Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman hias Indoor untuk Tidur Lebih Baik

Menurut prinsip Feng Shui, penempatan objek secara strategis dapat berarti perbedaan antara kesehatan dan penyakit. Menempatkan tanaman hias indoor misalnya di ruang tamu utama sebuah rumah, dapat meningkatkan aliran energi ke seluruh bangunan. Demikian pula, menempatkan tanaman hias di kamar tidur dapat membuat tidur kita menjadi nyenyak dan membuat tubuh kita ketika bangun menjadi segar.

Dengan menempatkan tanaman hias indoor ini, akan lebih hemat dalam memberikan kesejukan udara di rumah kita. Namun, kalau anda mempunyai budget yang lebih bisa saja anda membeli Air Purifier Samsung type AX60R Air Purifier with 3 Way Airflow seharga Rp.3.599.000 diskon harga sebesar Rp.810.000.

Tanaman hias Indoor untuk Tidur Lebih Baik
Image by Free-Photos from Pixabay


Ada beberapa alasan mengapa tanaman hias indoor dapat meningkatkan kualitas tidur.

a) Tanaman yang sehat adalah salah satu sumber udara yang lebih bersih, karena pada umumnya tanaman melepaskan oksigen, yang tentu dapat meningkatkan kualitas udara diruangan anda. Dimana otak kita juga sangat membutuhkan supplai oksigen yang optimal untuk meningkatkan kualitas tidur anda. Semakin banyak tanaman hias indoor yang anda tempatkan di kamar tidur anda, maka semakin baik juga kualitas tidur anda pada malam hari. 

b) Sebagian besar tanaman membuang racun dari udara — polutan yang ditemukan di dalam rumah - seperti formaldehida, benzena, xilen, amonia, aseton, etil asetat. Tanaman hias sebenarnya dapat menyerap polutan ini melalui daunnya dan mengubahnya menjadi zat yang tidak berbahaya.

Menurut penelitian, tanaman hias indoor juga bisa dijadikan sebagai penangkal penyakit, dengan kata lain tanaman hias bisa dijadikan obat-obatan untuk penyembuhan pertama misalnya.

Dan adapula beberapa tanaman hias indoor yang dapat mengusir serangga yang sering kali mengganggu anda ketika menyimpan makanan. Karena saya yakin anda pasti sangat kesal dengan kehadiran hewan-hewan kecil ini, mungkin daripada anda menyemprotnya dengan chemical akan lebih baik lawan mereka dengan musuh alaminya yakni tanaman hias seperti : Marigold, Peppermint, Citrus, dan Pennyroyal.

Dan beberapa tanaman hias tampaknya sangat efektif dalam menyerap dan menghilangkan polutan dalam ruangan. Dan beberapa ini adalah contohnya, cemara Cina, dracaena, anggrek, golden pothos , pinus Pulau Norfolk, philodendron zamrud merah, tanaman laba-laba, schefflera dan tanaman ular.

c) Tanaman hias juga bertindak sebagai pemurni bioefluen hewan. Ini termasuk karbon dioksida, karbon monoksida, hidrogen, metana, alkohol, dan lainnya. Tanaman hias melakukan pekerjaan luar biasa untuk mengubah bioefluen ini menjadi zat yang tidak berbahaya. Bunga lili, palem, krisan, misalnya, adalah tanaman hias indoor yang memurnikan udara dari racun biologis dan biokimia. Selain itu, kelembapan yang dikeluarkan oleh tanaman menekan pembentukan mikroba di udara, sehingga mengurangi potensi "alergi" pada anda dan keluarga tentunya.

d) Dedaunan hijau pada kebanyakan tanaman hias indoor juga “ melembutkan ” suasana ruangan. Mereka dapat memberikan pesona pada jendela kosong atau memberikan sentuhan simetri pada dinding yang berperabotan aneh. Secara umum tanaman hias memberikan efek yang menyenangkan dan menenangkan pada kamar tidur, efek yang mendorong relaksasi dan tidur. Mereka juga menyerap bau dan asap, mengisi udara dengan oksigen dan kelembapan, menjaga suhu tetap dingin dan berkelanjutan untuk tidur yang lebih baik.

Tak heran jika kamar tidur paling menarik di majalah “Better Homes” selalu ditampilkan dengan beberapa tanaman hias menawan yang ditempatkan secara strategis di berbagai tempat. Dan jika Anda masih ragu tentang efek positif tanaman terhadap emosi manusia, perhatikan ini: sebuah studi oleh Washington State University menemukan bahwa orang yang menanam tanaman di lingkungan kerjanya 12 persen lebih produktif dan memiliki tekanan darah lebih rendah daripada orang yang tidak memiliki tanaman di lingkungan kerjanya. 

Namun, kemampuan membersihkan udara dari tanaman hias indoor ini terancam jika tanaman sakit, tidak sehat atau tidak bersih. Tanaman hias yang tidak sehat adalah rumah bagi jamur-jamu dan beberapa insecta laiinya sehingga anda wajib untuk segera memindahkannya keluar. Untuk memastikan tanaman hias Anda memberi Anda tidur yang lebih baik, Anda harus menjaganya tetap bersih dan rapi, bebas dari serangga atau tungau karena ini adalah sumber alergi dan kejang pernapasan yang mudah. Selain itu, pilih tanaman yang tidak menumpahkan serbuk sari.

Kesimpulan

Alasan-alasan diatas saya rangkum dari penelitian luar negeri yang menyatakan efek tanaman hias indoor pada tubuh kita dan segala aktifitas kita. Sebaiknya anda coba bertahap mulai dari ruang tamu dengan membuat rak dinding untuk tanaman hiasnya tersebut agar dipandang dari segi estetika kelihatan menawan. Selamat mencoba semoga rumah anda menjadi segar dan menimbulkan aura yang positif untuk anda dan keluarga serta tamu yang datang ke rumah anda.


Posting Komentar untuk "Tanaman hias Indoor untuk Tidur Lebih Baik"