Skip to main content

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pengusaha Kecil

Apa saja yang tidak boleh kamu lakukan sebagai pengusaha? Seorang enterpreneur, kemungkinan akan menerima berbagai masukan yang beragam dari orang lain, baik itu sesama wirausahawan, kolega, mentor, atau bahkan teman yang bermaksud baik. Beberapa saran dari mereka memang dapat membantu, namun sebagian yang lain bisa tidak relevan dan bahkan tidak sesuai dengan solusi yang kamu harapkan. Itulah sebabnya penting untuk menyeleksi berbagai saran yang diberikan oleh orang orang disekitarmu, termasuk apa saja yang harus kamu lakukan dan mana yang tidak. tips bisnis terbaru Kami mengumpulkan beberapa hal yang tidak seharusnya dan apa yang seharusnya dilakukan seorang pebisnis sepertimu. Dan jika kamu sudah menerima beberapa saran buruk, jangan khawatir, karena anggap itu sebagai pembelajaran yang bisa bermanfaat untuk mu kelak. Langusung saja kita kita akan membahas beberapa tips dan langkah sederhana yang tidak boleh kamu lakukan sebagai pengusaha, apabila ingin mendapatkan keuntungan dan mengalami perkembangan bisnis, diantaranya adalah sebagai berikut :

Jangan Menggunakan Modal Sembarangan

Meskipun kamu setidaknya menggunakan sebagian dari uang mu sendiri, pertimbangkan untuk  membatasi pembiayaan modal dari luar walaupun kamu membutuhkannya. Seperti misalnya investor yang berasal dari orng yang tidak kamu kenal, modal ventura, crowdfunding, dll. Pilihlah modal bantuan yang benar benar jelas dan memberikan keuntungan paling besar untukmu.

Membangun Banyak Media Online

Banyak orang mengatakan kepada kami bahwa  perlu untuk membuat saluran online di internet seperti media sosial, website toko online dll, yang berbeda untuk memperluas pasar saya, tetapi untuk alasan apa pun, kami tidak merasa senang tentang hal itu dan saya bukan mengejar tujuan tersebut. Banyak dari akun media sosial yang dikelola akhirnya tidak terurus lagi. Bahkan, kamu bisa lebih fokus pada saluran pasar sendiri. Ini memang sulit untuk membenarkan mengurangi kegiatan pemasarn online untuk jenis barang tertentu. Coba untuk fokus ke pemasaran offline terlebih dahulu baru kemudian mengembangkannya ke online.

Tidak kunjung Memulai

Jika kamu tidak memiliki tabungan, tetapi ingin memulai bisnis, jangan menghabiskan semua yang kamu miliki untuk mewujudkannya. Walaupun ada kisah sukses tentang orang-orang yang bertahan bisnis nya tanpa modal, tetapi tidak semua orang bisa menjadi sukses dengan cara tersebut.

Baca juga : Peluang Bisnis Jualan Kuliner Khas Daerah

Kamu bisa memiliki media seperti startup sendiri, maka sekarang saatnya untuk rencana yang lain. Mulailah untuk berpikir bahwa ini adalah saatnya. Ini mendorong mu  untuk melakukan yang terbaik untuk membuat kesan pertama yang baik kapan kamu merasa waktu yang tepat untuk memulai. Setiap interaksi yang kamu lakukan dengan klien atau pelanggan itu penting. Mereka tidak hanya mengingat kesan pertama yang kamu buat; mereka menciptakan penilaian keseluruhan dari seluruh pengalaman mereka bekerja atau berbisnis dengan mu. Sangat penting untuk membuat interaksi dengan orang-orang, dan menjadikan hubungan bisnis mu dengan mereka menjadi lebih baik, apakah itu secara online atau dalam kehidupan nyata.

Khawatir Berlebihan

Apakah kamu tampak percaya diri? Saya khawatir kamu tidak memikirkan semua hal yang mungkin membuat mu gagal. Banyak orang yang menasehati untuk berfokus pada semua masalah yang pada dasarnya masuk akal, tetapi setelah dipikirkan itu bisa menjadi penyebab masalahmu. Sebagai seorang pemimpin di suatu bisnis, kamu perlu menjaga harapan bisnis mu supaya tetap hidup di sepanjang tahun dan optimis berfokus pada hal yang positif terlepas dari hambatan apa pun yang kamu hadapi.  Kamu harus mempekerjakan orang yang tepat untuk mengelola dan menghadapi berbagai masalah-masalah itu daripada menghabiskan banyak energi saya berfokus pada masalah sendirian.

Mengabaikan Intuisi

Intuisi sering kali menjadi informasi yang sangat bermanfaat untuk dikumpulkan dan diproses oleh otak kita pada tingkat bawah sadar. Bukan hanya pikiran acak yang muncul di kepala seseorang. Hal terburuk yang bisa dilakukan bagi seorang wirausahawan adalah mengabaikan intuisi mereka. Sangat penting untuk melihat dan mengambil keputusan berdasarkan data yang keras, tetapi merupakan kesalahan untuk langsung mengabaikan pemikiran intuitif. Penting untuk memeriksa dari mana perasaan intiusimu berasal. Kamu selalu dapat melakukan penelitian dan melihat data untuk mengetahui apakah ada kejelasan untuk perasaan mu tersebut. Selalu ingat bahwa biasanya ada beberapa informasi yang tersembunyi yang saat ini tidak kamu sadari, dan intuisi mu  mungkin bekerja berdasarkan fakta yang tidak ada di pikiran mu saat itu.

Kata Penutup

Semua orang memang pernah melakukan kesalahan apalagi pengusaha yang masih pemula dan baru terjun ke dunia wirausaha. Semoga beberapa tips dan hal yang dilarang untuk dilakukan enterprenur diatas, bisa bermanfaat dan menjadi referensi buat teman-teman sekalian. Apabila kalian merasa bermanfaat silahkan bagikan dan tekan tombol share di bawah ini untuk dibagikan ke teman-temanmu yang lain juga. Terima kasih sudah berkunjung
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar