Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Pengertian HTML dan Softwarenya

Ilmu pengetahuan dasar dari pemrogramman komputasi web adalah HTML, dimana seoarang sebelum membuat kode-kode algoritmanya harus bisa menyusun dan mengorganisir kerangka dalam sebuah halaman menggunakan HTML. Jadi Pengertian HTML itu sendiri adalah sebuah Bahasa mark up yang sederhana sehingga mudah dipelajari.

Kali ini, kami akan membahas cara mengatur halaman sederhana, cara memformat teks, menyisipkan gambar, dan menyisipkan tautan. Yang biasa digunakan oleh webmaster dalam membuat sebuah halaman website.

Pengertian HTML dan Softwarenya
Image by krzysztof-m from Pixabay

Saat Anda mengunjungi sebuah halaman website, disitu akan terlihat beberapa link (tautan), kolom-kolom table, gambar, dan warna-warna yang berbeda. Hal-hal itulah yang dikerjakan oleh HTML dalam memproses sebuah halaman pada browser. Jadi kalimat sederhananya

Agar lebih memahami bagaimana fungsi HTML bekerja, mari kita simak contoh berikut ini yakni ucapan selamat dating di browser anda. Bagian-bagian tersebut terdiri dari <head>, <title> dan <body>.
 
1] <html>              
2] <head>
3] <title> Judul Situs </title>
4] </head>
5]
6] <body>
7] Selamat datang
8] </body>
9] </html>           

Penulisan tag pada HTML selalu diawali dengan variable dalam kurung dan diakhir dengan tag penutup yang diawali garis slash. Contoh lainnya seperti untuk tag menggaris bawah menggunakan variable U misalnya <u> tag awal dan </u> tag akhir. Dan untuk menebalkan huruf atau bold menggunakan variable B misalnya <b> tag awal dan </b> tag akhir.

Komposisi pada penulisan HTML akan selalu diikuti oleh <head> yang fungsinya untuk memberikan informasi tentang dokumen yang ada dalam satu kerangka HTML nya. Seperti contoh diatas ialah penggunaa tag <title> yang artinya memberikan informasi Judul halaman yang dimuat di browser dan biasanya akan tampil pada bagian atas browser. Didalam kerangka <head> anda bisa memasukan tag <meta>, keyword, description dan lain sebagainya.

Kemudian pada tag <body> kamu bisa menginformasikan pengunjung seperti misalnya Kolom, Gambar, Link, dan isi artikel yang ditulis anda tersebut akan dibungkus dalam kerangka body yang akan tampil utama dibrowser pengunjung. Tentu disini kreatifitas anda sangat dibutuhkan, ciptakan tag-tag HTML yang menarik seperti underline <u>, bold <b>, italic <i> dan lain sebagainya. Tujuannya adalah agar pengunjung blog anda betah dan ingin balik lagi ke blog.

Software mengedit HTML


Keefektifan software akan tergantung dengan performa PC atau Leptop anda. Semakin tinggi spesifikasinya makan dalam memproses task suatu software tidak akan bermasalah. Maka dari itu pilihlan software yang sekiranya tidak membuat performance PC atau Leptopmu menurun.

1. Macromedia Dreamweaver


Adobe terkenal dengan debut software untuk kalangan professional, yang tentu software ini dijual sangat mahal. Software premium seperti Macromedia Dreamweaver sangat nyaman sekali ketika anda membuat kode-kode PHP dan HTML untuk blog.

Konsekuensinya anda harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit dan tentu harus diiringi performa PC dan Leptop yang tergolong tinggi.

2. Notepad


Software selanjutnya adalah Notepad bawaan dari Windows baik Windows 7 ataupun Windows 10. Applikasi ini sangat ringan dan tidak membutuhkan resource yang tinggi sehingga memungkinkan spesifikasi Leptop yang rendah untuk bisa mengolah data kode-kode HTML anda.

Kelemahan dari Notepad ini kode-kode yang dibuka tidak memberikan warna sehingga anda akan kesulitan menemukan kode yang bermasalah.

3. Notepad++


Software yang paling saya rekomendasikan adalah Notepad++, software ini juga mempunyai versi gratis sehingga anda tidak perlu mengeluarkan banyak budget untuk berkarya. Dan Notepad++ juga sangat ringan sekali tidak membutuhkan pemrosesan data yang besar.

Maka pilihan saya ketika mengedit templat sederhana menggunakan Notepad++ dan kerjaanpun tidak terlalu lama untuk diselesaikan.

Sekian terimakasih sudah membaca artikel dari BloggerBlitar.com semoga senang dan jangan lupa untuk dishare ya.

Faizal Amri
Faizal Amri Saya belajar menulis untuk menuangkan kegelisahanku, pahit dan manis yang sedang dijalani saat ini. Editing video saat ini yang sedang saya pelajari.

Post a Comment for "Belajar Pengertian HTML dan Softwarenya"

Berlangganan via Email