Skip to main content

Cara setting Crawlers and Indexing blogspot agar cepat dibaca Search Engine

Cara setting Crawlers and Indexing blogspot agar cepat dibaca Search Engine. Mungkin banyak blogger pemula yang baru saja join di jurnal online made in Google yang belum tahu fitur ini. Fitur ini memungkinkan si pemilik blog agar lebih cepat terbaca oleh Search Engine Google terutamanya. Tahukan kamu? Search robots bertugas untuk mengenalkan update artikel terbaru kamu ke mesin pencari pada saat yang bersamaan ketika kamu memencet tombol Publish. Dengan begitu, mesin pencari akan berkomunikasi dengan blog kamu bahwasannya ada update terbaru yang sedang terjadi. Begitulah, kalau sudah kenal maka akan disayang, tak kenal maka tak sayang.

Berikut adalah yang akan kita praktekan dan terapkan diblog kamu, terutama jika blog kamu adalah blog yang baru dibikin.

Tujuan


Sebelum melangkah pada cara setting di halaman blog kamu, mari kita fahami dulu pengertian yang ada diceklist parameter blogger ini.

1. all - jika kamu melihat settingan all, maka tujuannya adalah agar Google mulai merambah semua bagian yang ada di blog kamu. Jika kamu tidak ingin Google merambah semua, tinggal tinggalkan settingan tersebut.

2. noindex - tidak semua orang membuat blog untuk dikonsumsi secara umum, mungkin kamu membuat blog hanya untuk diary yang bisa dibaca kamu. Maka, jangan sesekali mencentang pilihan ini, karena akan secara otomatis mesin pencari mengenal blog kamu tersebut.

3. nofollow - fitur ini sangat berguna untuk membawa blog kamu muncul dipermukaan mesin pencari. Mesin pencari akan merambah sampai kedalam link yang kamu tautkan diartikel kamu. Jadi kemungkinan begini skenarionya ; "Kamu melakukan percobaan, melakukan review artikel-artikel yang ditulis oleh blogger ternama, kemudian tag atau linkan ke source review kamu". Kalau menurut saya pribadi seperti itu.

4. none - fitur ini adalah kombinasi kedua point 2 dan 3. Bahwasannya, mesin pencari akan merambahi halaman blog kamu dan tautan link kamu. Jadi menurut saya, banyak-banyaklah melakukan experimen untuk meriview artikel-artikel orang dengan gaya yang lebih elegant.

5. noarchive - fitur ini berfungsi, ketika blog kamu down. Sehingga mesin pencari akan menampilkan salinan yang sudah tersimpan didalam database mesin pencari yang kemudian ditampilkan untuk visitor.

6. nonsnipet - fitur ini memungkinkan artikel kamu menduduki peringkat teratas dihasil pencarian. Dan jika kamu ingin artikel kamu hanya dibaca oleh member berbayar kamu, maka wajib dicentang fitur ini tentunya.

7. notranslate - karena blogger adalah milik dari Google, maka jika ada visitor kamu yang ingin membaca blog kamu sesuai bahasa mereka maka blog kamu akan bisa ditranslate. Tetapi jika kamu hanya menargetkan visitor lokal, maka centang option ini tentunya.

8. noimageindex - fitur ini mungkin sangat cocok bagi situs penyedia wallpaper. Memungkinkan, semua gambar yang ada di blog/site kamu tidak akan bisa diindex oleh mesin pencari.

9. unavailable_after - fitur ini bermanfaat jika kamu mendapatkan teguran oleh Google Adsense bahwasannya blog kamu telah terjadi pelanggaran artikel. Jika tidak ingin dihapus artikel yang dimaksu, maka aktifkan saja fitur ini di postingan yang bermasalah tersebut. Caranya adalah, cari artikel yang dimaksud kemudian edit dan pilih Custom Robot Tags kemudian centang fitur ini. Maka secara otomati, artikel kamu sudah tidak dibaca oleh mesin pencari.

Setting Custom Robot Tags


Mari langkah selanjutnya setelah kita mengetahui pengertian-pengertian parameter yang diberikan oleh Blogger, selanjutnya adalah masuk ke menu settingan tentunya.

Langkah 1. Masuk ke menu pengaturan blogger. Pilih blog yang akan kamu setting, jika kamu memiliki lebih dari satu blog.

Langkah 2. Kemudian arahkan pandangan kamu ke pengaturan Search Preference. Kebetulan settingan blogger saya menggunakan bahasa Inggris yah gaes.

Cara setting Crawlers and Indexing blogspot agar cepat dibaca Search Engine
Karena sebelumnya kamu sudah memahami pengertian-pengertian parameter yang sudah disediakan oleh Google, maka dari itu settingan tersebut adalah yang sudah dianjurkan oleh para master-master SEO. Jika kamu ingin merubahnya, baca baik-baik kembali point-point diatas yang sudah dibahas tadi. Agar memnimalkan cidera pada blog kamu tentunya. Settingan ini juga, bisa kamu temui di panel postingan kamu pada saat kamu menulis artikel. Panel settingan tersebut berada disebelah kanan pandangan kamu.

Mungkin sampai sini kalian sudah faham bagaimana setting blog kamu agar mudah dibaca mesin pencari berikut pengertian parameter settingan tersebut. Mari kita lanjutkan ke pembahasan Robots.Txt yang tidak kalah penting seperti settingan diatas tersebut.

Robots.Txt

Sama halnya dengan materi diatas, robots.txt juga membantu blog kamu bisa berada diurutan teratas pada mesin pencarian. Robots.txt sendiri nanti berisi beberapa baris kode sederhana yang akan dipasangkan pada blog kamu. Kode tersebut untuk merambah postingan kamu, ataupun sebaliknya tidak diizinkan untuk discan oleh mesin pencari. Skemanya adalaha mesin pencari akan menscan kode yang telah dipasang sebelum menscane blog kamu nantinya. Manfaat dari kode tersebut tentu untuk bisa di baca mesin pencari sama halnya dengan Custom Robots Tag diatas tadi.

Mari kita jelaskan definisi dari kode yang akan ditempelkan ke blog kamu, sedikitnya adalah supaya kita memahami dalam penyettingan file blog kamu tersebut.

Kode pertama : User-agent: Mediapartners-Google kode ini mengartikan bahwasannya blog kamu bekerja sama dengan Google Adsense. Biarkan settingannya seperti ini agar iklan yang muncul di blog kamu sesuai dengan isi dari artikel yang ada di blog kamu.

Kode kedua : User-agent: * dijelaskan menurut Google, kode ini mengidentifikasi semua robot yang ditandai dengan (*). Dan kode ini diikuti oleh kode seperti Disallow: /search dengan pengertian semua keyword  di link kamu yang mempunyai kata "Search" maka tidak akan diabaikan oleh mesin pencari. Biasanya ini muncul pada link berlabel pada blog kita. Label tersebut bertujuan untuk mencari pada label yang dituju maka, pada domain akan muncul keyword "Search" pada link di browser kamu. Link inilah yang tidak akan dibaca oleh mesin pencari.

Kode ketiga : Allow: / sebetulnya masih berkaitan dengan kode diatas. Artinya adalah kode ini mengizinkan mesin pencari merambah halaman home weblog kamu.

Kode keempat : Sitemap yang artinya robot akan merambah semua aktifitas terbaru dari weblog kamu. Setiap artikel yang baru akan discan oleh robots untuk dibaca oleh mesin pencari.

Penjelasan Disallow dan Allow.


Mungkin masih terasa membingungkan dengan pengertian disallow ataupun allow dalam barisan kode sederahana diatas. Mari kita jelaskan agar tidak salah setting pada blog kita tentunya.

Disallow Post. Artinya adalah kita bisa dengan leluasa melarang postingan tertentu kita untuk tampil dihalaman mesin pencari. Sebetulnya siapa sih yang mau melarang artikel kita tidak dibaca oleh orang lain. Tapi barang kali ada yang tidak ingin ditampilkan postingan tersebut maka beginilah caranya.

Masukan kode disallow tersebut, dan diikuti oleh artikel yang kamu tuju sudah dipersiapkan untuk tidak ditampilkan di halaman mesin pencari.

Contoh : Disallow: /tahun/bulan/permalink.html

Kurang lebih seperti itu yang akan kamu tulis dikolom robots.txt, isikan link yang dituju, jika ingin membuat beberapa link tambahkan saja dibaris berikutnya dengan link postingan yang berbeda tentunya. Tapi saya agak khawatir ini akan bermasalah pada, search console kamu nantinya. Biasanya akan timbul warning warna merah disana.

Disallow juga bisa diterapkan pada page yang sudah kamu buat. Page yang menurut kamu tidak berfungsi, tapi tidak ingin dihapus. Tinggal tambahkan kodenya seperti ini.

Contoh : Disallow: /p/yourpage-url.html


Allow Post. Ini hanya kebalikan dari fungsi disallow tentunya. Mungkin sudah faham sampai sini, mari kita terapkan pada blog kita masing-masing.

Menambahkan kode

Langkah pertama : Masuk kedalam dashboar blogger kamu.
Langkah kedua : Masuk kedalam menu pengaturan, kemudian pilih Search Preference dan akan terlihat seperti gambar dibawah ini.


Gambar tersebut menunjukan kolom mana yang akan kamu edit. Arahkan mouse kamu ke, enable custom robots.txt kemudian centang Yes. Dan isikan kode-kode ini ke kolom tersebut :

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: https://www.bloggerblitar.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Dengan catatat, sitemap kamu isikan dengan nama blog kamu yah. Sampai sini sudah selesai setting parameter untuk robots.txt. Selanjutnya kamu tinggal fokus membuat tulisan yang bermanfaat, agar pengunjung kamu bisa sering balik ke blog kamu tentunya.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih sudah mampir di blog saya, dan jangan lupa untuk share artikel ini di Social Media milik kamu dan jangan lupa datang lagi yah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar