Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlunya memiliki Insurance Boat atau Asuransi untuk Kapal

Pagi ini saya mendapatkan kabar dari salah satu karyawan saya yang ditugaskan untuk menjaga kapal berjenis Tug Boat bahwasannya kondisi telah tenggelam. Saya sendiri yang bertugas sebagai Kepala Logistik memang tidak sepenuhnya bertanggung jawab akan hal ini. Namun, setelah dianalisa kapal tersebut ternyata tidak mempunyai Insurance Boat atau Asuransi.

Kita lihat beberapa kasus yang terjadi di Luar Negeri misalnya, kapal-kapal mereka yang di bajak di tengah perairan Internasional sering kali dibiarkan oleh pemiliknya, asalkan para ABK nya selamat sudah sangat cukup sekali. Ternyata pemiliknya telah mengajukan Insurance Boat atau asuransi kapal sehingga tidak terlalu pusing jika kapalnya ditenggelamkan.

Bahkan menurut laporan International Maritime Bureau di London (IMB), kasus-kasus pembajakan rentan sekali terjadi di perairan Internasional. Hal inilah yang membuat pemilik kapal harus memiliki Insurance Boat atau asuransi kapal.

Insurance Boat
Image by Egor Shitikov from Pixabay

Hal-hal yang tidak diinginkan oleh pemilik kapal jika terjadi kecelakaan pada saat kapal berlayar ataupun kerusakan karena abnormal pada mesin kapal. Jika ini terjadi, dan anda sebagai pemilik kapal tidak mempunyai Insurance Boat atau Asuransi maka akan mengeluarkan budget yang luar biasa besarnya untuk melakukan perbaikan. Maka itu pentinya memiliki sebuan insurance atau asuransi adalah hal yang mutlak bagi pengusaha ataupun pemilik kapal perseorangan.

Manfaat memilik Insurance Boat

1. Aman dan tenang

Seorang pemilik kapal atau pengusaha akan merasakan keamanan dan ketenangan ketika kapal yang sedang beroperasi di perairan. Pengusaha tinggal mengajukan klaim asuransi ke pihak Insurance Boat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dilautan luas tanpa adanya kesengajaan tentunya.

2. Menabung

Memiliki Insurance Boat sama saja dengan menabung dalam waktu jangka Panjang, karena pada dasarnya mengikuti sebuah asuransi anda diwajibkan membayar premi tiap bulannya. Dan uang premi tersebut digunakan oleh perusahaan Insurance atau asuransi ini untuk berbagai kegiatan yang menguntungkan tentunya.

3. Memudahkan keperluan bisnis

Dengan memiliki asuransi, maka kegiatan operasional bisnis anda tidak akan terganggu, kenapa? Karena anda hanya focus untuk menghasilkan provit yang besar, sisanya seperti property bergerak dan tidak bergerak sudah ada asuransi yang menanganinya ketika sudah tidak layak untuk digunakan dalam kegiatan produksi anda.

Namun, disamping manfaat memiliki Insurance Boat banyak juga beberapa kerugiannya sebetulnya. Tapi tidak akan saya bahas, karena akan membuat anda urung untuk memiliki sebuah asuransi. Dalam era modern saat ini, memang kita dituntut untuk bisa memanajemen keuangan kita sendiri agar kelak dimasa yang akan datang tidak kesulitan dalam hal finance.

Kesimpulan

Menurut saya, dalam melakukan semua aspek kegiatan operasional produksi kita juga harus melihat dari segi safety, provit dan loss. Ketika semuanya sudah terkonsep dengan baik, maka sudah saatnya anda mendaaftarkan asset perusahaan anda kesebuah kantor Insurance atau asuransi.

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi dikemudian harinya, asuransi adalah hal pokok yang bis akita lakukan terlebih jika anda mempunyai asset mahal seperti kapal. Saya menjadi tahu dengan kejadian pagi ini kapal saya yang tenggelam dan ternyata tidak memiliki Insurance Boat maka yang terjadi adalah saya harus membuat Berita Acara kronologis penyebab tenggelamnya kapal tersebut.

Menjadi pusing bukan? Belum ditambahkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengangkat kapal yang tenggelam dan perbaikan dok kapal dan serta engine kapal yang telah terendam air tersebut. Dengan anda memilik Insurance Boat tentu tidak akan sepusing ini.


Posting Komentar untuk "Perlunya memiliki Insurance Boat atau Asuransi untuk Kapal"