Widget HTML Atas

Mengenal Digital Marketing & Manfaatnya Untuk Bisnis

Digital Marketing
Digital Marketing - image by PIXABAY
Istilah digital marketing tentu sudah tidak asing lagi di kalangan para pebisnis, khususnya mereka para pebisnis online. Digital marketing sendiri memiliki arti promosi baik itu sebuah brand produk atau jasa dengan menggunakan media elektronik. Metode promosi ini jelas memiliki keunggulan yang lebih jika dibandingkan dengan promosi manual/konvensional. Baik itu dari segi biaya, waktu maupun tenaga.

Apa lagi di zaman seperti saat ini, digital marketing sangat membantu para pebisnis memasarkan produk mereka. Didukung dengan kecanggiham teknologi, digital marketing menjadi strategi jitu menarik pelanggan. Dengan menggunakan promosi digital, tentunya kita dapat memantau segalanya. Dan pastinya persentase penjualan produk bakal berkembang pesat.

Salah satu keunggulan digital marketing dibandingkan konvensional adalah jangkauan promosi yang lebih luas. Dengan menggunakan media digital anda bisa menyebarkan iklan brand produk ke seluruh dunia hanya dengan hitungan detik. Itu mengapa perlahan metode promosi konvensional mulai ditinggalkan oleh para pebisnis besar.

Beberapa contoh teknik yang termasuk digital marketing diantaranya adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan google ads, iklan televisi dan radio, Bilboard elektronik, email marketing, mobile marketing dan masih banyak lagi.

Aplikasi jejaring sosial seperti facebook instagram dan twitter memegang peran penting dalam dunia digital marketing. Tak heran memang, mengingat kian hari pengguna medsos kian membludak. Artinya strategi marketing melalui media sosial lebih memudahkan dalam menembus pangsa pasar. Hal tersebut akan berimbas langsung pada meningkatnya persentase penjualan produk.

Pada dasarnya startegi digital marketing dibagi menjadi dua berdasarkan cara pengiriman. Yaitu strategi push (dorong) dan pull (tarik). Strategi push lebih cenderung untuk memberikan informasi kepada konsumen dengan melihat atau menerima iklan digital secara aktif.  Cara ini biasa dilakukan dengan memasang iklan di media sosial. Sementara itu strategi pull lebih banyak melibatkan konsumen untuk mencari , melihat ataupun mengambil informasi secara langsung melalui media sosial.

Dalam dunia digital marketing dikenal istilah AIDA . Apa itu AIDA, tentu saja bukan nama orang. AIDA merupakan singkatan dari Awareness, Interest, Desire dan Action. Istilah ini sangat familiar khususnya dalam proses promosi barang atau jasa ke pasaran.

Awareness memiliki arti kesadaran. Dalam konteks ini para pebisnis harus membangun kesadaran konsumen melalui iklan-iklan yang dipasang. Setelah itu barulah muncul ketertarikan atau interest. Dimana para konsumen akan mencari informasi produk melalui situs web ataupun jejaring sosial. Jika sudah maka akan muncul istilah Desire atau keinginan pelanggan untuk mencoba produk atau jasa anda. Yang terakhir adalah action atau tindakan konsumen terhadap produk.

Apakah memutuskan ingin membeli atau tidak.

Keempat aspek penting ini harus benar-benar diperhatikan dalam proses digital marketing. Karena aspek-aspek tersebut sangat vital perannya terkait berhasil atau tidaknya sebuah promosi digital. Selain itu AIDA juga bakal membantu memaksimalkan proses digital marketing yang anda lakukan.

Faizal Amri
Faizal Amri Saya belajar menulis untuk menuangkan kegelisahanku, pahit dan manis yang sedang dijalani saat ini. Editing video saat ini yang sedang saya pelajari.

No comments for "Mengenal Digital Marketing & Manfaatnya Untuk Bisnis"

Berlangganan via Email