Skip to main content

4 tipe anak baru masuk kerja

hari pertama kerja

BloggerBlitar.COM - Lingkungan kerja merupakan, lingkungan profesional. Dan cenderung ketika kita baru masuk kerja, perasaan canggung terhadap orang disekitar kita. Hal ini sudah lumrah adanya, mungkin adalah sifat alami manusia itu sendiri.

Dengan berbagai latar belakang karyawan, kita harus berhati-hati dalam bersikap pada hari pertama kerja. Hal ini harus kita perhatikan untuk memberikan kesan yang baik kepada atasan maupun kolega di kantor. Berikut ini adalah 15 tips yang dapat kamu lakukan pada hari pertamamu bekerja.
  1. Tunjukan sikap positif
  2. Gunakan pakaian yang formal
  3. Tunjukan semangat tim
  4. Ingatlah nama-nama rekan kerja
  5. Jangan malu bertanya
  6. Perbanyak mencatat pada hari pertama kerja
  7. Berinisiatif untuk hal yang baik
  8. Usahakan untuk tinggal lebih lama di kantor
  9. Hindari absen yang tidak penting
  10. Kurangi urusan pribadi saat jam kantor
  11. Berbaur setelah jam pulang kantor
  12. Perbanyak mendengarkan
  13. Pilih seseorang menjadi mentor
  14. Organisasikan pekerjaan dengan baik
  15. Informasikan kegiatanmu pada atasan

4 Tipe Anak Baru Masuk Kerja


Pilihan karir kaum millenial dan tipe ketika baru pertama kali masuk bekerja patut kita apresiasi. Terlebih dengan berkembangnya dunia teknologi saat ini. Pola dan tingkah lakunya memang mashook.

1. Si Sosialita

Siapa yang tidak tahu Facebook, Instagram, Twitter, dan WhatsApp. Applikasi sosial media yang penggunanya di Indonesia sangatlah besar ini. Mampu dalam hitungan detik memviralkan informasi-infomarsi dari penjuru tanah air.

Maka dari itu, sedikit saran buat kawan-kawan yang bahagia baru pertama kali diterima kerja. Untuk tidak menshare, informasi-informasi rahasia terlebih jika ada hubungannya dengan pihak perusahaan yang baru saja menerima kamu bekerja.

Batasi hal-hal yang akan kamu share ke media sosial. Salah-salah kamu bisa terciduk oleh salah satu petinggi perusahaan ditempat kamu bekerja, dan fatalnya bisa berakhir dengan tindakan PHK. Kan syedih deh, gak jadi nraktir bakso di kemang kan yah?

2. Si Pede

Manusia itu sendiri yang saya tahu mempunyai dua karakter, yakni introvet dan extrovert. Eh, kayaknya ada lebih dari dua ding, tapi saya sendiri lupa. ehehe...

Jika dengan kepedean kamu bisa mencairkan suasana tegang kamu di kantor pada hari pertama kerja, itu sih suatu hal yang sangat positif. Dengan begitu kamu akan cepat beradaptasi dengan partner kerja kamu, dan bisa lebih cepat memahami pekerjaan yang harus kamu lakukan nantinya.

Asalkan tidak over-pede yah, soalnya ada beberapa orang juga yang tidak suka sifat yang seperti itu. Kamu haru bisa membaca karakter teman kerja dan atasan kamu itu.

Asal kamu bahagia, kerjaan pasti lancar kebanyakan.

3. Si Skeptis

Lawannya kepedean, ada juga yang skeptis loch.

Sifat ini jika dibiarkan terus, akan menghambar karir kamu. Yang saya baca disebuah artikel online menyebutkan :

Seseorang yang memiliki sifat skeptis terkesan akan selalu merasa kurang percaya ataupun ragu-ragu pada semua hal termasuk dalam karir, percintaan, bahkan sesuatu yang menyangkut negara.
Jadi kamu harus mengatasi sifat ini, ada 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk menekan sifat skeptis ini, antara lain adalah :
  • Menyadari kekurangan dalam diri
  • Memahami konsep manusia sebagai makhluk sosial
  • Perluas lingkaran pertemanan
  • Tetaplah jadi dirimu sendiri dengan kualitas yang lebih baik
  • Rileks

Semoga ketika kamu bisa menerapkan 5 tips diatas, bisa menurunkan sifat skeptis tersebut yah. Ingat, yang terpenting adalah kamu fokus memperbaiki diri sendiri. Woosshhaaaa....

4. Si Pemalu

Biasanya sikap pemalu ini lebih ke introvert, atau tertutup. Tapi sepanjang pengalaman saya mengarungi pekerjaan dengan berpindah-pindah tempat dan pulau. Sifat pemalu ini, lambat laun pasti akan hilang. Percaya deh pokoknya.

Kenapa bisa hilang?

Ini sebetulnya faktor kebiasaan. Kita akan terbiasa bergaul dengan para profesionalitas kerja, sehingga ada dalam hati kecil kita untuk melakukan perubahan. Terlebih dalam satu minggu pasti wajib dan harus untuk presentasi hasil kerjaan kamu selama satu minggu kebelakang.

Jadi saya yakin, semua sifat negatif dalam diri kita ketika bekerja, akan semakin membaik. Semoga sih begitu. Ups...

Kesimpulan


Semua bisa menjadi seorang profesional dalam bidangnya. Satu yang harus dipertahankan adalah attitude. Sepintar apapun kita, jika minus akan attitude, niscaya bos kamu itu males lihat muka kamu hahaha...

Makanya, jangan bagak kali kau didepan bosmu itu yah, bisa-bisa gak naik jabatan pula kau ini.

Terimakasih telah membaca artikel kita, jangan lupa untuk terus mengikuti blog saya dan share setiap artikel tulisan dari blog ini di media sosial milik kamu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar