Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sablon Kaos, Salah Satu Usaha yang Tak Lekang Oleh Waktu

Konsep berfoto bersama keluarga memang menjadi salah satu mode kekinian untuk diupload ke Sosial Media. Lantas bagaimana memilih seragam yang pas dan berbeda dengan beberapa foto keluarga lainnya? Salah satu andalan saya adalan memesan Sablon Kaos ke teman dengan desain yang sudah dikonsep terlebih dahulu.

Sablon Kaos, Salah Satu Usaha yang Tak Lekang Oleh Waktu
Image by Free-Photos from Pixabay

Sablon Kaos dengan desain sendiri selain berbeda dengan beberapa foto keluarga lainnya juga mempunyai kepuasan sendiri yang lebih aesthetic.

Pengertian Sablon Kaos

Sablon Kaos secara harfiah adalah menggambar dengan menggunakan cat dan alat khusus dengan template yang sudah dibuat untuk permukaan selain kertas. Cara menggambarnya pun tidak seperti kita menggambar dialas kertas, melainkan potongan-potongan rapi membentuk gambar sehingga seseorang hanya mengisi cat pada bagian yang sudah ditentukan (berlubang).

Teknik seperti ini sudah ada sejak zaman VOC berdagang di Indonesia, dan mungkin saja akulturasi dari budaya barat pertama yang diserap oleh rakjat Indonesia pada waktu itu. Sjabloon kalau orang Belanda menyebutnya, dan ternyata akulturasi bahasa tersebut juga menjadi salah satu kosa kata Bahasa Indonesia. Hmm… Kira-kira penulis harus mengucapkan terimakasih tidak yah atas akulturasi ini?

Nama Tinta Sablon Kaos

Untuk menghasilkan warna ataupun kualitas sablon kaos yang bagus dan tahan lama, sebaiknya kita sebagai pemilik usaha sablon kaos juga harus memperhatikan beberapa merk ataupun komposisi bahan chemical yang ada didalam tinta tersebut.

Ingredient suatu produk itu akan menentukan kualitas ketahanan dan kecerahan warna yang akan dietmpelkan pada bahan kaos loh. Maka dari itu sebaiknya anda sebagai pemilik usaha ini harus selalu membaca ingredient tersebut.

Jenis tinta yang sering digunakan adalah sebagai berikut :

  1. Tinta neo-pigement kornit
  2. Tinta artistri duppont
  3. Tinta image armor
  4. Tinta platisol
  5. Tinta rubber

Di market place Tokopedia saya menemukan Tinta DTG grow ink seharga Rp168.000 yang sangat terjangkau dengan media yang dapat digunakan adalah Cotton Combed 24, 28, 30s bahan yang sering digunakan untuk standar Distro di kota-kota besar seperti Bandung.

Pesan Sablon Kaos Satuan

Beberapa jasa sablon kaos didaerah terkadang lebih kompromi dikarenakan kita dapat memesan project satuan dan tidak ada syarat minimal dalam pemesanan. Salah satu penyebabnya karena sudah banyak dan ketat untuk persaingan usaha jenis ini. 

Lain halnya di kota-kota besar mungkin jika kita akan memesan sablon kaos satuan tidak akan dilayani dikarenakan jasa tersebut biasanya sudah mendapatkan order dari distro-distro yang sudah mempunyai pelanggan loyal dalam sebulannya.

Tempat Sablon Kaos di Blitar

Di kota Blitar seperti nama blog kami BloggerBlitar.com usaha-usaha seperti ini sudah menjamur dan dengan persaingan yang sangat kuat. Jika pembaca berasal dari kota Blitar, berikut ini adalah list dari pasa jasa sablon kaos tersebut :

  1. 24 YEAR STRONG
  2. Rama Konveksi 
  3. Blitar Omah Sablon
  4. BLITAR ART SCREEN PRINTING
  5. Konveksi Kaos & Sablon ANEKA
  6. Sablon Blitar
  7. Indyt Sablon Blitar
  8. GBF Art sablon
  9. REDZONE
  10. Sablon blitar says
  11. Ureka Kaos
  12. Safaraz Tee
  13. Hell Street Clothing
  14. Masterpiece Blitar
  15. Sandang Sablon Blitar

Mesin Sablon Kaos

Untuk jasa sablon kaos yang sudah mempunyai ribuan Purchase Order tentu harus mempunyai alat printer yang berteknologi tinggi. Misalnya saja seperti mesin printer DTG (Direct to Garment) dimana kecepatan produksi akan sangat membantu anda untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Salah satu produk rekomendasi dari kami adalah Printer Epson R 1390 yang sudah didesai sedemikian rupa sehingga dapat mencetak pada media kaos. Dari beberapa review, produk yang digabungkan dengan printer Epson ini adalah Innovatec tipe DTG A3.

Gambar yang sudah anda desain masukan kedalam software printer dan dicetak hanya dalam beberapa waktu saja. Untuk beberapa treatment lain agar tinta terlihat mengkilat dan tahan lama gunakan Cairan Chemical merk Fastprint 1000 Ml dengan harga sekitar Rp130.000 di Tokopedia.

Harga Sablon Kaos

Masing-masing pengusaha memberikan harga yang berbeda-beda, namun menurut beberapa pengalaman penulis menggunakan jasa sablon kaos direntang harga yang tidak terlalu mahal yakni Rp80.000 sampai dengan Rp90.000 belum termasuk ongkir jika anda sebagai pemesan berada diluar jangkauan pengusaha tersebut.

Jadi tunggu apalagi, wujudkan desain impian anda untuk berfoto bermasa keluarga dengan thema yang lain daripada yang lain. Selamat mencoba ya.


Posting Komentar untuk "Sablon Kaos, Salah Satu Usaha yang Tak Lekang Oleh Waktu"