Skip to main content

5 Layanan Email terbaik di Dunia tahun 2019 : Gratis, Premium, Bisnis

5 Layanan Email Terbaik

Surel atau email adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai pengirim data digital bisa berupa file winrar, JPEG, XML, Word dan lain sebagainya. Penemu email pertama kali di dunia adalah Raymond Samuel Tomlinso, beliau adalah seorang insinyur komputer pada tahun 1971.

Penggunaan email berkembang pesat seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Email sudah menjadi layanan wajib yang harus Anda miliki ditengah berkembangnya teknologi. Saat ini, hampir semua produk digital membutuhkan email untuk proses verifikasi datanya, dan bahkan untuk menerima barang pembelian yang dikirim oleh penjual.

Berbicara masalah surel atau email, tentu kita akan diberikan ruang data terbuka yang bisa diakses oleh pemilik layanan tersebut. Salah satu contohnya adalah Nama Ibu Kandung, Nomor Handphone. Jadi sebaiknya gunakan secara bijak data-data privasi Anda yang akan digunakan dalam mendaftar layanan email ini.

5 Layanan Email Terbaik di Dunia


Berikut ini akan dibahas fitur-fitur yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia jasa surel ini. Pastikan Anda sudah memiliki akun disalah satu layanan berikut ini.

1. ProtonMail


ProtonMail

ProtonMail adalah layanan email berbasis di Swiss yang berfokus pada privasi di atas segalanya. Anda dapat mendaftar secara anonim, tidak ada pencatatan alamat IP, dan semua email Anda dienkripsi ujung ke ujung, yang berarti tidak ada cara ProtonMail (atau siapa pun) dapat membaca isinya. Juga, verifikasi alamat (yang memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa Anda berkomunikasi dengan aman dengan orang yang tepat) dan dukungan penuh untuk enkripsi email PGP tersedia. Pada akhir April 2019, kriptografi kurva eliptik diperkenalkan, yang menambah keamanan tambahan dan kecepatan lebih cepat.

Ada beberapa batasan signifikan. Untuk versi gratis layanan ini memiliki ruang penyimpanan 500MB yang kecil, hanya mendukung pengiriman 150 pesan sehari, dan jelas pendek dalam hal alat organisasi (tidak ada folder, label, atau filter pintar). Karena enkripsi ujung ke ujung khusus untuk ProtonMail, enkripsi ini juga memastikan bahwa Anda tidak dapat menggunakan layanan dengan klien email lainnya.

Jika Anda memang membutuhkan lebih banyak, ProtonMail menyediakan versi Premiumnya dengan biaya :
  1. Rp70.750 dalam sebulan.
  2. Rp679.200 dalam setahun 
 Akun Plus ini memberi Anda penyimpanan 5GB, 1.000 pesan per hari, penambahan domain khusus (Anda @ domain Anda) .com) dan bisa membuat folder, label, filter serta beberapa fitur tambahan seperti grup kontak.


2. Gmail


Gmail

Pertama kali dirilis pada tahun 2004, Google Gmail telah menjadi pemimpin pasar dalam layanan email gratis dengan lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia.

Pesan disusun dengan rapi melalui percakapan agar lebih mudah dilihat, dan Anda dapat membaca dan membalas email dengan mudah, bahkan sebagai pengguna pertama kali.

Email dinamis membuat Gmail lebih interaktif, dengan kemampuan untuk mengambil tindakan langsung dari dalam email, seperti mengisi kuesioner atau menanggapi komentar Google Documents. Pesan dapat secara otomatis difilter ke dalam kategori tab seperti Utama, Sosial dan Promosi, membantu Anda untuk fokus pada konten yang Anda butuhkan. Pemblokiran spam terdepan menjaga kotak masuk Anda bebas dari sampah, Anda dapat mengelola akun lain dari antarmuka yang sama (Outlook, Yahoo, email IMAP atau POP lainnya), dan ada penyimpanan 15GB untuk kotak masuk, Drive, dan foto Anda.

