Widget HTML Atas

Hati-hati jika mendapat SMS untuk mengunduh Applikasi tanpa melalui PlayStore

SMS Spam

Pernahkan anda tiba-tiba menerima sms dari nomer yang tidak anda kenal akan tetapi nomer tersebut bisa tahu nama anda? Minimal nama depan anda. Tentu banyak yang pernah.  Bisa saja itu nomer kolega anda yang belum ada simpan di daftar kontak telepon anda.  Tapi bukan itu yang penulis ingin ulas.  Sms yang dimaksud adalah berupa link untuk menginstal salah satu aplikasi sosial media akan tetapi seakan-akan dikirimkan oleh orang yang anda kenal.  Menjadi masalah karena sms tersebut menuliskan nama depan anda dengan tepat.  Apakah data pribadi anda telah bocor?

Penulis mengunjungi beberapa situs teknologi maupun forum-forum tentang teknologi informasi dan sosial media. Ternyata beberapa situs teknologi sudah mengulas mengenai hal ini.  Sms yang dibahas diatas  termasuk jenis sms spam.  Biasanya sms spam hanya menyertakan link agar kita bergabung atau mengunjungi suatu situs. Penerima sms spam akan terganggu karena sms yang tidak jelas.  Kasus diatas  lebih rumit lagi.  Diduga spammer bisa memperoleh data pribadi berupa nama anda dari teman anda yang menginstal aplikasi serupa.  Ketika menginstal aplikasi yang dimaksud biasanya kita memang harus menyetujui beberapa poin.  Nah, disini bahayanya.  Beberapa aplikasi bisa mendapat akses ke daftar kontak yang tercatat di telepon genggam tersebut.

Teliti sebelum instal

Memang perlu langkah ekstra hati-hati ketika menginstal aplikasi.  Beberapa aplikasi memang membutuhkan akses ke fitur telepon genggam. Misalnya aplikasi edit foto pasti akan membutuhkan akses ke galeri.  Aplikasi lain seperti sosial media meminta ijin akses ke kamera, dan atau misalnya galeri karena memang membutuhkan akses ketika pengguna melakukan video call misalnya. Akan tetapi akan sangat aneh ketika aplikasi seperti game meminta akses ke kontak nomor telepon.  Seperti kejadian diatas tampaknya tanpa disadari ketika proses menginstal, aplikasi tersebut langsung  mengakses kontak sehingga bisa mengetahui nama serta nomor yang tersimpan.

Menjadi satu masalah tersendiri karena yang terganggu dan dirugikan oleh spam adalah pihak lain, yaitu teman dari orang yang memasang aplikasi yang diduga menjadi titik awal peredaran spam ini.  Jika korban hanyalah penginstal mungkin hal yang lumrah terjadi.  Akan tetapi dalam kasus ini justru penginstal tidak akan merasakan hal yang aneh dan tidak akan merasa dirugikan dan tidak tahu jika pada akhirnya akan merugikan pihak lain. Justru pihak lain yang merasa rugi akibat keteledoran pihak pemasang aplikasi yang kurang cermat atau memang spammer sengaja memanfaatkan celah ini.

Sering terjadi

Mirip dengan kasus di media sosial facebook beberapa tahun lalu.  Diduga karena link spammer beberapa akun mengirim link berupa situs dewasa ke semua teman facebook mereka tanpa disadari oleh pemilik akun.  Hal yang sangat memalukan terlebih bila akun facebook tersebut merupakan akun resmi yang mempunyai jaringan pertemanan dari kalangan bisnis atau pekerjaan.  Akan sangat menggangu kredibilitas dari korban spam ini.  Seakan-akan akun tersebut memang mengirimkan tautan tersebut dan memang menyukai situs dewasa.  Memang sangat beresiko ketika login di akun media sosial dan berselancar di dunia maya terutama ketika mengunjungi situs seperti itu. 

Seorang teman juga merasa sangat dirugikan oleh sms spam berupa link ini.  Karena selain menyebut nama penerima sms ,  sms itu juga mencantumkan ajakan untuk berkencan dan menyertakan link di akhir kalimat. Sekilas, pengirim seperti benar-benar seseorang yang mengajak untuk chat dan lebih lanjut lagi mengajak berkencan.  Tentu saja bukan cuma keamanan data saja yang terancam,  akan tetapi juga keamanan rumah tangga penerima spam juga ikut terancam.
Faizal Amri
Faizal Amri Saya belajar menulis untuk menuangkan kegelisahanku, pahit dan manis yang sedang dijalani saat ini. Editing video saat ini yang sedang saya pelajari.

No comments for "Hati-hati jika mendapat SMS untuk mengunduh Applikasi tanpa melalui PlayStore"

Berlangganan via Email