Skip to main content

7 Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan

Tips Merawat Kendaraan saat Musim Hujan
Image by PIXABAY

Setelah melalui kemarau panjang yang sudah terpantau oleh BMKG sepanjang tahun 2019 ini, tiba saatnya musim penghujan datang dan menghujani seluruh kawasan Indonesia Raya.

Saya sendiri menanti datangnya musim hujan ini, karena sepanjang musim kemarau kemarin daerah tempat tinggal saya sering sekali terjadinya kebakaran hutan, baik itu disengaja ataupun tidak disengaja.

Maka itu, ketika musim penghujan tiba rasanya ingin sekali memeluk derasnya guyuran air yang jatuh dari langit tersebut.

Musim penghujan sendiri juga akan menjadi momok yang menyebalkan didaerah tertentu, contohnya adalah Ibu Kota Indonesia yakni Jakarta, sudah muncul di berita genangan air yang merendam kendaraan roda dua yang sedang terparkir. Pasti sebel deh kalau motor habis dicuci, eh malah kehujanan, parahnya kerendam genangan air hujannya pulak.

7 Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan


Kali ini saya akan memberikan tips menurut pengalaman pribadi, dan semoga bermanfaat bagi kamu yang merasa sebal ketika harus ke tukang cucian kendaraan untuk mencuci motor atau mobil kamu.

1. Lakukan Coating Cat Mobil

Sepengetahuan saya, dengan memberikan lapisan coating pada cat mobil kamu, setidaknya akan melindungi warna cat mobil kamu tetap bersinar. Lapisan coating sendiri bermacam-macam jika saya baca pada forum jual beli. Pastikan kamu mendapatkan penangan coating cat mobil kamu dibengkel yang memang sudah berpengalaman, agar kamu tidak kecewa.

Lantas, jika kamu sudah melakukan coating cat mobil kamu apakah aman?

Tentu tidak, kamu juga perlu melakukan perawatan yang mendukung agar lapisan coating tersebut tidak cepat aus. Tentunya ini bisa kamu konsultasikan dengan bengkel tersebut.

Nah, setelah selesai kamu melakukan coating kamu tidak perlu was-was lagi dengan datangnya musim penghujan, karena cat mobil kamu sudah terlindungi.

2. Pergunakan Motor jika jarak tempuh tidak jauh

Meskipun aktivitas kamu sangat padat, dan membutuhkan stamina yang kuat, saran ini menurut saya mending dilakukan. Jadi kamu akan berhemat tenaga untuk tidak mencuci mobil kamu dan tentunya berhemat juga tidak mengeluarkan uang untuk pergi ke salon mobil.

Penggunaan motor juga bisa membuat waktu kamu menjadi efisien, karena kamu tentu tidak akan terjebak macet yang disebabkan oleh musim penghujan.

Tapi jangan lupa memakai jas hujan model celana dan baju yah, karena lebih safety dan tidak membahayakan pengguna lainnya juga kok.

3. Memanggil Taxi Online

Perusahaan taxi online di Indonesia sudah sangat banyak, dan mitranya pun sudah bersebaran diseluruh pelosok tanah air.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan teknologi ini untuk memudahkan pengaturan aktivitas keseharian kamu, dan tentunya kamu akan lebih produktif.

Kalau saya lebih suka memakai dari layanannya yang jadi menteri itu sih, tapi kamu terserah yah bebas untuk menentukannya, asal jangan di prank kasihan, mereka sedang mencari nafkah untuk keluarganya.

4. Menggunakan Transportasi Umum

Kalau di Jakarta, fasilitas transportasi umumnya sudah bisa diacungkan jempol dua. Banyak sekali pilihan moda transportasi yang tersedia disana. Tapi, bagi kita yang hidup didaerah yang notabene buka kota besar, tentu gunakan transportasi yang ada dan sesuai kebutuhan dan budget kamu adalah hal yang sangat bijaksana.

Dan satu lagi, dengan menggunakan transportasi umum tentu kamu bisa memanfaatkannya untuk bersosialisasi dengan penumpang lainnya, ya hitung-hitung menghilangkan stres kamu.

5. Rajin Cuci Mobil

Jika kamu memang mengharuskan selalu keluar menggunakan mobil pribadimu, maka konsekuensinya adalah kamu harus selalu rajin mencuci mobil kamu dengan sabun khusus mobil. Tujuannya adalah agar cat mobil kamu tetap dalam kondisi yang terawat.

Dan tentunya kamu harus mengeluarkan budget lebih jika kamu tidak sempat mencucinya sendiri. Kalau didaerah saya, sekali mencuci mobil daihatsu terios sebesar Rp.50.000.

Lumayan tuh bisa buat ke starbuck coffe. Hikz...

6. Tidak usah keluar kemana-mana

Tidak mau keluar uang untuk mencuci mobil kamu, dan tidak mau juga mencuci sendiri mobil kamu. Maka saran yang tepat ya sudah tidak usah keluar kemana-mana. Mager dan rebahan di kamar saja kan enak. Hehe...

7. Nebeng teman kantor

Diatas sangat relevan, dan salah satu strategi yang jitu adalah dengan menebeng kendaraan pribadi milik teman kamu setiap berangkat ataupun pulang dari kantor. Kamu bisa berhemat sekaligus mobil kamu akan tetap bersih dan awet selamanya. Dan uang tabungan kamu banyaaak...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar