Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Pengertian Expired Domain

 

Memahami Pengertian Expired Domain
Image by Markus Winkler from Pixabay

Domain sebuah blog ibarat branding ataupun merk dagang profil pribadi ataupun company. Menggunakan nama domain yang baik diingat oleh pengunjung merupakan salah satu trik agar pengunjung datang Kembali dan hal itu berpengarung sekali akan tingkat bounce di Google Analytics.

Sedangkan untuk pilihan anda akan menggunakan Domain Expired ataupun register domain baru itu adalah sebuah pilihan bagi anda. Tentunya jika anda menggunakan domain expired mempunyai banyak keuntungan tersendiri yang berguna bagi anda dan waktu anda.

Keuntungan Domain Expired

Domain expired menandakan domain tersebut sebelumnya pernah terdaftar, dan tentu mempunyai histori yang panjang oleh pemilik sebelumnya.

Kita tidak tahu domain expired tersebut untuk dijadikan apa oleh pemilik sebelumnya, namun anda tidak usah khawatir karena sudah banyak tools yang berguna untuk melihat nilai-nilai dari domain expired tersebut. 

Domain expired mempunyai beberapa keuntungan antara lain :

  1. Domain lebih mudah terindex, karena Google masih menyimpan chache dari domain tersebut.
  2. Sudah mempunyai backlink baik itu ke homepage maupun ke link artikel.
  3. Mempunyai DA dan PA yang tinggi.
  4. Rangkin Alexa yang kecil.

Keuntungan tersebut berasal dari semasa Domain Expired itu aktif dan dikelola dengan baik oleh penggunanya. 

Kekurangan Domain Expired

Dari beberapa keuntungan diatas, tentu kita harus menganalisa kekurangan menggunakan Domain Expired. Sebab jangan terlena dengan iming-iming domain sudah pernah digunakan dan mempunyai banyak backlink akan mampu dengan instan mengangkat kemabli setelah deregister ulang. 

Tidak semudah itu ferguso.

Mari kita menganalisa apa sih kekurangan menggunakan domain expired, secara ringkas akan saya tuliskan seperti ini :

1. History Domain Tidak Sehat

Jangan terlena dengan umur domain ya, terlebih jika sudah tidak aktif bertahun-tahun. Anda harus melihat juga historynya bisa melalui archived web. Baca baik-baik apa yang dilakukan oleh pengguna sebelumnya. Jika memang hasilnya baik, ya ambil saja.

2. Backlink Sampah

Tidak banyak para pemain blogger ancient atau kawakan sudah tentu banyak menerapkan Teknik-teknik SEO yang mungkin tidak ada di zaman sekarang ini. Anda harus dapat memastikan backlink untuk domain expired anda ini benar-benar menggunakan White Hat Teknik. Jangan sampai anda membelinya dengan kondisi backlink yang bisa dikatakan hanya sampah belaka.

3. Spam Score

Metode MOZ untuk menilai domai spam score bisa jadi dari algoritma backlink, jika backlink yang berulang-ulang hanya dari satu domain bisa jadi itu dikatakan spam backlink. Anda harus benar-benar jeli dalam melihat kondisi spam score ini. Jika diatas 10% lebih baik tinggalkan saja domain tersebut ya.

Kesimpulan 

Kalau saya sendiri baru bermain satu domain di domain expired, saya beli dengan harga murah saja yakni sebesar Rp50.000 dengan DA dan PA yang tinggi. 

Saya belum mengexplorasi kemampuan domain tersebut untuk bertarung diajang pencarian mesin pencari Google. Karena saya sendiri baru menulis satu artikel di domain tersebut. Hehe..

Jadi jika anda mau mencoba untuk menggunakan domain expired, silahkan saja. Gunakan waktu untuk riset hasil tahun-tahun sebelum selama domain tersebut masih aktif. Dan semoga anda sukses dengan domain tersebut, dan jika sukses tolong berikan backlink ke blog BloggerBlitar ya. 😊

**Rujukan :
a.  Kelebihan dan Kekurangan menggunakan domain expired - baca

Posting Komentar untuk "Memahami Pengertian Expired Domain"