Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal istilah PPC (Pay Per Click)

PPC adalah singkatan dari Pay Per Click - teknik periklanan populer di Internet. Ditemukan di situs web, jaringan periklanan, dan terutama di mesin pencari, iklan PPC melibatkan tautan sponsor yang biasanya berbentuk iklan teks. Ini biasanya ditempatkan dekat dengan hasil pencarian, di mana pengiklan membayar jumlah tertentu kepada pengunjung yang mengklik tautan atau spanduk ini dan mendarat di halaman web pengiklan.

Mengenal Istilah PPC
Image by mohamed Hassan from Pixabay

Intinya, iklan PPC adalah semua tentang penawaran untuk posisi teratas atau terdepan pada hasil dan daftar mesin pencari. Pengiklan melakukan ini dengan membeli atau menawar keyword yang relevan dengan produk atau layanan mereka - semakin tinggi tawaran, semakin tinggi tempat pada hasil pencarian, semakin banyak orang akan menemukan iklan (dan mengkliknya) untuk pergi ke situs web mereka. Pengiklan kemudian akan membayar harga penawaran setiap kali pengunjung mengklik melalui situs web.

Iklan PPC juga dikenal dengan nama / variasi berikut:

  • Pay per placement
  • Pay per performance
  • Pay per ranking
  • Pay per position
  • Cost per click (CPC)

Periklanan PPC biasanya dilakukan dengan prosedur standar berikut:

  1. Menyiapkan akun dan / atau menyetor dana.
  2. Membuat daftar keyword/kata kunci.
  3. Memilih (dan mengatur) akun dengan mesin pencari PPC.
  4. Penawaran pada penempatan iklan, termasuk kata atau frasa hasil pencarian.
  5. Menulis salinan iklan.
  6. Menyiapkan 'halaman arahan' untuk iklan Anda.
  7. Menempatkan iklan di mesin pencari.

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika merencanakan kampanye bayar per klik:


  1. Kenali produk Anda. Ambil inventaris produk dan / atau layanan yang Anda tawarkan (sebelum hal lain).
  2. Tetap sesuai anggaran. Tentukan anggaran harian atau bulanan Anda; dan tetap dengan itu. Ini berarti menjaga anggaran Anda dalam pikiran, menghindari perang penawaran jika memungkinkan.
  3. Tawaran tepat. Ketahui cara mengajukan penawaran yang benar - tawaran yang terlalu tinggi dapat menghabiskan semua uang Anda, sementara tawaran yang terlalu rendah dapat membuat Anda kehilangan tempat itu.
  4. Perhatikan intinya. Ukur margin keuntungan Anda terhadap pengeluaran atau pengeluaran Anda. Ketahui kapan harus berhenti dan menghentikan program PPC Anda - jika Anda menghabiskan lebih banyak untuk iklan tetapi memiliki sedikit atau tidak ada penjualan sama sekali.
  5. Temukan Keyword atau kata kunci yang tepat. Tentukan frasa kata kunci mana yang akan dipilih dan ditawar. Lakukan riset kata kunci, baik dengan benar-benar melihat istilah pencarian yang ada atau dengan menggunakan alat saran kata kunci online, untuk mengetahui istilah mana yang paling banyak digunakan saat mencari item yang terkait dengan bisnis Anda. Fokus pada kata kunci tertentu, bukan pada kata kunci umum.
  6. Tulis iklan yang efektif. Iklan PPC yang baik adalah yang dapat membujuk dan memindahkan pencari. Ada beberapa pendekatan untuk ini:
  • Penawaran diskon            
  • Testimoni            
  • Selebriti / pendukung terkenal            
  • Jaminan uang kembali            
  • Uji coba gratis atau penawaran sampel            
  • Gratis            
  • Psikologi terbalik            
  • Manfaat utama ("Menurunkan berat badan")            
  • Instruksi langsung ("Klik di sini")            
       7. Menjaga situs yang terlihat profesional. Konten web Anda harus secara teratur diperbarui dan                 diperiksa untuk kesalahan ejaan dan tata bahasa. Seharusnya tidak ada tautan atau gambar yang             terputus. Situs web harus sederhana - dirancang sedemikian rupa sehingga mudah bagi                             pengunjung untuk bernavigasi dan memuat. Sertakan detail kontak untuk menciptakan kesan                 yang baik di antara pelanggan potensial.

Dilakukan dengan benar, iklan PPC dapat menjadi alat pemasaran yang efektif yang akan memaksimalkan laba atas investasi Anda.

Posting Komentar untuk "Mengenal istilah PPC (Pay Per Click)"