Widget HTML Atas

Bahasa Indoensia : Pengertian Kalimat Efektif


Bahasa Indonesia kalimat efektif
Image from Pixabay.com

Konsep kalimat efektif dikenal dalam hubungan fungsi kalimat selaku alat komunikasi. Kalimat dikatakan efektif bila mampu membuat proses penyampaian dan penerimaan itu berlangsung sempurna.

Penguasaan bahasa tidak saja mencakup persoalan penguasaan kaidah-kaidah dan pola-pola kalimat bahasa, tetapi juga mencakup beberapa aspek lain. Misalnya, penguasaan secara aktif sejumlah besar perbendaharaan kata (kosakata), kemampuan menemukan gaya yang paling cocok untuk menyampaikan gagasan-gagasan, dan tingkat penalaran (logika) yang dimiliki seseorang.

Kalimat dikatakan efektif apabila mencapai sasarannya dengan bai, menurut Badudu (1991). Ada dua pihak yang terlibat, yaitu yang menyampaikan dan yang menerima. Selain itu, ada sesuatu yang disampaikan yang berupa gagasan, pesan, atau pemberitahuan. Kalimat yang efektif dapat menyampaikan pesan, gagasan, ide, atau pemberitahuan kepada si penerima sesuai dengan yang ada dalam benak si penyampai.

Berikut adalah pengertian (definisi) kalimat efektif yang terdapat di dalam pustaka acuan.

Adidarmojo, Gunawan Wibisono

Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu membuat isi atau maksud yang kita sampaikan tergambar lengkap dalam pikiran lawan bicara kita persis sebagaimana apa yang kita sampaikan.

Akhadiah, Sabarti, Maidar G, Sakura

Sebuah kalimat efektif haruslah memiliki kemampuan untuk menimbulkan kembali gagasan-gagasan pada pikiran pendengar atau pembaca seperti apa yang terdapat pada pikiran penulis atau pembicara.

Arifin, E. Zaenal

Sebuah kalimat hendaklah mendukung suatu gagasan atau ide. Agar gagasan atau ide kalimat mudah dipahami pembaca, fungsi bagian kalimat yang meliputi subjek, predikat, objek, dan keterangan, harus tampak dengan jelas (eksplisit). Disamping unsur-unsurnya harus eksplisit, kalimat harus dirakit secara logis dan teratur. Kalimat seperti itu disebut kalimat efektif.

Kalimat ragam tulis baku hendaknya berupa kalimat yang efektif yaitu kalimat yang memenuhi kriteria jelas, sesuai dengan kaidah ringkas, dan enak dibaca.

Badudu, J.S.

Sebuah kalimat dikatakan efektif apabila mencapai sasarannya dengan baik sebagai alat komunikasi. Ada dua pihak yang terlibat yaitu yang menyampaikan dan yang menerima, dan diluar itu ada yang disampaikan yang berupa gagasan, pesan, pemberitahuan, dan sebagainya. Kalimat yang efektif dapat menyampaikan pesan, gagasan, ide, pemberitahuan itu kepada si penerima sesuai dengan yang ada dalam bentuk si penyampai.

Keraf, Gorys

Sebuah kalimat yang efektif mempersoalkan bagaimana ia dapat mewakili secara tepat isi pikiran atau perasaan pengarang, bagaimana ia dapat mewakili secara segar, dan sanggup menarik perhatian pembaca dan pendengar terhadap apa yang dibicarakan. Kalimat yang efektif memiliki kemampuan atau tenaga untuk menimbulkan kembali gagasan-gagasan pada pikiran pendengar atau pembaca identik dengan apa yang dipikirkan pembicara atau penulis.

Jadi kalimat efektif adalah kalimat yang memenuhi syarat-syarat berikut :
  1. Secara tepat dapat mewakili gagasan atau perasaan pembicara atau penulis.
  2. Sanggup menimbulkan gagasan yang sama tepatnya dalam pikiran pendengar atau pembaca seperti yang dipikirkan oleh pembicara atau penulis.

Natawidjadja, P. Suparman

Kalimat efektif ialah kalimat yang disusun menurut pola tata bahasa Indonesia yang setiap unsur kalimatnya berfungsi. Makna kalimat efektif mudah dipahami dan cendekia (logis). Arti dan makna selalu berdampingan. Arti dikaitkan dengan arti yang tersurat, sedangkan makna dikaitkan dengan yang tersirat.

Parera, Jos D

Kalimat efektif adalah kalimat atau bentuk kalimat yang dengan sadar dan sengaja disusun untuk mencapai daya informasi yang tepat dan baik.

Kalimat efektif adalah kalimat yang gagasannya jelas, ringkas, sesuai dengan kaidah, dan enak dibaca.

Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan pemakaianya secara tepat dan dapat dipahami secara tepat pula.

Razak, Abdul

Kalimat yang efektif mampu membuat isi atau maksud yang disampaikannya itu tergambar lengkap dalam pikiran si penerima, persis seperti apa yang disampaikan. Kalimat yang polanya salah menurut tata bahasa, jelas tidak efektif. Namun kalimat yang menurut tata bahasa betul polanya juga belum tentu efektif. Selain polanya harus benar, kalimat efektif harus pula punya tenaga yang menarik dan di dalam karya tulis membentuk kerja sama lewat sistem yang bervariasi.

Sartuni, Rasjid, Lamuddin, Sundari

Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat secara tepat mewakili perasaan pengarang dan sanggup menimbulkan gambaran yang sama tepatnya pada pembaca atau pendengar.

Semi, M. Atar

Kalimat yang efektif artinya kalimat itu harus memenuhi sasaran, mampu menimbulkan pengaruh, meninggalkan kesan, atau menerbitkan selera baca.

Syafie, Imam

Kalimat efektif adalah kalimat yang jelas dan baik sehingga akan muda dipahami orang lain secara tepat. Secara tepat artinya dapat mewakili pikiran dan keinginan penulisnya.

Widyamartaya

Syarat-syarat kalimat efektif :
  1. Secara tepat dapat mewakili gagasan atau perasaan pembicara atau penulis.
  2. Sanggup menimbulkan gagasan yang sama tepatnya dalam pikiran pendengar atau pembaca seperti yang dipikirkan oleh pembicara atau penulis.

Yohanes, Yan Sehandi

Kalimat efektif adalah kalimat yang dengan tepat mewakili atau menggambarkan pikiran dan atau perasaan penulis sehingga menimbulkan gagasan yang sama tepatnya dalam pikiran dan atau perasaan pembaca.

Yudiono K.S.

Kalimat efektif ialah kalimat yang dapat mewakili gagasan atau pemikiran penulis secara tepat, dan dengan sendirinya diterima oleh pembaca sesuai dengan maksud penulisnya.
Faizal Amri
Faizal Amri Saya belajar menulis untuk menuangkan kegelisahanku, pahit dan manis yang sedang dijalani saat ini. Editing video saat ini yang sedang saya pelajari.

No comments for "Bahasa Indoensia : Pengertian Kalimat Efektif"

Berlangganan via Email