Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan Harga Mesin Penyedot Debu Rekomendasi 2021

Mesin penyedot debu pertama dibuat oleh Ives McGaffey dari Amerika pada 1871. Dinamai Aspirator, mesin ini menggunakan sistem kerja pompa udara terbalik yang bergerak dengan mesin uap. Karena bentuknya yang masih cukup besar dan rumit serta memerlukan mesin uap, maka hanya cocok digunakan di pabrik berskala besar. 

Hubeth Cecil Booth berhasil membuat mesin penyedot debu bertenaga listrik pada tahun 1901. Akan tetapi mesin yang dibuat oleh pemilik Vacuum Cleaning Company yang berlokasi di Inggris ini juga masih berbentuk sangat besar. 

Jenis dan Harga Mesin Penyedot Debu Rekomendasi 2021
Image by Michal Jarmoluk from Pixabay

James Murray Spangler adalah orang Amerika yang memperkenalkan mesin penyedot debu listrik yang berbentuk ringkas dan ringan pada tahun 1907. Kemudian paten alat penyedot debu listrik tersebut dijual kepada William H. Hoover. Alat penyedot debu itu kemudian dipasarkan dengan merk Hoover Model O.

Jenis Mesin Penyedot Debu

Ada beberapa jenis mesin penyedot debu,  biasanya dibedakan dari bentuk atau perbedaan mekanisme kerja.  Diantaranya adalah:

1. Upright Vacuum Cleaner

Bentuk mesin penyedot debu ini merupakan model pertama yang dipasarkan. Berbentuk lurus dengan mesin serta kantung debu berada dalam satu bagian.  Masih menggunakan mekanisme gaya tekan sehingga bobot mesin ini cukup berat. Keunggulan mesin penyedot debu ini memiliki daya hisap yang cukup kuat serta daya tampung kantung debu yang cukup besar bisa digunakan untuk ruangan yang luas dalam sekali pakai. 

2. Canister Vacuum Cleaner

Mesin penyedot debu ini terdapat dua bagian, yaitu tangki penampung debu dan selang penyedot. Penggunaan selang membuat alat penyedot debu ini bisa menjangkau sudut ruangan yang sulit. Bagian-bagian dari mesin penyedot debu jenis ini bisa dilepas sehingga memudahkan dalam perawatan. 

3. Handheld Vacuum Cleaner

Sesuai namanya,  mesin penyedot debu ini merupakan mesin penyedot kecil yang bisa digunakan dengan satu genggaman tangan saja.  Bentuknya yang ringkas dan ringan sehingga mudah digunakan.  Kelemahannya adalah bentuk yang kecil membuat kantung debu juga berukuran kecil sehingga harus berulangkali membuang debu yang tersimpan. 

4. Stick Vaccum Cleaner 

Mesin penyedot debu yang memiliki desain yang panjang dan ringan seperti gagang sapu. Dilengkapi sikat penghisap pada bagian kepala yang halus sehingga aman digunakan untuk permukaan perabotan atau lantai. Keunggulan lain adalah suara yang dihasilkan sangat minim sehingga tidak menggangu. 

5. Robotic Vaccum Cleaner 

Sesuai dengan namanya,  mesin penyedot debu ini merupakan mesin yang bergerak sendiri/robotic sangat membantu bagi orang-orang yang sangat sibuk sampai tidak sempat melakukan tugas bersih-bersih. Berbentuk seperti piring yang pipih sehingga mudah menjangkau kotoran yang bagian bawah sofa serta perabotan lain. Beberapa jenis juga dilengkapi fitur pre-scent filter sebagai pengharum ruangan. 

Harga mesin penyedot debu

Jika dilihat dari situs belanja online,  mesin penyedot debu yang paling murah adalah jenis handheld seharga 60 ribuan dengan merk Bolde Super Hoover, sedangkan yang termahal adalah jenis Robotic seharga puluhan juga dengan berbagai macam merk seperti IRobot Roomba.

1. Karcher IVC 60/12-1 Ec H Z22

Rekomendasi mesin penyedot debu pertama ini untuk kelas industri dimana alat ini untuk pembersihan sanitasi areal Perusahaan untuk memenuhi standar ISO, ataupun HACCP. Dengan begitu mesin yang dilengkapi dengan Motor EC (External Combustion) tahan aus dan sudah sesuai dengan kriteria untuk penggunaan di dalam Pabrik dan juga untuk pembersihan alat-alat pabrik.

Dijual dengan harga Rp110.000.000 (sudah include PPN) bapak bisa membeli Karcher IVC ditoko online Monotaro.

Pengajuan budget tinggi mungkin harus melalui CAPEX, hal ini karena harus persetujuan sampai BOD sebagai pemberi kewenangan untuk pembelian barang-barang sebagai investasi. Melihat dari spesifikasinya, Karcher IVC ini cukup tangguh untuk digunakan didalam pabrik. Setidaknya jika alat ini dibeli baru mungkin tidak akan diservice selama 5 - 7 tahun kedepan selama pemakaiannya dan perwatan dilakukan dengan baik dan benar.

2. Twinbird

Rekomendasi kedua untuk mesin penyedot debu adalah Twinbird dan didistribusikan oleh PT Neohaus Indonesia. Dijual dengan harga Rp65.000.000 bapak sudah mendapatkan beberapa kelebihan diantaranya adalah :

Teknologi vaccum dengan turbo jet yang menghisap debu dengan sangat kuat dan cepat, sehingga perabotan anda lebih cepat bersih dan rapi. Ketika menemukan tempat yang sempit seperti alat-alat di pabrik yang berhimpitan satu sama lain, maka Twinbird dengan mudahnya menggunakan fitur Blow yang meniup debu-debu dan kotoran dengan sangat mudahnya.

Yang terakhir adalah fitur Brush, yang berfungsi untuk menyikat bagian permukaan yang terdapat kerak membandel sehingga lebih cepat lepas dan bersih seketika.

3. Electrolux ZB 3423B

Rekomendasi terakhir mesin penyedot debu dengan harga yang terjangkau untuk keluarga atau rumahan, yakni produk dari Electrolux dengan harga Rp5.471.000. Di disain dengan bulu-bulu halus yang mampu merawat lantai ataupun permukaan perabotan yang ada di rumah bapak, sehingga bersih namun tidak rusak oleh mesin penyedot debu tersebut.

Daya hisap Electrolux ZB 3423B ini mampu mengangkat debu yang sangat halus hingga partikel berukuran XXL. Dilengkapi dengan indikator daya dimana dapat termonitor kebutuhan untuk mencharge ulang kembali baterai yang disematkan pada Electrolux tersebut.

Produk ini dilengkapi dengan aksesoris bawaan untuk menjangkau debu-debu disetiap pojokan rumah bapak sehingga anak-anak aman dari bakteri dan virus yang berkeliaran. Dijamin produk ini memberikan garansi 1 tahun oleh PT Electrolux Indonesia.

Selamat membeli kebutuhan barang yang memang dibutuhkan ya bapak, semoga artikel ini bermanfaat buat bapak agar langsung segera di share ke teman-temannya ya.

Posting Komentar untuk "Jenis dan Harga Mesin Penyedot Debu Rekomendasi 2021"