Anda juga dapat mengakses Gmail offline, meskipun Anda membutuhkan Google Chrome agar bisa berfungsi. Selain itu, ada fitur tunda yang rapi yang memungkinkan Anda untuk, tunda email dengan jumlah waktu tertentu (juga secara otomatis memberi label pada email itu sebagai penting).

Fitur lainnya lebih dipertanyakan. Alih-alih mengatur pesan ke dalam folder, misalnya - metafora sederhana yang dimengerti oleh setiap pengguna - Anda harus memfilternya menggunakan sistem pelabelan khusus. Ini berfungsi, dan memiliki beberapa kelebihan, tetapi tidak populer di semua pengguna. Namun, Gmail adalah layanan yang sangat baik secara keseluruhan, dan merupakan pilihan pertama yang baik untuk penyedia email Anda.

3. Outlook


Outlook

Layanan dari Microsoft ini tentu sudah tidak diragukan lagi kehandalannya dalam mengelola manajemen bisnis Anda. Layanan ini secara otomatis mendeteksi email-email penting dan menempatkannya dalam Kotak Masuk, sehingga tidak ada gangguan yang terlihat. Semua agenda dengan mudah tersyncron didalam kalendar akun microsoft Anda di PC ataupun Leptop.

Selain itu, ada beberapa fitur menarik juga, seperti kemampuan untuk menambahkan jajak pendapat langsung ke email Outlook Anda.

Ini semua berfungsi dengan baik, tetapi jika Anda tidak puas dengan default layanan, ada kemungkinan mereka dapat di-tweak melalui dialog Pengaturan Outlook.com. Ini tidak memiliki cukup banyak opsi seperti Gmail, tetapi mereka terorganisasi dengan baik dan memberi Anda banyak kendali atas tata letak, aturan lampiran, penanganan pesan, dan lainnya.

Jika itu masih belum cukup, Microsoft menawarkan banyak integrasi berbasis aplikasi untuk mengambil layanan lebih lanjut. Anda mendapatkan dukungan Skype bawaan melalui versi beta, dan aplikasi memberi Anda akses lebih mudah ke Evernote, PayPal, GIPHY, Yelp, Uber, dan lainnya.

4. Yahoo Mail


Yahoo

Layanan surel pertama kali yang saya miliki adalah Yahoo, dan sampai sekarang surel tersebut masih aktif. Yahoo sendiri menurut saya lebih dulu dikenal oleh pengguna Internet di Indonesia, namun beberapa tahun silam kondisi Yahoo sudah sangat berbalik, dan banyak beberapa aset Yahoo yang sudah tidak diaktifkan kembali.

Tampilan email Yahoo jika dilihat sepinta mirip sekali dengan akun Gmail dari Google, mulai tata letak inbox dan beberapa susunan folder lainnya.

Hal yang tidak nyaman ketika menggunakan Yahoo Mail adalah, bersliwerannya iklan-iklan dari Google Adsense di dashboard Yahoo sehingga membuat pengguna merasa tidak nyaman pandangan yang dituju.

5. Zoho


Zoho

Zoho Workplace adalah layanan email berorientasi bisnis yang menyediakan suite kantor online, manajemen dokumen, dan sejumlah alat kolaborasi dan ekstra lainnya.

Paket gratis Zoho mendukung hingga 25 pengguna, meskipun ada tambahan 25 tersedia jika Anda dapat merujuk orang lain ke layanan Zoho ini. Masing-masing pengguna mendapatkan penyimpanan kotak surat 5GB , dan dapat digunakan dengan satu domain Anda sendiri. Ini adalah fitur yang biasanya Anda temukan di produk komersial.

Layanan email mudah digunakan, dan menyediakan serangkaian fitur yang layak untuk membantu mengatur email Anda: folder, tag, filter, pencarian cerdas, dan banyak lagi. Anda juga dapat membuat tombol pintas khusus untuk memperluas dan mengganti singkatan mudah pilihan Anda dengan kata dan frasa lengkap saat Anda mengetik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar