikan pilihan yang sangat mudah sekali. Jadi kamu tinggal mengexplore sendiri dan bermain dengan imajinasimu.

4. Navigation

Andromo memberikan dua pilihan yakni, enable navigation drawer dan start app with drawer open. Kalau saya sih menyarankan hanya menggunakan enable navigation drawer saja, karena nanti pengunjung kamu langsung mendapatkan tampilan awal blog kamu itu tidak perlu klik lagi. Ya kamu coba-coba saja sendiri bagaimana baiknya applikasi kamu itu.

5. Dashboard

Disini kamu juga akan mendapatkan dua pilihan saja yakni Show Dashboard dan Show first activity (No Dashboard). Penulis menyarankan kamu memilih Show first activity (No Dashboard), menurut saya lebih simple saja dan to-the-point.

6. Activities

Activities andromo
Dibagian inilah 19 source code itu terpampang, kamu bisa membuat applikasi apa saja dibagian ini. Tapi kali ini penulis akan memilih applikasi "RSS Feed". Kamu tinggal tambahkan "Add an Activity" kemudian pilih "RSS Feed" isi deskripsi applikasi kamu, dan yang paling terpenting adalah isikan feed rss blog kamu yang sudah disiapkan pada langkah pertama diatas. Kalau kamu belum tahu caranya mencari rss feed kamu, tinggal contek saja alamat saya diatas tinggal ganti nama blog kamu, ini khusus untuk blog dengan platform blogger yah. Dan kemudian simpan activity yang sudah kamu buat ini.

7. Monetization

Kalau kamu mempunyai accound admob, sign-in di account kamu kemudian copy ID admob kamu dan masukan di kolom settingan ads. Jadi dua target terpenuhi disini, mencari traffic dan mencari dollar admob, enak bukan.

8. Service

Tab service disini fungsinya lebih seperti analisis applikasi kamu terdownload berapa banyak, jadi kamu bisa menganalisa kekurangan applikasi kamu tersebut. Langkahnya sangat mudah, kamu tinggal ikuti artikel cara menggunakan Firebase Analytics.

9. Build

Langkah terakhir adalah build applikasimu tadi yang sudah disetting, disini kamu akan menunggu kurang lebih 30 menit untuk Andromo menyiapkan applikasi androidmu. Link download akan dikirimkan ke email kamu, dan hanya tersedia kurang lebih 24 jam di server andromo. Jadi lakukan download secepatnya jika email pemberitahuan sudah masuk ke kamu.

Catatan Tambahan


Jika applikasi APK androidmu sudah didownload, dan kamu ingin memasarkannya di Google Play, maka kamu perlu langkah sekali lagi untuk menyiapkannya. Google Developer, adalah account yang kamu butuhkan saat ini. Kamu bisa membelinya di group-group yang menyediakan account ini. Untuk harga rata-rata Godev Rp350.000 tanpa RDP dan dengan RDP biasanya Rp600.000. Setelah kamu mempunyai account Google Developer, upload dan publish applikasi kamu itu. Dan jangan lupa bersedekah dan berdoa agar applikasi kamu banyak yang download yah. Semoga sampai sini kamu bisa memahaminya, kalau tidak faham mungkin bisa googling untuk informasi tambahan yang tidak ada dalam artikel ini. Terimakasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk dishare ke kawan-kawan kamu ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar