MASIGNALPHA101

Penjelasan Tentang Menu-Menu Dasar Di Dashboard Blogger dan Fungsinya Update 2018

Penjelasan Tentang Menu-Menu Dasar Di Dashboard Blogger dan Fungsinya Update 2018
8/27/2018
Penjelasan Tentang Menu-Menu Dasar Di Dashboard Blogger dan Fungsinya Update 2018 - Bagi para pemula yang pertama kali membuat blog di Blogger.com, pasti akan merasa bingung dengan menu-menu yang ada di Dashboard blogger.


Untuk mengantisipasi hal tersebut pada langkah selanjutnya, kita akan membahas dan mengenali tentang menu-menu yang ada di Dashboard blogger beserta fungsinya. Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas :
1.Menu Utama Blogger
Disini saya akan menjelaskan tentang semua menu-menu yang ada di blogger, karena ini sangat penting bagi anda yang belum tau tentang fitur-fitur yang ada di blogger.

1.Menu Postingan
Di halaman awal blogger adalah menu postingan. Seperti gambar dibawah ini :


Halaman postingan dipakai untuk membuat dan mengelola postingan blog ini nantinya. Di menu ini terdapat Label, Published, draft dan semua postingan.

Jika anda mengklik “Entri Baru” atau “Buat  postingan baru” maka anda akan dibawa ke halaman editor konten. Di Halaman tersebut terdapat beberapa menu, termasuk halaman edit postingan mode compose dan mode HTML. untuk tampilannya seperti dibawah ini.
Menu Edit Postingan Mode Compose.
Mode Compose

Menu Edit Postingan Mode HTML

Jika anda sudah terbiasa menulis di blog, anda akan lebih mudah menguasai halaman pembuat konten di blogger. Pastikan sebelum membuat konten, anda harus membuat judul artikel dulu agar link sesuai dengan judul nantinya. Setelah konten selesai dibuat, lalu klik “Publish

2. Menu Statistik
Di Tab ini, anda dapat melihat beberapa informasi mengenai traffic kunjungan, mulai dari postingan mana saja yang di lihat, sumber lalu lintas, penayangan per hari berapa, sampai dengan informasi tentang pengunjung anda.


Namun yang perlu diingat, bahwa statistik disini tidak akurat sehingga anda harus menautkannya ke google analytics untuk mendapatkan data yang akurat, atau anda bisa menggunakan Histats untuk merekam aktifitas pengunjung.

Baca Juga : Cara Mendaftar dan Menautkan Google Analytics ke Blogger

3.Menu Komentar

Seperti namanya, tab menu komentar berfungsi untuk mengelola komentar yang masuk dan sudah ada di blog. Jika anda mengaktifkan fitur moderasi komentar, maka dapat mengontrol komentar yang tampil di blog. Selain itu juga terdapat menu “Spam”.

4.Penghasilan / Earning
Menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan penghasilan di google adsense. Menu ini akan tampil jika kita telah melakukan pengaturan bahasa pemformatan menjadi bahasa inggris. Jika anda masih bingung, silahkan baca artikel berikut ini : Cara Menampilkan Menu Earning (Penghasilan) Di Dasbor Blogspot

Jika kita sudah mendaftar di google adsense, maka di sebelah kanan akan terlihat akun google adsense. Akun tersebutlah yang akan digunakan untuk bertransaksi penghasilan blog anda dengan google adsense.

5.Menu Halaman
Hampir sama dengan menu postingan di atas, tapi menu halaman bedanya adalah halaman statis. Jika anda klik link “Buat Halaman Baru” maka anda akan tiba di editor laman.

Setelan laman hampir sama dengan setelan postingan, yang paling mencolok adalah pengaturan link.

Dan anda juga bisa membuat menu about, contact us, privacy policy, Sitemap, T.O.S dan Disclaimer.

6.Menu Tata Letak
Menu tata letak digunakan untuk mengelola widget-widget halaman. Saya tidak memakai banyak widget dalam sebuah blog. Saya hanya memakai widget-widget yang menurut saya penting agar kecepatan loading blog tidak lambat.

7.Menu Tema
Nah, jika anda sudah mencari dan mendapatkan template yang keren di internet, ubah template blog anda disini dengan mudah. Jika belum, anda bisa mendownloadnya di blog saya, di alamat berikut ini : www.anazdzgn.com
Bagi yang belum tahu bagaimana cara mengubahnya, silahkan baca artikel saya berikut ini : Cara Mudah Mengganti Template Blogger Dalam Beberapa Langkah Terbaru

Selain itu, Halaman ini juga dapat anda pakai sebagai tempat mengedit template blog jika template yang anda upload tadi ada beberapa bagian yang kurang sesuai.

8.Menu Setelan
Menu terakhir ini sangat kompleks, karena hal ini banyak menyangkut ke teknik SEO, dan peringkat blog di mesin pencari. Selain itu, karena setelan juga mengurusi urusan manajemen blog.

Ada Sub menu Dasar, Postingan, Komentar dan berbagi, bahasa dan pemformatan, preferensi penelusuran, lainnya, setelan pengguna dan Email.

Daripada pusing, Yuk kita simak menu mana saja yang harus di setting setelah membuat blog baru.

- Setelan
Setelan > Dasar
Deskripsi disini adalah tagline dari blog anda. Cobalah isi dan lihat hasilnya.
Contoh : Blog Berbagi Informasi dan Tutorial
Jika tidak bagus, kosongkan saja seperti diatas.

- Setelan SSL dan HTTPS di Blogspot
Setelan > Dasar > HTTPS
HTTPS atau SSL diaktifkan agar pengunjung merasa aman. Bisa dilihat dibagian kiri atas ada semacam gembok dan tulisan “Secure”.
Jika blog anda menyimpan informasi-informasi penting pelanggan, seperti Email atau nomor rekening, maka website anda harus memakai SSL.

-Setelan > Lainnya
Bagian ini adalah bagian yang menyangkut tentang Google Analytics sebagai alat “perekam” kunjungan. Saya isi dengan ID Pelacakan Google Analytics.

Pengaturan feeds
Setelan > Lainnya
Bagian ini berisi pengaturan feeds agar tidak terjadi “ kebocoran artikel ” karena sistem blog AGC.

Mengatur meta deskripsi blogspot
Setelan > Preferensi penelusuran
Hal yang perlu diatur di sini antara lain :
1. Deskripsi yang mendeskripsikan blog Anda.
2. Pengalihan khusus (redirect) yang harus dilakukan bila ada halaman error 404.

Yang lainnya bersifat opsional namun jangan main-main karena bisa saja malah berdampak buruk.

Cara mengatur komentar blogger
Setelan > Postingan, komentar, dan berbagi
Email dan moderasi komentar selalu saya atur seperti itu.

Pengaturan komentar saya, biasanya demikian karena banyaknya komentar “aneh” yang masuk apalagi alamat blog yang sekarang semakin banyak komentar-komentar tidak sopan.

Nah, saya sudah bercerita banyak tentang menu-menu dasar yang ada di blogger dan mengatur blog seperti yang biasanya saya lakukan.

Sekarang saatnya saya mengucapkan selamat.

Selamat datang di dunia blogger dan selamat menjalani hidup sebagai seorang blogger.

Bagi yang belum paham dan masih ada pertanyaan, silahkan bertanya melalui kolom komentar di bawah.
Anas Ikwana Channel

Hanya seorang Blogger & Content Writer yang senang mempelajari dan berbagi informasi, tutorial dan seputar dunia internet.

avatar

salam kenal dari bloggeraceh.com

August 29, 2018 at 12:33 AM
avatar

Salam juga, dari blogger blitar

August 30, 2018 at 10:35 PM