Recent Posts

Bing Webmaster. Tool penting untuk blogger Indonesia

Setelah kemarin kita membahas 7 rekomendasi blog builder, tentu tidak ketinggalan bagaimana caranya kita mengoptimasi blog yang sudah dibuat sebelumnya. Tidak mau dong, sudah mengeluarkan banyak tenaga untuk membuat blog tapi ternyata blog kamu tidak terindex oleh mesin pencari. Nyesek gaes rasanya. Yang akan dibahas dalam artikel ini adalah Bing Webmaster milik dari Microsoft company.

Search Engine


Apa itu search engine. Mari kita translate kedalam bahasa Indonesia agar lebih mudah dimengerti. Dalam bahasa Indonesia artinya adalah mesin pencari. Fungsinya menemukan sebuah website yang mengandung keyword (red: kata kunci) dari sipencari informasi tersebut. Jadi jangan harap website kita itu muncul di mesin pencari tanpa kita sebagai webmasternya ini mendaftarkannya ke mesin pencari tersebut. Yang terjadi ketika kita tidak mendaftarkannya, algortima mesin pencari tidak bisa membaca sitemap.xml, feed rss kita yang akhirnya website kita tidak dikenal oleh user yang mencari informasi tersebut. Menyakitkan gaes.

1. Google

Mesin pencari Google adalah yang paling pertama lahir menurut pengetahuan penulis. Jadi ini adalah salah satu mesin pencari raksasa di Dunia. Persaingan yang terjadi didalam google sangat luar biasa, keyword setiap detiknya berkeliaran di mesin dari google. Jadi ketika kamu sudah memutuskan untuk menjadi seorang blogger, harus siap sedia memantau perkembangan keyword yang sedang ramai di google. Salah satunya menggunakan Google Analytic.

Kemudian apa yang dilakukan kamu agar bisa dikenal oleh mesin pencari google? Salah satunya dengan cara mensubmit URL website kamu ke Google Search Console, dulu namanya adalah Google Webmaster. Setelah kamu mensubmitnya, minimal akan terindex selama 1 minggu atau 6 hari setalah submit. Kecuali domain blog kamu sudah dibanned oleh google.

2. Bing

Bing adalah mesin pencari bikinan dari Microsoft, tentu misinya adalah menyaingi monopoli dari google. Ini adalah level persaingan bisnis tingkat tinggi antara Google dan Microsoft. Tentunya setiap produk mempunyai customernya sendiri-sendiri, jadi kita sebagai penjual yang mempunyai target customer harus ikuti apa keinginan customer. Jika customer kita menginginkan website kita hadir di mesin pencari Bing, maka itu ya kita wajib harus mendaftarkan website kita ke Bing Webmaster agar bisa terindex di Bing. Kurang lebihnya seperti itu.

Jika sales blog kita sudah masuk ke kedua pasar tersebut langkah selanjutnya adalah mencari keyword yang sedang ramai dikedua pasar tersebut dan peluangnya agar blog kita bisa muncul dihalaman pertama tentunya.

3. Yahoo Search

Penulis sendiripun sebetulnya hampir tidak pernah menggunakan Yahoo untuk pencarian informasi, disamping tampilannya yang tidak user-friendly dan sepertinya pamor Yahoo pun sudah mulai redup. Tapi karena kita sebagai webmaster tentunya pasar Yahoo pun harus kita masuki juga gaes, dengan tujuan tentunya kita mendapatkan traffic tambahan dari Yahoo.

Tapi kali ini yang akan dibahas adalah bagaimana caranya memasukan URL blog kita ke mesin pencari Bing. Mungki diatas tadi adalah 3 rekomendasi penting mesin pencari agar website kita bisa dijamah dengan ramah disana.

Bing Webmaster


Kemudahan kita dalam mensubmit URL website ke Bing Webmaster disitu disediakan dua pilihan; salah satunya adalah dengan mengimport dari Google Search Console jika website kamu sudah terverifikasi disana. Tapi jika kamu belum melakukannya, tinggal submit secara manual URL kita dan mulai melanjutkan proses yang diminta oleh Bing Webmaster.

1. Submit URL

Langkah pertama kamu siapkan URL yang akan disubmit, kemudian ketikan url dari Bing Webmaster di browser kamu. Yang akan tampil seperti gambar berikut ini :

Bing Webmaster

Gambar diatas adalah tampilan dashboar Bing Webmaster, silahkan untuk masukan url kalian yang sudah penulis berikan tanda panah. Kemudian langsung klik tombol ADD.

Bing Webmaster
Kemudian akan dibawa kehalaman selanjutnya untuk memasukan sitemap dari blog kalian, terlihat seperti gambar diatas. Pada opsi sitemap, usakan pilih all day karena penuli yakin kalian sebagai blogger akan menulis setiap hari tentunya.

2. Kode Verifikasi

Jika langkah-langkah diatas sudah dikerjakan, maka langkah selanjutnya adalah memasukan kode verifikasi yang diberikan oleh bing webmaster kedalam template blog kamu. Tujuannya agar Bing bisa merambah kesuluruh script blog kamu.

Bing webmaster

Gambar tersebut menunjukan, proses submit url blog kamus sudah selesai. Langkah selanjutnya kopikan kode tersebut kedalam template kamu. Posisi kode tersebut kamu tempelkan setelah <head> agar proses verfikasinya tidak gagal.

Verify bing webmaster

Setelah kode diatas tertanam di template blog kalian, langkah terakhir adalah memverifikasi kode tersebut, dengan cara menekan tombol VERIFY dan jika kode yang kamu letakan di template tidak salah maka akan diberikan notifikasi SUKSES.

Begitu langkah-langhkah yang harus kamu ikutin agar website kamu bisa terbaca oleh mesin pencari Bing. Selanjutnya adalah update terus setiap hari artikel di website kamu.

0 Response to "Bing Webmaster. Tool penting untuk blogger Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel