Skip to main content

Maraknya penipuan online melalui Group FaceBook, Saya baru ini ketipu jasa artikel SEO

Penipuan Online

Aktifitas Online yang begitu mudah, ternyata jika Anda tidak waspada, akan sangat berbahaya bagi Anda sendiri. Misalnya yang sering kita temui adalah banyaknya kasus penipuan Online, dan yang paling diwaspadai adalah penipu-penipu online yang memanfaatkan Group Facebook. Saya pribadi yakin, admin group Facebook tentu tidak akan mudah memblok penipu terlebih jika jumlah membernya sudah mencapai ratusan ribu member.

Dua bulan yang lalu, saya tertipu di salah satu group facebook perihal pembelian domain Google, dimana penipu menawarkan domain google yang sangat murah sehingga saya sendiripun tertarik untuk membeli dari jasa penipu tersebut. Pada waktu itu, penipu menawarkan jasa register domain google seharga Rp150ribu selama 5 tahun lamanya. Memang benar, jasa seperti ini ada dibeberapa seller lainnya, tapi memang harus berhati-hati dan harus menggunakan rekber. Terakhir saya membeli domain google 5 tahun seharga Rp150ribu, dengan jasa rekber dan alkamdulillah berhasil juga, rekber yang saya pakai dari jasa Tri Haryanto.

Jasa Rekber


Saya sendiri, menggunakan jasa rekber baru sebanyak 3 kali dan semuanya berhasil dengan sangat memuaskan. Pengertian rekber itu sendiri yakni, jasa yang menyediakan rekening bersama dengan tujuan dana yang akan diberikan ke penjual maupun pembeli tidak akan disalahgunakan oleh penjual ataupun pembeli.

Jasa Rekber itu sendiri menjembatani kedua belah pihak dalam melakukan transaksi online, dan tentunya kita tidak akan merasakan kerugian dalam hal jual beli online.

Fee yang diminta oleh Jasa Rekber itu sendiri bervariatif, mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp100.000 atau bahkan lebih tergantung kedermawanan pelaku jual beli online tersebut. Dengan menggunakan Jasa Rekber, Anda tidak perlu khawatir dari para penipu online yang sangat marak di group facebook.

Akan tetapi alangkah baiknya, Anda juga harus research terlebih dahulu jasa rekber yang akan anda gunakan tersebut. Pastikan banyak komentar positif dari pelaku jasa rekber tersebut.

Penjual yang wajib dihindari


Begitu pula kita harus mewaspadai kategori penjual online yang harus dihindari untuk melakukan proses jual beli, diantaranya adalah:
  1. Profil Picture Facebook tidak asli,
  2. Menggunakan nama wanita,
  3. Meminta pihak pembeli untuk direct transfer sebagian,
  4. Tidak mau menggunakan Jasa Rekber dengan alasan ribet,

4 ciri diatas wajib anda waspadai, jika menemukan gelagat seperti ciri diatas saran saya lebih baik urungkan niat anda untuk bertransaksi dengannya. Karena dipastikan account tersebut adalah penipu.

Saran


Meskipun banyak group facebook disana, saya hanya ingin menyampaikan saran kepada seluruh admin group facebook yang didalamnya ada aktivitas jual-beli. Sebaiknya anda benar-benar melakukan inspeksi keseluruh member, dan jika memungkinkan rekrut 35% moderator dari total jumlah member group yang ada di group facebook anda.

Dengan menjadi admin, maka anda harus siap dengan segala resiko dan tanggung jawab anda baik secara moril, maupun lahiriah. Jika ada anggota anda yang tertipu, dan anda diamkan, kelak dosa-dosa penipu tersebut juga akan menjadi bagian dari hidup anda. Hahaha...

Credit Photo :  Photo by Niels Steeman on Unsplash
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar