Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kipas Angin di Lazada dan Penemuan Pertamanya

Sejarah kipas angin bisa ditarik mundur sampai zaman Mesir kuno. Dibelahan dunia lain juga mengenal kipas angin meskipun dengan bentuk yang berbeda namun dengan fungsi yang sama yaitu menciptakan aliran udara agar tercipta hembusan angin sejuk dikala cuaca sedang panas. 

Harga Kipas Angin di Lazada dan Penemuan Pertamanya
Image by malubeng from Pixabay

Akan tetapi bentuk kipas angin tersebut masih berupa benda yang dikibaskan dengan tenaga manusia atau hewan. Pasca revolusi industri semua hal berusaha dibuat secara mekanik atau dengan alat.  Terlebih lagi ketika listrik sudah ditemukan. Perkembangan kipas angin pun sejalan dengan perkembangan industri kelistrikan. 

Penemu Kipas Angin Listrik

Schuyler Skaats Wheeler atau yang dikenal dengan Dr. Wheeler adalah seorang insinyur dan ilmuwan asal Amerika Serikat. Lahir pada tanggal 17 Mei 1860 dan wafat pada 20 April 1923. Ia adalah anak dari James Edwin dan Annie Wood (Skaats) Wheeler. 

Meskipun banyak penemuan benda-benda listrik lain akan tetapi Dr.  Wheeler dianggap sebagai penemu kipas listrik moderen. Wheeler pertama kali memperkenalkan kipas angin listrik dengan dua buah baling-baling, tanpa ada pelindung apapun dan digerakkan dengan tenaga motor listrik. 

Perkembangan kipas angin listrik lebih lanjut dikembangkan oleh Phillip Diehl yang dipantenkan pada tahun 1887. Diehl memperkenalkan kipas angin yang menempel di langit-langit rumah. Perkembangan kipas angin listrik kemudian stastis hanya bervariasi dari model serta bentuk saja.  Ada yang menempel didinding,  langit-langit seperti model Diehl,  kipas angin meja serta kipas angin berdiri dan model lain yang disesuaikan dengan kebutuhan. 

Kipas Angin Portable

Model kipas angin portable kemudian ditemukan menyusul perkembangan baterai yang sudah tahan lama.  Kipas angin mini selain bentuk yang kecil dan bisa dibawa kemana saja juga menawarkan kemudahan dalam mengisi power baterai. Tidak seperti kipas angin listrik yang selalu dihubungkan ke sumber tenaga,  kipas angin portable hanya dicolokan ketika dalam fase mengisi tenaga baterai. Kemudahan ini yang membuat kipas angin ini mudah dibawa kemana saja atau portabel. 

Harga Kipas Angin di Lazada

Kipas angin generasi pertama tentu sangatlah mahal. Karena jaman itu masih berbentuk sangat besar dan tidak praktis. Sekarang tentu berbeda. 

Harga kipas angin tergantung dari jenis dan bentuk kipas angin tersebut. Untuk kipas angin listrik yang besar tentu saja bisa mempunyai harga mulai ratusan sampai dengan jutaan rupiah. Akan tetapi sekarang ada kipas angin portabel yang sangat kecil dan terbuat dari material plastik yang tentunya lebih murah.  

Selain dari fungsinya sebagai kipas angin, sekarang kebanyakan kipas angin dilengkapi dengan sumber cahaya sehingga bisa digunakan sebagai senter darurat ketika terjadi pemadaman listrik.  

Menurut aplikasi belanja online Lazada, kipas angin portable ini dibandrol dengan harga mulai 20 ribuan sampai dengan seratus ribuan,  tergantung dari bentuk serta jenis kipas angin.  

Bentuk dan desain kipas angin portable ini pun bermacam-macam, salah satu yang lumayan best seller di toko online Lazada adalah yang berbentuk karakter kartun Doraemon. Pengalaman penulis menggunakan kipas angin portable ini lumayan memuaskan. Ketika dalam kondisi power baterai penuh, bisa digunakan kurang lebih 1 jam bahkan lebih.

Kipas Angin Plafon MT Edma

Di market place Lazada saya menemukan kipas angin yang menempel di plafon dengan harga yang cukup mahal yakni Rp18.500.000 dengan kelebihan fitur-fitur yang sangat modern.

Penggunaan remote atau kontrol jarak jauh yang memudahkan user dalam menyeting kecepatan atau rpm dari kipas angin tentu menjadi salah satu fitur yang diharapkan oleh user atau customer. Dilengkapi 5 warna LED yang disematkan dalam desain kipas angin plafon MT Edma menjadikan ruangan lebih aesthetic.

Putaran rpm maksimal 221 namun tetap menghasilkan suaran yang hening dan tidak mengganggu user dalam mendinginkan ruangan menjadikan fitur ini yang diandalkan oleh MT Edma.

Jika bapak ingin ruangan yang dingin selain menggunakan Air Conditioner, bapak bisa mencoba kipas angin plafon dari MT Edma dengan model Nestro - 46 inch.

Spray Fan Misty Cool FDH750

Biasanya di masjid atau mushola menggunakan kipas angin tipe ini untuk mendinginkan masjid. Dengan dilengkapi tangki air dimana ketika baling-baling mulai berputar maka engine akan menghisap air didalam tabung yang kemudian dispray kan melalui baling-baling kipas angin. Hal ini akan membuat udara menjadi sejuk seketika.

Kipas angin spray fan misty cool ini dijual di Lazada seharga Rp4.488.220 dan menurut saya sudah sangat murah jika bapak gunakan untuk keperluan yang maslahat di masjid atau mushola. Semoga jamaah disana nanti menjadi semakin khusyu dalam beribadah ya pak.

Kesimpulan

Sekian artikel tentang Kipas Angin dari mulai sejarah terciptanya kipas angin dan orang pertama yang menemukan hingga menjadi kipas angin yang super modern menghasilkan suasana yang sejuk dengan gaya atau konspe aesthetic kekinian.

Gen Millenial pasti akan sangat menyukan konsep kipas angin MT Edma yang sangat kekinian, sedangkan Gen Baby Boomer pasti akan memilih kipas angin model spray. Semoga tebakan saya tidak salah.

Terimakasih telah membaca artikel dari kami dan semoga bermanfaat dan jangan lupa share sebanyak-banyaknya ya.

Posting Komentar untuk "Harga Kipas Angin di Lazada dan Penemuan Pertamanya"