Widget HTML Atas

Blogger.com melakukan perubahan antarmuka Dashboard yang makin cantik

Meskipun platform ini sudah cukup tua, namun Google masih selalu memberikan update secara berkala. Karena potensial Blogger masih diminati oleh beberapa blogger yang minim dana. Seperti BloggerBlitar.Com ini.

Blogger sendiri salah satu platform yang paling diminati oleh Blogger, dengan salah satu keunggulannya kita bisa menempatkan iklan baik itu dari Google Adsense, maupun dari advertiser lainnya.

Dan yang paling asik adalah fitur menghubungkan domain TLD pribadi ke platform Blogger sehingga blog Anda terkesan cukup profesional.

Perubahan Dashboard


Blogger kali ini melakukan perubahan pada Dashboardnya, dengan tampilan yang lebih kekinian seperti grid pada susunan list artikel.

Pengguna bisa membuat tampilan grid kotak-kotak, ataupun grid list.

Menurut pandangan penulis sih tidak ada kesan yang menarik, haha...

Karena ketika Anda membuka panel untuk menulis pun masih dengan antar muka yang lama.

Kekurangannya jika penulis perhatikan, pengguna akan kesulitan untuk mengcopy artikel, karena sudah tidak ada lagi tombol "view" dimana pengguna bisa mengcopy link artikel yang diinginkan.

Namun dengan tampilan baru ini, pengguna mau gak mau harus mengunjungi artikel jika ingin mengcopy linknya.

Tapi memang jika dibuka melalui browser smartphone maka Anda bisa mendapatkan link artikel melalui tombol share kemudian copy link.

Edit Theme

Yang akan pengguna rasakan dalam perubahan ini, salah satunya adalah dibagian edit HTML.

Pengguna akan mendapatkan view yang lebih luas, dan lebih enak dalam mengedit kode-kode html template Anda.

Selebihnya masih terlihat sama baik fungsi maupun tampilannya.

Kesimpulan

Perubahan ini bisa Anda temui di dashboard yang sudah mendapatkan link draft.blogger.com, karena sepertinya tidak semua dashboard blogger ini diterapkan untuk semua pengguna, terlebih pengguna yang baru aktif hanya beberapa bulan atau satu tahun saja.

Tapi penulis menyakini, update ini akan bergulir ke semua pengguna Blogger lainnya jika diaraskan oleh Google sudaj siap release.

Harapan Penulis

Ketika ditanyakan apa harapan penulis yang sejak 2008 sudah menggunakan platform Blogger.com, mestinya ingin ditambahkan fitur-fitur thirdy-party yakni yang memungkinkan developer-develpoer lain ikut bisa mengembangkan semisalnya adalah plugin-plugin untuk mendukung SEO dari platform ini tentunya.
Faizal Amri
Faizal Amri Saya belajar menulis untuk menuangkan kegelisahanku, pahit dan manis yang sedang dijalani saat ini. Editing video saat ini yang sedang saya pelajari.

No comments for "Blogger.com melakukan perubahan antarmuka Dashboard yang makin cantik"

Berlangganan via Email