Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Mengapa Blogging digunakan sebagai Alat Marketing

Jauh sebelum berkembangnya Media Sosial, aktifitas blogging sudah berkembang sejak akhir tahun 90an. Dimana terjadi reaksi yang sama seperti media sosial yakni adanya interaksi antara pemilik blog dengan pengunjung yang membaca isi blog tersebut. Salah satunya adalah dengan meninggalkan komentar.

Blogging Sebagai Alat Marketing
Image by LUM3N from Pixabay

Dengan berkembangnya internet marketing dan didukung oleh program periklanan online, maka blogging sudah beralih menjadi suatu alat atau tool untuk mempromosikan jasa atau produk. Berikut adalah 5 alasan mengapa Anda harus menggunakan blog sebagai alat marketing.
 

1. Blogging itu sederhana.


Salah satu syarat untuk bisa menjalankan aktfitas blogging adalah internet. Rata-rata orang dewasa yang dapat membaca akan sangat mudah sekali menjalankan blogging karena begitu sederhananya. Dewasa ini perkembangan blogging banyak pelajar mulai dari SMP dan SMA.

Artikel yang ditulis pun sangat bervariatif mengikuti hobby dan ilmu yang didapatnya dari sekolahan. Sesederhana ini maka itu blogging sudah semakin umum di Indonesia, karena perluasan jangkauan internet sudah sangat luas misalnya adalah Telkomsel yang sudah menjangkau dari sabang sampai marauke.
 

2. Blogging adalah otentik.


Menjual produk melalui blog lebih mudah dipahami oleh calon pembeli, karena isinya nyata berbagi pengalaman kehidupan nyata oleh blogger tersebut. Kita ambil contoh seorang traveller dari Amerika yakni Sam Kolder yang menuangkan produk dalam sebuah Vlog pribadinya di Youtube sehingga menarik perhatian penonton untuk membeli produk tersebut karena sudah mengetahui kualitas dan fungsinya.

Kemudian ada lagi dari Indonesia, blogger yang menjual karyanya berupa template blog Viomagz dan Linkmagz yang masih laris sampai saat ini. Dan bahkan, Mas Sugeng memperoleh penghasilan setidaknya Rp1M dari hasil penjualan templatenya ini. Luar biasa bukan Teknik promosi menggunakan blogging ini. Patut untuk dicoba.
 

3. Blogging gratis.


Seperti WordPress dan Blogspot yang menyediakan layanannya ini secara gratis, akan dianggap Sebagian besar calon pembeli dari segi ketidak-profesionalismenya. Maka dari itu saran dari penulis untuk berpindah ke layanan domain TLD yang berbayar, dan juga siapkan dana lebih untuk menyewa hosting agar produk Anda lebih terlihat berkualitas dan professional.

Tak perlu dikatakan, halaman blog berbayar dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan untuk bisnis Anda yang sedang berkembang pesat.
 

4. Blogging membangun kredibilitas.


Ketika Anda semakin banyak menulis pengalaman Anda pada produk atau industri tertentu, pembaca Anda akan menyadari bahwa mereka dapat bergantung pada posting Anda untuk kebutuhan informasi mereka sendiri. Dengan demikian, Anda menjadi ahli di dalamnya; sebagai akibatnya, lebih banyak pembaca mengunjungi situs Anda dan lebih banyak lagi tautan blogger ke blog Anda. Ketika perusahaan dan organisasi profesional melihat pertumbuhan basis pembaca Anda, mereka akan segera menghubungi Anda untuk beriklan di halaman blog Anda, atau menjadikan Anda afiliasi, yang membayar untuk setiap rujukan yang dihasilkan dari situs blog Anda.
 

5. Blogging membangun pasar Anda.


Perlu efforts yang besar dalam membangung nama Anda, contohnya adalah Mas Timon Adiyoso yang membangun Namanya dari tahun 2015 hingga saat ini menjadi salah satu blogger yang patut diperhitungkan ilmu SEO nya.

Bagaimana seorang bisa membangun nama blognya marilah kita lihat cara-cara berikut untuk membangun pasar Anda melalui blog:
 

- Dengan menggunakan e-mail Anda.


Saat ini, blogging lebih popular dari pada email dalam menjangkau dan memperluas pasar dengan cepat dan efektif. Di era kecepatan dan akses cepat ini, masuk dan mengunduh email hanya membutuhkan waktu lebih lama daripada mengklik ke situs blog. Biarkan mereka menjelajahi situs Anda dengan menggunakan pesan email singkat sebagai penggoda ke situs blog Anda. Jika email Anda mengenai subjek yang sama sekali berbeda, gunakan tanda tangan email Anda untuk memberikan tautan ke situs.
 

- Dengan Menggunakan langganan.


Cara mudah untuk mendapatkan email pembaca Anda adalah memberi mereka kesempatan untuk berlangganan ke situs blog Anda. Menyimpan beberapa informasi eksklusif untuk pelanggan Anda untuk menarik pembaca untuk berlangganan dan memberikan alamat email mereka. Hanya bertanggung jawab dalam menggunakan alamat email mereka, karena hal terakhir yang Anda inginkan adalah komentar di blog Anda bahwa Anda adalah seorang spammer.
 

- Dengan memahami pembaca Anda.


Lakukan survei sederhana untuk pembaca Anda untuk memahami profil dan preferensi iklan mereka. Minta konsumen untuk memberi Anda umpan balik pada sebuah posting, tautan iklan, atau percobaan yang Anda bagikan. Dengan cara ini, itu seperti mewawancarai pembaca Anda tanpa komitmen dan intrusi wawancara tatap muka.
 

- Dengan bergabung dengan jaringan blog


Jaringan blog mungkin kumpulan situs blog yang berbagi industri yang sama, minat, basis pembaca, mode pembayaran, dll. Konsumen menemukan kredibilitas dan kenyamanan dalam mengklik satu tautan ke beberapa blogger nyata tentang satu subjek tunggal . Jelas, lebih banyak blogger lebih baik dari satu.
 

- Dengan Menggunakan RSS.


RSS adalah teknologi yang paling cepat berkembang di Internet saat ini. Dengan demikian, memiliki umpan RSS ke blog Anda jelas merupakan cara lain untuk menghasilkan kesadaran bagi basis pembaca Anda. Memiliki berbagai umpan dapat menambah minat ke situs blog Anda.
 
Berikan dorongan pada bisnis Anda dengan menggunakan blog secara efektif sebagai alat pemasaran Internet.


Posting Komentar untuk "5 Alasan Mengapa Blogging digunakan sebagai Alat Marketing"