Skip to main content

Waktu terlama dalam installasi menggunakan Wordpress

Waktu terbanyak dalam installasi Blog Builder menggunakan Wordpress
Gambar oleh pixelcreatures

Berapa lama kamu menghabiskan waktumu selama proses installasi blog kamu? 1 jam? 2 jam? atau 3 jam? Saya rasa setiap orang akan berbeda-beda menghabiskan waktu berlama-lama dalam proses pembuatan blog. Proses adalah suatu tahapan seseorang dalam menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan sebelum melakukan aktifitas.

Begitu halnya dengan membuat blog ataupun website ada tahapan tertentu yang membutuhkan perhatian kamu paling lama. Kenapa? Karena proses membuat blog itu juga adalah seni, seni tidak selesai dalam satu malam. Ingat cerita Candi Borobudur? Candi tersebut tidak selesai dalam satu malam. Ada perjuangan yang tak kenal lelah dalam membangunnya. Kali ini kita akan membahas, beberapa hal menurut penulis dalam membuat blog menggunakan wordpress. Dan pada langkah yang seperti apa kamu akan lama mengerjakannya.

Membuat wordpress


4 tahapan yang membutuhkan waktu terlama disaat kamu membuat blog menggunakan wordpress. Kira-kira sebelum dilanjut, kamu paling lama pada bagian yang mana?

1. Installasi Wordpress

Kita tahu, wordpress adalah platform blogger yang sangat powerfull, bisa di oprek oleh penggunanya sesuka hati. Dan salah satu keunggulannya adalah proses installasi wordpress yang sangat mudah dan cepat, bahkan oleh orang awam sekalipun seperti saya ini. Software softaculous sendiri sangat membantu sekali dalam proses installasi di hosting kamu. Software ini menyediakan banyak script blog gratis yang proses installasinya juga sangat mudah. Jadi, menginstall wordpress menggunakan software softaculous ini hanya membutuhkan waktu 5 menit sampai dengan 10 menit saja. Cepat yah.

2. Memilih Theme

Wordpress sendiri sudah menyediakan ratusan themes yang tersedia di servernya, disitu kamu bisa memilih thema yang berbayar maupun gratis. Kedua versi tersebut tentu mempunyai perbedaan spesifik. Rata-rata user menghabiskan waktu 1 - 2 jam untuk memutuskan menggunakan theme yang cocok untuk niche blog yang akan dibuatnya. Karena menurut penulis, pemilihan theme akan menentukan tingkat ketertarikan visitor yang datang ke blog kamu. Jika tampilan blog kamu kurang eye-catch-ing tentu visitor tidak mau berlama-lama di blog kamu.

3. Design Layout

Karena design adalah sebagian dari seni, banyak beberapa user yang terinspirasi oleh website-website besar yang sudah terkenal. Inspirasi tidak hanya datang secara tiba-tiba, biasanya akan terinfluence oleh karakter yang sudah terecord dalam memory kita. Bisa jadi, design kita akan menjadi lebih unik dari beberapa inspirasi sebelumnya. Kalau menurut penulis, design layout bisa menghabiskan waktu 1 sampai 2 hari kurang lebihnya. Lama yah.

4. Plugin

Wordpress terkenal karena mempunyai plugin-plugin yang bisa mengdongkrak blog kamu berada di halaman terdepan mesin pencari. Dan banyak juga plugin-plugin yang sejenis dan menawarkan fitur-fitur yang berbeda. Misalnya plugin YOAST SEO yang sudah terkenal bisa membuat blog kamu selalu bertengger di mesin pencari. Perkiraan waktu dalam setting plugin untuk blog wordpress kamu, kurang lebih 1 jam install, dan setting saya rasa sudah cukup.

Jadi ternyata menginstall wordpress itu mudah yah, hanya butuh waktu dan kesabaran untuk menghasilkan karya seni yang unik. Kalau kita urutkan dari lamanya proses installasi ini berarti seperti ini : Design Layout, Memilih Theme, Install Plugin, dan Install Wordpressnya itu sendiri. Jadi dari sini, jika kamu ingin menginstall wordpress, mungkin bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk point yang durasi pengerjaannya lama. Sehingga kamu tidak menyiakan waktu yang terbuang saat menyewa hosting kamu. Selamat mencoba dan menulis konten untuk blogmu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar